redesain-navbar Portlet

null

Blog

Anak IPS Galau dengan Masa Depan? Lihat Rekomendasi 5 Jurusan Soshum Ini

Beberapa jurusan Soshum lebih diminati, salah satu sebabnya karena prospek yang terbilang lebih baik.

jurusan kuliah ips, Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Kalau masuk SMA jurusan IPS, pilihan kuliahnya bisa di jurusan apa saja, sih? Nah, pertanyaan kayak gini suka nongol di kepala nggak, Sobat? Buat Sobat Pintar kelas IX yang lagi galau mau masuk IPA atau IPS, juga Sobat Pintar yang sampai overthinking saat harus memilih jurusan kuliah di rumpun Soshum, wajib banget nih, kepo sama lima jurusan kuliah IPS yang banyak diminati berikut ini.

 

1. Ilmu Komunikasi

jurusan ips

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Ini dia, salah satu jurusan yang paling diminati di rumpun Soshum. Di Jurusan Ilmu Komunikasi kita nggak melulu belajar tentang cara berkomunikasi ya, Sobat. Kuliah di jurusan IPS ini akan membuatmu belajar tentang cara menulis berita, membuat iklan, bahkan animasi dan desain.

Selain menarik, Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan Soshum yang prospek kerjanya bagus. Banyak alumni Ilmu Komunikasi yang bekerja di industri media dan menjadi jurnalis. Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial pun merupakan bagian dari industri digital yang membutuhkan keahlian Sarjana Ilmu Komunikasi.

 

2. Hubungan Internasional

jurusan kuliah anak ips

Photo by Tim Marshall on Unsplash

Jurusan kuliah dan prospek kerja Hubungan Internasional terbilang bergengsi buat anak IPS. Gimana enggak kalau prospek yang sering digadang-gadang dari jurusan ini adalah diplomat, duta besar, jurnalis internasional, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan interaksi dunia internasional. Bukankah dari sekian ragam pekerjaan untuk jurusan IPS, prospek Hubungan Internasional ini terbilang prestisius?

Tak hanya politik, namun negara-negara di dunia pun menjalin interaksi di bidang ekonomi dan hukum. Semua itu bakal dipelajari selama kita kuliah di Jurusan Hubungan Internasional, Sobat. Kalau dari bahasannya sih, jurusan kuliah untuk anak IPS ini memang pas banget buat Sobat yang sudah mengenal Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, dan berbagai mata pelajaran IPS yang lain.

 

3. Hukum

Photo by Pixabay on Pexels

Apa lagi favoritnya jurusan kuliah anak IPS? Hukum adalah jurusan kuliah IPS yang banyak diminati, Sobat. Nggak percaya? Coba amati peminat jurusan ini, baik di SNMPTN maupun SBMPTN, dari tahun ke tahun. Jumlah pendaftarnya banyak banget!

Tentu saja, salah satu sebab Hukum tinggi peminat adalah prospeknya yang bagus sekali. Berbagai pekerjaan untuk jurusan IPS di bidang Hukum antara lain advokat, paralegal, notaris, jaksa, hakim, dosen, dan lain-lain. Penghasilannya? Jangan ditanya lagi deh, Sobat. Bukan tanpa alasan kalau profesi-profesi di bidang Hukum ini menjadi incaran anak IPS yang notabene terlatih menghitung cash flow.

 

4. Akuntansi

Photo by Claudio_Scott on Pixabay

Wait, Sobat Pintar lebih jago menghitung cash flow? Coba Tes Penjurusan dulu yuk, pastikan kemampuanmu memang cocok untuk kuliah Akuntansi. Jurusan kuliah anak IPS ini nggak cuma soal ngitung keuangan dan bikin pembukuan. Dibutuhkan ketelitian yang luar biasa agar kita menguasai betul segala sesuatu tentang analisis laporan, akuntansi pajak, audit, dan berbagai mata kuliah Akuntansi yang lain.

Menjadi akuntan, auditor, analis keuangan, maupun berbagai profesi lain di bidang Akuntansi juga membutuhkan etos kerja yang tinggi. Meskipun jam kerjanya cukup panjang, penghasilan para profesional di bidang ini terkenal bagus, Sobat. Makanya, kalau ditanya anak SMA jurusan IPS kuliah jurusan apa, pasti bakal banyak yang menjawab Akuntansi.

 

5. Ilmu Ekonomi

jurusan kuliah untuk anak ips

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Jika dibandingkan dengan Akuntansi, Ilmu Ekonomi tak kalah diminati oleh anak IPS. Jurusan kuliah untuk anak IPS ini membuatmu belajar tentang analisis moneter, pengelolaan keuangan negara, ekonomi makro, bahkan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah. Itulah sebabnya, tak sedikit peminat Ilmu Ekonomi yang juga mempertimbangkan kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan. Sebagai bagian dari ilmu ekonomi, ilmu ekonomi pembangunan secara spesifik membahas tentang pembangunan negara berkembang.

Bagaimana prospek jurusan ini? Ilmu Ekonomi terbilang sebagai jurusan Soshum yang prospek kerjanya bagus, Sobat. Sebagai negara berkembang, Indonesia masih sedang giat-giatnya membangun. Jadi kita membutuhkan ekonom-ekonom seperti Ibu Sri Mulyani maupun pakar-pakar ekonom yang lain. Selain menjadi Menteri Keuangan, alumni jurusan ini banyak yang menjadi dosen, analis, pegawai pajak, auditor, pemeriksa pajak, dan lain-lain.

 

Persaingan masuk kelima jurusan kuliah untuk anak IPS di atas memang terbilang ketat, baik di SNMPTN mupun SBMPTN. Tapi jerih payah bersaing di seleksi masuk terbayarkan dengan prospeknya nggak, sih? Bukan hanya anak IPA yang masuk Kedokteran atau Teknik saja lho, yang berhak punya prospek bagus. Kita anak IPS juga bisa kok, punya masa depan yang cerah. Setuju, Sobat?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet