redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.paston.ac.uk

Berkreasi dalam Sains di Teknik Kimia

Cari Tahu Jurusanmu

Kamu akan terkejut kalau tahu kerjaannya orang Kimia ternyata juga berimajinasi dan mencipta, mirip-mirip sama orang Seni. Tapi alih-alih menciptakan karya seni, orang Kimia menciptakan produk bernilai komersial dari bahan mentah. Bahkan, orang Kimia jugalah yang dapat menciptakan pabrik! Mau tahu bagaimana menjadi orang Kimia?

 

Karya Besar Teknik Kimia

Kalau cita-citamu suatu hari nanti mau bikin sebuah pabrik, lengkap dengan seluruh proses yang terjadi di dalamnya, maka kamu wajib lancar bebas tanpa hambatan dimatapelajaran Biologi, Matematika, Fisika, dan tentu saja Kimia. Merancang sebuah pabrik tak hanya mengkonstruksi pendiriannya, tapi juga berarti mengendalikan dan memeliharanya, merancang alat-alat proses dan mengoperasikannya, melakukan penelitian dan pengembangan proses, hingga merencanakan dan mengatur manajemen pelayanan dan penjualan.

Supaya bisa menyelesaikan pekerjaan yang kompleks tersebut, kamu akan dibekali dengan matakuliah Ekonomi Teknik di Jurusan Teknik Kimia. Iya, masih ketemu sama Ekonomi juga dibidang sains.

Karena bagaimanapun juga, Teknik Kimia pada dasarnya adalah mencipta – mengolah bahan mentah menjadi suatu produk melalui reaksi kimia. Jangan hanya terpaku pada pabrik, masih banyak produk sehari-hari yang tercipta ditangan para ahli Teknik Kimia, seperti makanan, plastik, pupuk, bahan bakar, pakaian, produk farmasi, hingga bahan peledak – wow, bahan peledak udah jadi bagian dari keseharian kita, ya? Eh, jangan, laah!

 

Besarnya Dunia Teknik Kimia

Jadi udah bisa ditebak alumni Teknik Kimia akan bekerja dimana? Betul sekali! – jawabannya adalah bidang industri. Produksi kertas, tekstil, makanan, elektronik, keramik, pengolahan limbah, hingga energi adalah beberapa ladang pekerjaan favorit pada alumni Teknik Kimia. Perkuliahan Teknik Industri memang menggembleng para mahasiswanya untuk dekat dengan dunia industri dan lapangan.

Selain industri, alumni Teknik Kimia juga bisa berkiprah didunia perbankan, pendidikan, penelitian, dan lain-lain. Namun memang tantangan Teknik Industri saat ini adalah menciptakan dunia industri yang bersih. Kamu tertarik?

Beruntungnya, ada banyak kampus yang memiliki Jurusan Teknik Kimia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta. Dan kampus mana yang kamu bidik?

Lebih masukan Blog

Masa Depan di Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Bukan sekali dua kamu mendengar tentang energi terbarukan. Topik tentang energi terbarukan...

Mau Jadi Serba Bisa? Mulakan dari Jurusan Teknik Komputer

Sudah berapa komputer atau laptop yang sukses kamu bongkar? Bisa balikin lagi, gak? ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line