CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Batas Penyimpanan Akhir Akun LTMPT untuk SNMPTN dan SBMPTN

Tak perlu menunggu hari terakhir registrasi untuk simpan permanen akun LTMPT.

batas waktu simpan permanen akun LTMPT 2022, Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Batas waktu simpan permanen akun LTMPT 2022 untuk SNMPTN dan SBMPTN berbeda. Sobat Pintar yang telah membuat akun LTMPT untuk SNMPTN tentu mengetahui jadwal LTMPT terkait dengan penyimpanan akhir atau penyimpanan permanen. Terus, bagaimana dengan kalian yang akan mengikuti SBMPTN?

 

Simpan Permanen SNMPTN


Photo by Austin Distel on Unsplash

Mengulang kembali, registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2022 terdiri dari akun sekolah dan akun siswa. Jadwal registrasi keduanya berbeda, dengan registrasi LTMPT siswa berlangsung mulai tanggal 10 Januari 2022 sampai 15 Februari 2022.

Berdasarkan jadwal SNMPTN 2022 tersebut, simpan permanen akun siswa sudah dapat dilakukan sejak tanggal 8 Februari 2022. Adapun batas waktu simpan permanen akun LTMPT 2022, peserta SNMPTN diberi kesempatan hingga hari terakhir registrasi akun siswa yakni tanggal 15 Februari 2022. Siapa nih, Sobat Pintar yang melakukan simpan permanen akun siswa di hari terakhir registrasi itu?

 

Registrasi Akun LTMPT untuk SBMPTN


Photo by Windows on Unsplash

Setelah penutupan pendaftaran SNMPTN pada tanggal 28 Februari 2022 yang lalu, website LTMPT sekarang diramaikan oleh peserta SBMPTN. Registrasi akun LTMPT untuk SBMPTN sudah berlangsung sejak tanggal 14 Februari 2022 dan akan ditutup pada 17 Maret 2022 nanti. Cara mendaftar akun LTMPT untuk SBMPTN adalah, pertama-tama, dengan menyiapkan:

1. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

2. NPSN (Nomor Pokok Siswa Nasional)

3. Alamat emailmu

4. Pasfoto 4 x 6 berwarna, latar belakang polos dengan warna bebas, dalam file berukuran 80 – 300 KB.

Kemudian, meluncurlah ke website LTMPT. Kamu akan dibawa masuk ke laman registrasi akun LTMPT. Pilih menu Daftar sebagai Siswa ya, Sobat Pintar. Cara mendaftar akun LTMPT untuk SBMPTN adalah sebagai berikut.

© reg.ltmpt.ac.id

1. Klik menu Siswa

2. Masukkan NISN serta NPSN

3. Masukkan data tanggal lahir

4. Masukkan email dan password (disarankan menggunakan Gmail)

5. Klik daftar.

Jika registrasi LTMPT siswa yang kamu lakukan berjalan lancar dan berhasil, Sobat Pintar akan mendapatkan notifikasi bahwa akunmu telah diaktivasi. Di mana notifikasi itu akan kamu peroleh? Iya betul sekali, Sobat, di Inbox email-mu. Maka, runtutan cara mendaftar akun LTMPT di atas bersambung di bawah ini.

1. Buka email yang telah kamu daftarkan sebelumnya

2. Cek Inbox (bila tak didapati di Inbox, cek di Spam)

3. Lakukan aktivasi akunmu melalui tautan yang dikirimkan.

Sampai di sini, tibalah kamu ke tahap verifikasi dan validasi. Tinggal sedikit langkah-langkah registrasi yang perlu kamu lanjutkan.

© portal.ltmpt.ac.id

1. Login di website LTMPT dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan

2. Untuk verifikasi, klik login Siswa di website LTMPT

3. Cek kembali seluruh data yang telah dimasukkan (ejaan nama, NIK, alamat, agama, nomor telepon, dan lain-lain)

4. Lakukan perubahan data yang diperlukan melalui sekolah masing-masing bilamana terdapat data yang tak sesuai

5. Setelah dilakukan perubahan dan semua data dipastikan benar, klik Perbarui Data

6. Setelah selesai memperbarui data, atau jika tak ada perubahan, klik Selanjutnya

7. Kamu tiba di laman Konfirmasi Data, manfaatkan kesempatan ini untuk kembali memeriksa dan memastikan kebenaran seluruh datamu

8. Jika tak ada perubahan lagi, centang pernyataan dan klik Simpan Permanen.

© ltmpt.ac.id

 

Simpan Permanen SBMPTN


Photo by Markus Spiske on Unsplash

Setelah melakukan simpan permanen akun siswa, berarti datamu tak bisa diubah lagi, Sobat Pintar. Seandainya terjadi kekeliruan, adakah cara mengubah data LTMPT yang sudah permanen?

Sayangnya, tidak ada yang bisa kita lakukan seandainya terjadi kesalahan pada data yang telah dimasukkan, entah tanggal lahir, nomor Kartu Keluarga, bahkan pilihan jurusan. Namun masih ada kemungkinan kamu bisa mengubah pas foto, alamat, dan nomor ponsel. Apapun perubahan data yang ingin kamu lakukan saat registrasi LTMPT siswa untuk SBMPTN, jangan khawatir, Sobat. Kamu masih bisa mengikuti UTBK dengan data yang sudah ada tersebut. Bila nantinya kamu lolos SBMPTN, pada tahap berikutnya inilah kamu punya kesempatan untuk mengubah data dirimu.

Guna menghindari kekeliruan, mungkin kamu bisa melakukan penyimpanan permanen dan mengunduhnya di lain waktu ketika kondisi fisik dan psikismu fresh. Adapun batas waktu simpan permanen akun LTMPT 2022 untuk SBMPTN, diperkirakan tenggatnya adalah hari terakhir registrasi LTMPT siswa, 17 Maret 2022 – sama seperti tenggat SNMPTN. Namun demi menghindari kendala-kendala yang tak diinginkan, ada baiknya bila kamu tak menunggu sampai hari terakhir untuk melakukan penyimpanan permanen ya, Sobat. Asal kamu tahu, saat ini sudah ada lebih dari satu juta akun siswa yang telah simpan permanen.

 

Registrasi LTMPT untuk Alumni

registrasi ltmpt siswa
Photo by Eutah Mizushima on Unsplash

Registrasi LTMPT siswa di atas juga berlaku untuk Sobat Pintar lulusan tahun 2020 dan 2021. Kalian yang akan mengikuti SBMPTN 2022 wajib melakukan registrasi akun siswa yang baru di website LTMPT. Meskipun enggak punya jadwal sekolah, atau mungkin circle-mu bukan peserta SBMPTN 2022, kamu harus terus memantau jadwal LTMPT biar enggak sampai terlewat masa registrasi LTMPT siswa.

Lantas, bagaimana dengan akun LTMPT yang sudah kamu buat untuk SBMPTN tahun lalu? Sebenarnya akun LTMPT secara otomatis terhapus begitu proses pendaftaran selesai. Nah, daripada kamu pusing memikirkan cara menghapus akun LTMPT yang sudah terdaftar tahun lalu, mendingan langsung bikin yang baru aja, deh!

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog