redesain-navbar Portlet

null

Blog

Battle Pintar: Milih PTN, Udah Pasti Lebih Sukses dari PTS?

Terkadang kita terjebak dengan dilema memilih kuliah di universitas negeri atau swasta.

Battle Pintar: Milih PTN, Udah Pasti Lebih Sukses dari PTS, photo by Pixabay on Pexels

Pilih kuliah di PTN atau PTS, sih? Kalau Sobat Pintar masih bingung menjawab pertanyaan ini, Battle Pintar pada Kamis malam, 12 Agustus 2021, membahas tentang stereotip bahwa jika Milih PTN, Udah Pasti Lebih Sukses dari PTS.

Benarkah begitu? Nah, Kak Pebri ngobrol bareng Kak Yoga Arif Rahman, mahasiswa ITS, dan Andi Tungkadiraya, akrab disapa Ira, Sobat Pintar yang sekarang sedang duduk di kelas XII. Perbincangan ini turut menghadirkan Kak Dite Anindita, S.Psi., Konselor Pendidikan dan Pengembangan Diri Wiloka Workshop.

 

PTS yang Lebih Baik?


Photo by StockSnap on Pixabay

Bagi Kak Yoga, belajar itu tak memiliki batasan dengan siapa atau di mana kita melakukannya. Alih-alih mengutamakan background, value yang kita bawa ke dunia kerja itu lebih penting. Belum tentu orang yang lulus dari PTN lebih baik dari mereka yang lulus dari PTS. Selama ini yang Kak Yoga jumpai, skill seseorang lebih berperan ketimbang almamater kampusnya.

 

PTN yang Lebih Baik?


Photo by StockSnap on Pixabay

Ira pun meyakini bahwa tak jadi soal di mana kita belajar selama pembelajaran itu bisa mengubah kita menjadi lebih baik. Walau begitu, Ira lebih memilih kuliah di PTN karena pengelolaan, fasilitas, dan tenaga pengajarnya diawasi oleh negara. Disamping itu, lulusan PTN lebih dicari di pasar kerja, khususnya di instansi pemerintah. Sedangkan lulusan PTS cenderung lebih banyak yang berwirausaha.

 

Bukan soal PTN atau PTS, tapi...


Photo by Comfreak on Pixabay

Wah, kita makin bingung nih, mendengarkan pendapat Kak Yoga dan Ira. Kalau begitu, bagaimana kata Kak Dite?

Sebelum memutuskan kuliah di PTN atau PTS, Kak Dite mengingatkan ada yang lebih penting untuk kita perhatikan, Sobat. Apa kelebihanmu? Apa kekuranganmu? Apa cita-citamu? Pengin jadi orang kayak apa? Pengin melakukan pekerjaan apa?

Setelah semua pertanyaan tentang diri sendiri itu terjawab, barulah kita move on ke pertanyaan berikutnya. "Oke, aku mau kuliah di jurusan A di PTN. Bedanya apa dengan jurusan A di PTS?"

Kak Dita menekankan pentingnya kita melakukan riset. Kita harus mau dan bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap jurusan dan universitas pilihan kita. Bisa jadi sama-sama Jurusan Geomatika, misalnya, tapi kurikulum dan sistem di tiap universitas berbeda.

Hasil riset itu juga bisa kita gunakan untuk berdiskusi dengan orang tua, terutama jika pilihan jurusan dan universitas mereka berbeda dari pilihan kita. Buat plan A sampai Z bila perlu, sampai kita menemukan jurusan kuliah yang disukai dan ekspektasi orang tua pun terpenuhi.

Mau tahu tips lain dari Kak Dite? Yuk, selengkapnya ikuti Battle Pintar: Milih PTN, Udah Pasti Lebih Sukses dari PTS di IG TV Aku Pintar. Di sini Kak Dite menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membuatmu galau, sama seperti Sobat-Sobat yang mengikuti IG Live @akupintar.id. Misalnya, akreditasi universitas atau jurusan yang lebih penting? Bagaimana mengatasi kendala biaya di PTS? Bagaimana cara meyakinkan orang tua dengan pilihan jurusan kuliah kita? Bagaimana mengatasi insecure? Bagaimana pula pesan Kak Yoga dan Ira buat Sobat Pintar setelah ngobrol seru bareng Kak Dita?

Sebelum mengakhiri perbincangan, Kak Pebri berpesan, "Bukan tempat yang menentukan masa depan kita. Diri kita yang akan menjawab ke depannya akan seperti apa. Fokus pada kelebihan, potensi, biar ngga insecure."

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet