redesain-navbar Portlet

null

Blog

Belajar Matapelajaran yang Tidak Disukai? Ini 4 Tips Menghadapinya

Belajar tidak selalu tentang suka atau tidak suka.

Belajar Matapelajaran yang Tidak Disukai, image via www.desiringgod.org

Keluhan yang muncul dihari Senin, "Aduh! Fisika." Selasa beda lagi, "Oh, no! Sejarah! Boring!"

Manusiawi kalau kita mengeluh saat harus menghadapi sesuatu yang tidak disukai, seperti matapelajaran tertentu. Tapi mau mengeluh sampai kapan, Sobat? Bukankah setiap hari kita akan selalu bertemu berbagai matapelajaran yang tak bisa dipilih-pilih? Jadi, bagaimana menyiasatinya agar kita mau menghadapi matapelajaran yang tak disukai?

 

1. Dekati Teman-Teman yang Menguasai Matapelajaran Tersebut

Misalnya Sobat Pintar kurang suka Sejarah – barangkali karena membosankan atau karena tak suka materi hafalan. Cobalah untuk mendekati teman-teman yang suka Sejarah, deh. Cari tahu kenapa mereka memandang matapelajaran Sejarah dengan cara yang berbeda.

Coba pahami alasan dan sudut pandang mereka agar kita dapat melihat Sejarah dari sisi yang lain. Barangkali bagi mereka matapelajaran Sejarah terasa seperti rangkaian cerita. Nah, kita bisa sedikit demi sedikit menggeser cara pandang kita pada matapelajaran ini – bukan lagi sebagai sesuatu yang membosankan, tapi sebuah cerita yang menarik.

Lebih jauh lagi, kita bisa mencontek bagaimana cara mereka belajar Sejarah. Barangkali mereka punya tips dan trik menghafal fakta-fakta penting? Bukankah dengan begitu, kesulitan kita menghafal sudah mendapatkan solusinya?

 

2. Gunakan Referensi Belajar Lain, Jangan Hanya Buku Teks Sekolah

Okay, let's be fair here. Guru merupakan fasilitator pengajaran di kelas. Buku teks digunakan sebagai buku acuan yang disarankan. These are facts – and that's all to it.

Lantas bagaimana bila kita masih sulit memahami suatu materi? Tak ada larangan untuk mencari referensi tambahan lho, Sobat. Bukankah sekarang ini kita memiliki akses tak terbatas pada informasi dan pengetahuan? Selain Googling, kita juga bisa mengunjungi perpustakaan umum atau rumah baca.

Belajar bersama di AP Live bisa menjadi salah satu solusi menghadapi matapelajaran yang sulit disukai – dan biasanya menjadi sulit dikuasai. Suasana dan pengalaman belajar yang berbeda mungkin dapat mengubah rasa tidak suka tersebut.

 

3. Memahami Konsep Dasar Sebagai Landasan Belajar Berikutnya

Boleh jadi kita punya beberapa alasan untuk tidak menyukai suatu matapelajaran tertentu. Tapi jangan lupa, barangkali salah satu alasan penting yang membuat kita mengerutkan kening setiap kali berhadapan dengan matapelajaran tersebut adalah kurangnya pemahaman pada konsep.

Lemahnya pemahaman kita pada konsep dasar suatu matapelajaran turut mempengaruhi seberapa baik kemampuan kita untuk menerima materi berikutnya. Misalnya dalam matapelajaran Bahasa Inggris, kita masih kesulitan menggunakan tense. Menghafalkan rumus begitu banyak tenses dan bentuk verb terasa amat sangat memusingkan!

Padahal, tenses tidak semata-mata menunjukkan perbedaan susunan dan perubahan kata kerja – melainkan, kerangka waktu yang mendasari digunakannya suatu bentuk tertentu. Ketika konsep ini dipahami, kita takkan dibuat bingung dengan berapapun perubahan kata kerja yang terjadi.

 

4. Belajar dengan Semangat Positif dan Dalam Batasan

For most of us, studying is understandably a struggle. Maka, tak perlu memaksakan diri berlebihan untuk belajar matapelajaran yang kurang disukai. Biasanya semakin kita memaksakan diri, semakin berlipatganda saja rasa tidak suka yang sudah ada. Nikmati saja proses yang harus dilalui – nantinya kita akan melewati rasa tidak nyaman ini, kok.

Saat belajar, jangan menunggu tumpukan emosi negatif muncul. Berhentilah setelah belajar 30 menit, kemudian lakukan sesuatu yang menyenangkan selama 10 menit sebelum kembali lagi pada bukumu.

 

Fisika, Matematika, Kimia, Sejarah, atau matapelajaran lain, kita punya alasan masing-masing untuk suka dan tidak suka. Tapi suka atau tidak, dipelajari saja ya, Sobat – bukan demi nilai ujian, tapi semata-mata karena belajar ilmu tersebut.

Sadarkah kita, belajar itu sendiri merupakan sesuatu yang harus disyukuri. Hingga sekarang pun, masih ada teman-teman diluar sana yang harus berjuang untuk belajar dan sekolah. Ketika kita memperoleh kesempatan tersebut, gunakan sebaik-baiknya.

320

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp