redesain-navbar Portlet

null

Blog

Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu: 5 Persiapan Kuliah pada Masa Pandemi

Karena keadaan yang berbeda, persiapan kuliah tahun ini akan berbeda pula.

Persiapan Kuliah, image credit Kari Shea

Tahun ajaran baru akan dimulai, bagaimana dengan persiapan masuk kuliah, Sobat? Karena pandemi yang tengah berlangsung, awal masuk kuliah memang belum dapat dipastikan. Tapi persiapan sebagai calon mahasiswa baru harus terus berjalan, bukan?

Nah, apa saja persiapan untuk kuliah? Apa saja perlengkapan kuliah mahasiswa baru yang perlu kita perhatikan sedari sekarang?

 

1. Laptop

Bukan hal yang luar biasa bila mahasiswa membutuhkan perlengkapan kuliah yang satu ini. Peralatan kuliah ini memang sudah seperti barang wajib karena sangat membantu mahasiswa dalam banyak hal, mulai dari mengakses e-books sampai mengerjakan tugas.

Tapi di masa pandemi seperti sekarang, ketika kuliah pun harus dikerjakan dengan jarak jauh, laptop menjadi kebutuhan yang lebih penting lagi. Misalnya, bagaimana kita bisa mengikuti kelas online tanpa perlengkapan kuliah yang satu ini?

 

2. Smartphone

Smartphone juga bukan tool yang istimewa kan, Sobat? Kita sudah terbiasa menggunakannya untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Tapi kenapa smartphone menjadi salah satu perlengkapan kuliah yang penting?

Smartphone kita gunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman kuliah dan dosen. Mulai dari saling perkenalan di awal semester, memeriksa deadline tugas, konfirmasi jadwal kelas online, dan lain sebagainya akan lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan peralatan kuliah ini.

Pemberitahuan yang bersifat urgent dari kampus juga lebih mudah diakses melalui smartphone. Well, no more fear of missing out, basically. The fear is especially real for new students as you have to catch up with  so many things.

 

3. Backup Data

Karena sementara pandemi tengah berlangsung, kita harus menjalani perkuliahan jarak jauh. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Jangan menunggu ada data yang hilang atau rusak, Sobat! Ada baiknya kita mulai memikirkan bagaimana cara mem-backup data.

Peralatan kuliah yang kita perlukan dalam hal ini bisa berupa flash disk atau external hard disk. Atau, bisa juga Sobat menggunakan cloud storage. Apapun pilihanmu yang paling sesuai, yang penting data kuliah dan tugasmu nanti tetap aman.

 

4. Buku-Buku Referensi

Dengan atau tanpa kuliah jarak jauh, kita akan tetap membutuhkan sumber-sumber referensi. Dalam kondisi non-pandemi, sebenarnya kita dapat memanfaatkan perpustakaan kampus. Namun hingga kini kita masih belum tahu kapan mahasiswa dapat mulai mengakses fasilitas kampus.

Jadi sebagai mahasiswa baru, jangan lupakan buku-buku referensi yang akan Sobat butuhkan sebagai bagian dari persiapan masuk kuliah. Later on, mungkin jurnal-jurnal ilmiah juga akan menyusul sebagai sumber referensimu.

 

5. Keperluan Pribadi

Walaupun perkuliahan akan lebih banyak dilakukan secara online, tetap saja akan ada hal-hal yang mengharuskan kita hadir langsung ke kampus. Jika demikian, perlengkapan apa lagi yang harus kita siapkan? Dalam hal ini sebenarnya tak ada beda jauh antara perlengkapan kuliah mahasiswa baru dengan perlengkapan kita untuk keluar rumah dalam situasi pandemi.

Misalnya, jangan lupa kenakan masker, kenakan outer jika perlu, bawa hand sanitizer, bawa tisu basah dan kering, siapkan masker cadangan jika diperlukan, juga siapkan tas lipat cadangan untuk keperluan tak terduga. Bahkan perlengkapan ibadah menjadi salah satu persiapan kuliah saat ini karena kita tak boleh saling pinjam-meminjam barang pribadi. Demikian pula dengan barang-barang pribadi yang lain, seperti alat makan dan minum maupun helm motor.

 

Ada banyak perubahan tahun ini, sehingga mungkin persiapan masuk kuliah kita tidak sama dengan persiapan kakak-kakak tingkat sebelumnya. Misalnya, kita harus lebih siap mental untuk menjalani perkuliahan online saat sebenarnya kita juga masih harus beradaptasi dari pembelajaran sekolah ke model perkuliahan di kampus.

But when you hold on to your dream, to what you want to achieve and become, then you should be able to commit yourself to your study. Jadi, bagaimana dengan persiapan kuliah yang sudah dilakukan sejauh ini, Sobat?

50

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp