CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Agar Tidak Gugup Saat Mengajar Bagi Guru Baru

Menghilangkan grogi saat mengajar pertama kali

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Gugup saat mengajar pertama kali bagi guru pemula adalah hal yang wajar. Meskipun demikian, rasa gugup atau grogi dalam mengajar sebaiknya diminimalisir. Mengapa? karena kesan pertama saat mengajar menjadi tolak ukur siswa dalam membangun persepsi mereka terhadap gurunya. Bagaimana sikap dan perilaku guru saat pertama kali mengajar serta bagaimana membangun relasi dengan siswanya dan membentuk paradigma siswa terhadap karakter gurunya sangat menentukan kelancaran pada pembelajaran selanjutnya. 

Untuk meminimalisir rasa gugup atau grogi, Guru Pintar baik yang baru maupun guru pemula dapat mencoba cara agar tidak grogi saat pertama kali mengajar berikut ini: gi saat pertama kali mengajar:

1. Percaya Diri

cara Agar Tidak Gugup Saat Mengajar Bagi Guru Baru
Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Cara agar tidak gugup saat mengajar yang pertama adalah Guru Pintar harus tampil dengan percaya diri. Rasa percaya diri adalah modal penting yang harus dimiliki oleh seorang guru, baik guru lama maupun guru baru supaya dapat memberikan kesan yang baik di depan siswa yang diajar. Pada umumnya, rasa grogi muncul karena perasaan grogi karena tidak yakin dan percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat penting supaya Guru Pintar dapat tampil percaya diri di depan siswa.

2. Kuasai Materi yang Akan Diajarkan

Bagaimana cara menjadi guru yg baik dan benar? Cara selanjutnya yang bisa diterapkan agar Guru Pintar tidak grogi saat pertama kali mengajar adalah dengan berusaha menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa. Sebelum mengajar, baca-baca kembali materi yang akan diajarkan untuk memastikan Guru Pintar sudah benar-benar menguasai materi tersebut. Tidak jarang, terutama siswa pada level SMP atau SMA, suka mengetes guru-guru baru yang mereka temui. Nah, kebayang kan kalau Guru Pintar tidak menguasai materi yang akan diajarkan sepenuhnya?

3. Senyum

Cara memulai mengajar dengan percaya diri adalah dengan tersenyum. Mengapa senyum? Kesan pertama yang harus Guru Pintar tampilkan adalah kesan ramah dan terbuka. Senyum yang Guru Pintar sunggingkan saat pertama kali masuk kelas membuat siswa merasa nyaman dan juga akan membantu mencairkan suasana. Akan lebih mudah membangung interaksi dengan siswa ketika siswa kepada gurunya adalah pribadi yang sabar dan ramah. Apa jadinya jika Guru Pintar pertama kali masuk dengan wajah jutek dan galak? 

4. Tegas

Guru mengajar di kelas harus memberikan kesan ramah dan sabar. Namun demikian, jangan tampil lemah di depan siswa. Ada saja siswa, terutama siswa di kelas-kelas tinggi, yang suka jahil dan melakukan sesuatu untuk mengetes karakter guru barunya. Sikap tegas tidak harus ditunjukkan dengan muka galak ya. Guru Pintar dapat menunjukkan ketegasan dengan membuat aturan-aturan tertentu  atau kesepakatan dengan siswa di awal pelajaran. Jika ada siswa yang melanggar peraturan yang telah dibuat bersama, jangan segan-segan untuk memberikan teguran atau konsekuensi sesuai kesepakatan. Konsistensi dalam menegakkan peraturan turut andil dalam membuat siswa patuh dan mendengarkan gurunya. Tampil tegas di hadapan siswa akan membuat Guru Pintar merasa lebih percaya diri dan mampu menguasai suasana kelas.

5. Mengajar dengan Metode yang Menyenangkan

Cara mengajar yang baik adalah dengan menerapkan strategi atau metode mengajar yang menyenangkan. Meskipun menjadi baru pertama kali mengajar, Guru Pintar dapat berusaha mencari berbagai referensi bagaimana mengajar yang menyenangkan. Dengan menerapkan metode yang bervariasi dan menyenangkan siswa tidak akan cepat bosan. Sebaliknya, mereka akan selalu menanti-nantikan untuk belajar lagi dengan Guru Pintar. Jika kelas berjalan menyenangkan dan interaksi antara guru dan siswa terbangun dengan baik, maka rasa grogi akan dengan sendirinya pergi.

6. Berlatih Public Speaking

Cara melatih public speaking dapat Guru Pintar lakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan bergabung dengan kursus public speaking atau bergabung dengan komunitas-komunitas yang memungkinkan Guru Pintar untuk berlatih public speaking. Biasanya dalam kursus atau komunitas public speaking diajarkan bagaimana cara berbicara di depan orang lain dengan baik dan meyakinkan. Hal ini akan sangat berguna saat Guru Pintar berbicara di depan kelas.

Baca juga: 

Tips dan Trik Public Speaking guru Supaya Mengajar Lebih Prima

Tips Belajar Agar Jago Public Speaking: Coba 5 Cara Ini

7. Pegang suatu benda


Foto oleh ThisisEngineering RAEng dari Unsplash

Salah satu tips meminimalisir rasa gugup saat mengajar adalah dengan mentransfer rasa gugup atau grogi pada sebuah benda. Misalnya dengan memegang bolpoin, spidol, atau media pembelajaran seperti kartu dan lain sebagainya. Dengan benda-benda tersebut, Guru Pintar dapat menyembunyikan atau meminimalisir rasa gugup sehingga tidak terlalu kentara di depan siswa.  

Demikianlah cara-cara yang dapat Guru Pintar coba supaya tidak gugup atau grogi saat pertama kali mengajar. Jangan terlalu risau ya, Guru Pintar! Dengan bertambahnya pengalaman dan jam terbang, rasa gugup dan grogi pasti akan dapat teratasi.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog