PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Calon Mahasiswa Siapkan Diri Seperti Ini, photo via www.itb.ac.id

Calon Mahasiswa Siapkan Diri Seperti Ini

Kualitas diri sebagai mahasiswa dimasa mendatang dapat ditentukan sejak sekarang.

Sepakatkah Sobat kalau perencanaan yang matang dapat membawa kita pada hasil yang memuaskan? Kuliah pun demikian, Sobat. Ada baiknya Sobat Pintar yang akan kuliah tahun depan mulai sering-sering mencari informasi tentang kehidupan mahasiswa. Apalagi kalau target kuliahmu nanti berada di kota lain.

 

Eksplor, Jelajahi Kota Baru Itu

Yes, you're busy with your school schedule now. Tapi saat libur beberapa hari atau diakhir pekan, kenapa tak pergi ke kota masa depanmu, Sobat? Mungkin lokasinya di provinsi lain, atau bahkan di pulau lain, jadi persiapkan segala sesuatunya dengan baik. There's no need to rush. Keep saving your money until you're ready for the trip.

Misalnya, Sobat Pintar ingin kuliah di Teknik Biomedis ITB. Menabunglah hingga cukup untuk perjalanan ke Bandung. PerkuliahanTeknik Biomedis tak hanya dilakukan On-G campus, namun juga Off-G campus. Oleh karena itu, rencanakan juga untuk melanjutkan perjalananmu ke Bandung Selatan.

Masuklah ke kawasan kampus bila diizinkan dan kenali lokasi tempat-tempat penting seperti wilayah kos-kosan, supermarket, rumah sakit, terminal bus, stasiun kereta api, toko buku, dan lain-lain. Perjalanan ini pun dapat memompa semangat Sobat agar lebih tekun berusaha lolos SNMPTN atau SBMPTN di jurusan dan kampus impian.

 

Jangan Takut dengan Ospek

Mengikuti kegiatan ospek mahasiswa baru di kampus yang menjadi targetmu tahun depan juga dapat meningkatkan semangat, Sobat. Tentunya, diikuti melalui media sosial saja, ya!

Bagaimana kalau ternyata ospeknya seram dengan bermacam tugas atau kegiatan yang menciutkan nyalimu? No worries, siapa tahu barangkali tahun depan ospekmu akan jauh lebih manusiawi.

Penting pula, jangan membuat diri sendiri cemas dengan seramnya berbagai video ospek yang tengah beredar saat ini. Fokus saja pada video-video atau cerita-cerita ospek mahasiswa baru yang menyenangkan.

 

Berlatih Mengatur Waktu

Di manapun Sobat Pintar nanti kuliah, manajemen waktu tetap menjadi persoalan penting bagi setiap mahasiswa. Tak hanya jadwal kuliah yang berbeda dari jadwal sekolah, tapi tugas-tugas kuliah pun jauh lebih banyak dan beragam dibanding saat masih sekolah. Tanpa manajemen waktu yang tertib, IP semester-semester awal bisa terjun bebas, Sobat.

Pada saat banyak hal baru disekelilingmu, entah itu kegiatan, suasana, teman-teman, atau yang lain, menjaga fokusmu pada tanggung jawab utama untuk kuliah bisa menjadi tantangan yang tak mudah. But you have to do it, Sobat! Jangan sampai menyesal ketika dikemudian hari harus mengulang matakuliah atau lulus dengan IPK yang kurang memuaskan.

Untuk itu, ada baiknya mulai tertib mengatur waktumu sejak sekarang. Jangan kebanyakan nongkrong – atau justru, nongkrong saja dengan teman-teman saat AP Live. It's going to be so much fun!

 

Berlatih Mengatur Uang Saku

Kalau Sobat Pintar sudah kos sejak sekolah, atau masih tinggal bersama orang tua tapi sudah bertanggung jawab dengan uang saku mingguan atau bulanan, lucky you! Itulah kesempatan yang baik untuk berlatih mengatur pengeluaran.

Ketika kuliah nanti, pengeluaran yang harus ditangani cukup besar dan beragam. Sebagai contoh, mahasiswa Arsitektur harus membuat maket untuk beberapa tugas matakuliah sekaligus. Maka, berapa banyak lagi uang saku yang harus disisihkan untuk menuntaskan tugas maket tersebut?

Jadi, berlatihlah untuk mengatur uang sakumu sedari sekarang. Kuatkan diri untuk tak tergoda dengan pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting. If you're able to manage a smaller amount of money, you'll be fine when you have to deal with a much larger amount.

 

Nah, bukankah ternyata kita dapat mempersiapkan diri sedari sekarang untuk keadaan dimasa mendatang? Pada intinya, kita hanya perlu menciptakan kebiasaan baik agar nantinya dapat disesuaikan saja dengan keadaan yang baru. Siap melakukannya, Sobat?

Lebih masukan Blog

Persiapkan Dana Kuliahmu

Hari ini, siapa sih yang tak ingin kuliah? Bagaimanapun keadaan ekonomi keluarga, orang tua...

Tentang Hubungan Internasional – Ayo Cari Tahu tentang Jurusan Ini

Adakah diantara Sobat Pintar yang ingin meraih gelar Sarjana Ilmu Politik? Ternyata, selain...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru