APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Belajar Rumus Keliling Belah Ketupat Dalam Matematika Dengan Mudah

Sobat pintar tentu tahu nama dan bentuk bangun datar yang ada. Salah satunya, adalah belah ketupat atau rhombus. Bangun datar ini memiliki empat sisi dan berbentuk mirip persegi dalam posisi berdiri. 

Tentang Belah Ketupat
 

Bangun datar ini termasuk salah satu yang paling populer. Sobat pintar bisa menemukan bentuk belah ketupat di berbagai bangunan. Terkadang, bentuk ini juga disebut dengan diamond karena mirip dengan penggambaran permata.

Ciri-Ciri Belah Ketupat
 

Sobat pintar tentu ingin bisa membedakan belah ketupat dengan bangun datar yang lain. Untuk itu, kamu perlu tahu sifat belah ketupat terlebih dahulu.

 

1. Memiliki Sisi Yang Sama Panjang

Belah ketupat memiliki panjang sisi yang sama panjang. Ciri ini sama dengan bangun datar lain seperti persegi dan juga segitiga sama sisi.

2. Bisa Dibagi Menjadi Dua Bagian Sama Besar 

Jika diperhatikan, belah ketupat bisa dibelah tepat di tengah menjadi dua segitiga. Karena itu, rumus belah ketupat lebih mirip dengan rumus segitiga dan bukan persegi. 

3. Dua Sudut Yang Bersebelahan Jika Di Jumlah Nilainya 180o

Cara mudah untuk membedakan belah ketupat dengan bangun datar lain adalah dengan menghitung jumlah sudut yang letaknya berdekatan. Misalnya ∠A dan ∠B akan berjumlah 180o. 

 

Belah ketupat vs Persegi 
 

Bentuk bangun persegi juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan belah ketupat. Karena itu, banyak yang mengira bahwa rumus luas dan keliling belah ketupat sama saja dengan persegi. 

Akan tetapi, rumus yang sama hanya rumus keliling. Karena kedua bangun datar ini memiliki empat sisi dengan panjang yang sama. Selain itu, rumus yang digunakan berbeda.

Untuk lebih mudah, kamu bisa mengartikan bahwa semua persegi bisa jadi belah ketupat. Tapi tidak semua belah ketupat berbentuk persegi.

 

Rumus Keliling Belah Ketupat
 

Menghitung keliling belah ketupat berarti mencari berapa panjang sisi secara keseluruhan. Karena itu, sobat pintar bisa menggunakan rumus berikut: 



Jadi jika diketahui belah ketupat ABCD memiliki panjang sisi 8cm. Untuk tahu nilai kelilingnya, kamu bisa langsung memasukkan ke rumus, yaitu.


Keliling belah ketupat ABCD adalah 32cm. 

 

Rumus Luas Belah Ketupat
 

Berbeda dengan keliling, luas belah ketupat adalah mencari berapa ukuran bangun datar ini. Walaupun mirip dengan persegi, kamu tidak bisa menggunakan rumus yang sama.

Untuk menghitung luas belah ketupat, kamu harus tahu panjang diagonal di kedua sisi bangun tersebut. Rumus luas belah ketupat adalah



Sobat pintar bisa memperhatikan contoh soal dengan rumus luas belah ketupat berikut:



Perhatikan belah ketupat ABCD di samping. Jika panjang AC adalah 13 cm, dan BD adalah 12cm. Berapa luas belah ketupat ABCD? 

Karena kedua diagonal sudah diketahui, kamu hanya perlu menambahkan angka pada rumus.


Jadi, luas belah ketupat ABCD adalah 78cm2.
 

6 Contoh Soal Mencari Rumus dan Keliling Belah Ketupat

 


 

 

Bagi sobat pintar yang masih ingin belajar tentang rumus belah ketupat luas dan keliling, kamu bisa memperhatikan beberapa contoh soal berikut:

1. Hitung berapa keliling belah ketupat ABCD, jika diketahui memiliki sisi berukuran 16cm? 
Cara menyelesaikan contoh soal dengan rumus keliling belah ketupat ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan angka yang diketahui pada rumus.


Keliling dari belah ketupat ABCD adalah 64cm.

2. Belah ketupat WXYZ, diketahui memiliki panjang diagonal 8cm dan 4cm. Berapa luas bangun datar tersebut? 
Cara menghitung luas belah ketupat adalah dengan menggunakan diagonal. Kamu bisa langsung memasukkan angka 


Luas belah ketupat WXYZ adalah 16cm2.

 

3. Jika diketahui luas belah ketupat EFGH adalah sebesar 120cm2 dengan salah satu diagonal sepanjang 20cm. Maka berapa panjang sisinya?
Pertama, kamu harus mencari nilai diagonal terlebih dahulu menggunakan rumus luas belah ketupat.



Setelah tahu panjang diagonal, kamu bisa menggunakan teori Phytagoras sebagai rumus sisi belah ketupat. Karena belah ketupat terdiri dari 2 segitiga yang bersifat kongruen. Untuk menggunakan rumus Pythagoras, kamu harus membagi 2 terlebih dahulu nilai diagonal. Sehingga di dapat angka 5cm dan 6cm. 

Jadi, panjang sisi belah ketupat EFGH adalah 11,7 cm

4. Diketahui ada belah ketupat STAY di dalam persegi QPRO yang memiliki sisi 4cm. Berapa luas belah ketupat?

Walau terlihat sulit, tapi kamu sudah bisa tahu nilai kedua diagonal untuk STAY, Nilai diagonal SA sama dengan panjang sisi QO dan PR, yaitu 4cm. Karena berbentuk persegi, berarti nilai diagonal SA sama dengan panjang TY.

Kamu bisa langsung menggunakan rumus luas belah ketupat, yaitu



5. Diketahui luas belah ketupat EFGH adalah 64cm2 dan panjang diagonal 16cm dan 8cm. Maka hitung berapa keliling belah ketupat EFGH?
Kamu mungkin bingung tentang rumus keliling belah ketupat jika diketahui diagonalnya. Karena keliling menggunakan panjang sisi dan bukan diagonal.  Untuk contoh soal ini, kamu bisa menggunakan cara yang sama dengan soal nomor 3. Yang harus kamu lakukan adalah mencari  dengan mencari panjang sisi terlebih dahulu.  Karena sudah tahu panjang diagonal, kamu bisa langsung menggunakan rumus Pythagoras.


Setelah tahu panjang sisi, kamu bisa menggunakan rumus keliling belah ketupat. 

6. Jika diketahui panjang sisi AB dan CD adalah (4x+2) dan (7+3x), hitung berapa keliling belah ketupat ABCD. 
Pertama, kamu perlu tahu nilai x.

Dan lakukan pembuktian bahwa angka x sudah benar dengan memasukkan nilai x kepada rumus AB dan CD. 
AB = 4x+2
= 4(5)+2
= 20+2
= 22
CD = 7+3x
= 7+3(5)
= 7+15
= 22

 

Berikutnya, kamu bisa langsung menghitung keliling belah ketupat.
K = 4 x 22
= 88 
Keliling belah ketupat ABCD adalah 88cm. 

 

Kesimpulan
 

Sobat pintar mungkin berpikir rumus keliling dan luas belah ketupat sulit di hafal. Mungkin juga kamu sudah menyerah karena lelah harus berurusan dengan begitu banyak rumus matematika.

Tapi, kamu hanya perlu melihat bangun datar ini dalam perspektif baru. Tentu saja, kamu perlu rutin mengerjakan soal tentang belah ketupat. Lalu kamu akan sadar bahwa rumus yang digunakan mirip dengan segitiga.

Setelah mengubah sudut pandang dan melihat belah ketupat sebagai dua segitiga yang saling menyatu. Kamu bisa lebih leluasa dalam menghitung luas dan keliling, serta belajar matematika lebih lanjut.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog