APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Apakah Kuliah Susah? Yuk, Intip Tips & Triknya!

Apakah kuliah sesusah itu? Tenang saja, ini triknya.

Photo by Kyle Gregory Devaras on Unsplash

Apakah kuliah itu susah? Keinginan untuk berkuliah sering kali diikuti dengan rasa takut dan khawatir. Ketakutan ini biasanya dirasakan karena anggapan bahwa kuliah merupakan suatu hal yang sulit untuk dijalani.

Tapi, tunggu dulu. Kuliah itu gak sulit, kok. Justru sebaliknya, kuliah itu seru! Ini dia beberapa tips dan trik yang bisa Sobat ikuti agar kuliah terasa lebih mudah dan menyenangkan, sehingga kuliahmu berjalan dengan lancar. 

 

1. Mengatur Waktu


Photo by Luke Chesser on Unsplash

Tips yang paling pertama, kamu harus bisa mengatur waktu antara belajar, bermain atau bersosialisasi, dan istirahat. Membuat jadwal harian atau mingguan bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba, lho.

Gunakan satu buku untuk mencatat berbagai jadwal kegiatan. Nah, pada waktu-waktu kosong kamu bisa menggunakannya sebagai ajang refreshing. Kamu juga bisa menggunakan fitur kalender di ponsel untuk menjadi asisten virtualmu.

  

2. Tidak Menunda Pekerjaan


Photo by ConvertKit on Unsplash

Kebiasaan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas kerap kita lakukan. Sebagai seorang pelajar tentu saja hal itu sangatlah wajar terjadi. Namun dalam dunia kuliah, kamu harus mulai mencoba untuk mencicil pekerjaan, ya.

Tujuannya agar kamu tidak perlu sering begadang untuk mengebut pekerjaan yang belum terselesaikan. Apalagi buat kamu yang mudah sakit, tips satu ini wajib dilakukan!

 

3. Atur Jumlah Organisasi yang Diikuti


Photo by Javier Allegue Barros on Unsplash

Kebiasaan mengikuti banyak organisasi sering terjadi pada mahasiswa baru, nih. Ingat ya, ikuti organisasi secukupnya saja, dan tanamkan bahwa kamu harus bertanggung jawab pada setiap tugas dari organisasi yang kamu ikuti. Jangan sampai, karena terlalu banyak mengikuti organisasi, kuliah kamu menjadi terbengkalai, dan kamu tidak memiliki waktu luang untuk beristirahat. 

 

4. Perbanyak Koneksi


Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Dunia kuliah adalah tempat yang tepat untuk mencari dan menambah koneksi baru. Kamu bisa memperbanyak teman dengan banyak bergaul serta membuka diri. Hal ini juga bisa membantumu agar lebih mudah bila ingin meminta bantuan, lho. 

 

5. Siapkan Catatan


Photo by Vadim Bozhko on Unsplash

Jangan datang ke kampus dengan tangan kosong, ya. Setidaknya siapkanlah buku dan pulpen untuk mencatat berbagai hal serta informasi penting yang kamu peroleh di kelas. Tujuannya agar kamu tidak lupa, dan bisa mempermudah belajar saat akan ujian. 

 

6. Ikuti Kelas dengan Fokus, dan Manfaatkan Sesi Diskusi


Photo by Redd on Unsplash

Kebiasaan bermain ponsel saat sedang mengikuti pelajaran tentu bukanlah suatu hal yang baik. Jangan sampai kamu merugikan diri sendiri dengan tidak acuh pada apa yang diajarkan. Tentunya, biaya dan pengorbanan yang dikeluarkan akan tidak sebanding bila kamu tidak memberikan perhatian penuh pada apa yang dibahas. Keluarkan inisiatif agar masa kuliah yang kamu jalani tidak sia-sia.

 

7. Buka Diri untuk Berkenalan dengan Teman Baru


Photo by Chang Duong on Unsplash

Terlebih bagi Sobat Pintar yang berasal dari luar daerah, kamu juga bisa berkenalan dengan teman-teman luar daerah lain. Hal ini bisa memudahkanmu dalam mengatasi masa penyesuaian saat baru masuk dunia perkuliahan dan menempati wilayah baru. Mengenal teman-teman baru juga dapat membuat masa kuliah terasa lebih nyaman serta menyenangkan untuk dijalani.

 

8. Ambil Peluang dan Kesempatan untuk Terus Bertumbuh


Photo by Rhys Moult on Unsplash

Dalam dunia kuliah biasanya akan ada banyak event dan lomba yang diadakan. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dengan mengikuti hal-hal semacam ini. Cobalah beranikan diri untuk mengambil berbagai peluang, manfaatnya pasti akan kamu rasakan.


Dunia kuliah tidak semenyeramkan itu, bukan? Yuk, berkuliah di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) dan dapatkan berbagai manfaatnya. Baca juga tujuan masuk kuliah di sini. Untuk informasi lebih lanjut seputar dunia kuliah, kamu bisa mengunjungi dan menjelajahi website mnp.ac.id atau langsung daftar di join.mnp.ac.id.

250

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
uji coba
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog