redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cara Daftar SBMPTN-UTBK 2021: Ketahui Setiap Tahapan dan Ketentuannya

Penting mengetahui ketentuan dan tahapan pendaftaran jalur tes masuk PTN.

Cara Daftar SBMPTN, photo by cottonbro on Pexels

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2021 sudah berlangsung dalam satu pekan ini. Bagaimana denganmu Sobat Pintar? Sudahkah melakukan login pendaftaran SBMPTN?

Pendaftaran UTBK serta pendaftaran SBMPTN dijadwalkan akan berlangsung hingga 1 April 2021 mendatang. Nah, belum terlambat nih, ayo pastikan seluruh tahapan daftar SBMPTN 2021 di bawah ini tak sampai terlewat, Sobat!

 

Tahap Pendaftaran SBMPTN 2021

© www.ltmpt.ac.id

Alur pendaftaran SBMPTN di atas dapat Sobat lihat di laman LTMPT SBMPTN. Penting untuk diingat bahwa pendaftaran SBMPTN 2021 dilangsungkan bersamaan dengan pendaftaran UTBK. Nah, bagaimana cara daftar SBMPTN dan UTBK? Ikuti langkah-langkah berikut ini, Sobat.

1. Lakukan LTMPT login di https://portal.ltmpt.ac.id/. Login portal LTMPT menggunakan password dan email yang sudah diregistrasi sebelumnya (registrasi akun LTMPT terjadwal 7 Februari sampai 12 Maret 2021). Jika LTMPT login gagal, coba gunakan huruf kapital di awal email. Untuk daftar UTBK dan SBMPTN, klik menu 'UTBK-SBMPTN.'

2. Lengkapi biodata, isi pas foto, nomor telepon, dan alamat. Isi data wali/orang tua dan disabilitas/kebutuhan khusus bila ada. Klik menu 'Simpan dan Selanjutnya.' Lanjutkan laman daftar LTMPT dengan memilih SMA/SMK/ Sederajat beserta jurusan. Klik menu 'Simpan dan Selanjutnya.' Pastikan seluruh data yang diisikan sudah benar semua sebelum mencentang pernyataannya. Klik menu 'Simpan Permanen.'

3. Pilih program studi (prodi). Pastikan dua pilihan prodimu di universitas/institut semua atau politeknik semua. Ingat-ingat bahwa urutan pilihan sama dengan urutan prioritas. Pastikan memeriksa daya tampung setiap jurusan pada tiap-tiap PTN sebelum menjatuhkan pilihan prodi dan PTN. Kemudian, centang pernyataan 'bersedia memenuhi ketentuan UKT jika diterima' dan klik menu 'Simpan.'

4. Mengunggah portofolio hanya jika prodi pilihanmu mensyaratkan portofolio.

5. Pilih lokasi UTBK dengan klik menu 'Memilih Pusat UTBK' kemudian 'Pendaftaran UTBK.' Setelah memilih lokasi atau Pusat UTBK, klik menu 'Simpan.'

6. Akses 'Riwayat UTBK' untuk melihat nomor pendaftaran dan memperoleh kartu peserta UTBK. Lakukan pembayaran UTBK sesuai ketentuan. Bila status yang tertera sudah terbayar, lanjutkan proses daftar LTMPT ke langkah berikutnya.

6. Konfirmasi kartu peserta dan pastikan isianmu sebelum mencentang 'sudah mengisi dengan benar.' Kemudian, klik menu 'Simpan Permanen.'

7. Terakhir, cetak Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021. Hari dan waktu UTBK-mu secara otomatis akan tercetak di kartu peserta.

 

Persyaratan Mengikuti SBMPTN 2021

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Pendaftaran SBMPTN LTMPT di atas dapat dilakukan hanya bila kita memenuhi persyaratan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021. Nah, syarat-syarat penting untuk daftar UTBK yaitu:

1. Punya akun LTMPT yang sudah permanen sebelum registrasi akun ditutup.

2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2021 memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12. Peserta didik Program Paket C lulusan tahun 2021 berumur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).

3. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat atau Paket C tahun lulusan tahun 2019 dan 2020 harus memiliki ijazah. Umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021). Lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang telah disetarakan.

4. Tidak lulus SNMPTN 2019, 2020, dan 2021.

5. Membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

 

Ketentuan-Ketentuan yang Harus Dicermati dalam SBMPTN 2021

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Selain mengetahui tahapan daftar SBMPTN 2021 dan syarat-syaratnya, ternyata kita juga harus tahu ketentuan-ketentuan seputar SBMPTN dan UTBK. Nah, jangan sampai Sobat Pintar lalai dengan beberapa ketentuan tentang pendaftaran SBMPTN dan UTBK 2021 di bawah ini, ya!

Terkait dengan SNMPTN

LTMPT, sebagai lembaga penyelenggara ujian masuk PTN, menentukan bahwa siswa yang sudah lolos di SNMPTN 2021, 2020, dan 2019 tidak dapat mengikuti pendaftaran SBMPTN 2021. Artinya jika mengikuti SNMPTN 2021, Sobat Pintar harus menunggu pengumuman hasilnya yang dijadwalkan pada 22 Maret 2021 esok.

Beruntunglah Sobat jika lolos di SNMPTN nanti. Akan tetapi kalau jalanmu bukan di situ, segera saja daftar SBMPTN dengan Login Portal LTMPT SBMPTN 2021. Jika sudah mendaftar untuk SNMPTN 2021, Sobat Pintar tak perlu lagi mengisi biodata. Sebaliknya jika mengambil jalur tes saja untuk masuk PTN tahun ini, Sobat wajib mengisi biodata.

Tentang Pilihan Prodi dan PTN

Bagaimana dengan lintas jurusan? Bisakah kita lintas jurusan saat daftar UTBK dan SBMPTN? Mengacu pada ketentuan LTMPT SBMPTN dan UTBK 2021 dapat diikuti dengan:

1. Mengikuti UTBK TPS dan TKA Saintek jika memilih prodi Saintek

2. Mengikuti UTBK TPS dan TKA Soshum jika memilih prodi Soshum

3. Mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum jika memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum)

Lintas jurusan tidak dapat dilakukan pada prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Kedua prodi ini boleh dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.

LTMPT juga menentukan jumlah prodi dan PTN yang kita pilih. Namun ketentuan pilihan di SBMPTN tak seketat di SNMPTN. Pada saat pendaftaran SBMPTN LTMPT nanti, Sobat bebas menentukan lokasi PTN yang dipilih, tak harus berada dalam satu provinsi dengan tempat tinggalmu saat ini – sebagaimana dalam SNMPTN. Ketentuan prodi dan PTN saat pendaftaran SBMPTN LTMPT yaitu:

1. Memilih maksimal dua prodi pada satu PTN

2. Memilih satu prodi pada setiap dua PTN yang berbeda

Tentang Portofolio

Jika prodi pilihanmu mengharuskan Sobat mengunggah dokumen tertentu, maka unggahlah sesuai dengan detail yang disyaratkan. Prodi yang mensyaratkan portofolio dalam pendaftaran SBMPTN yaitu Olahraga, Seni Rupa Desain dan Kriya, Tari, Teater, Musik, Seni Karawitan, Etnomusikologi, Fotografi, Film dan Televisi, serta Seni Pedalangan.

Tentang Biaya UTBK

Telah disebutkan di atas, pembayaran biaya saat daftar UTBK dapat dilakukan melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI. Jumlah yang harus dibayarkan sesuai dengan kelompok ujian:

- Saintek/ Soshum sebesar Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah)

- Campuran sebesar Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)

Jika memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dan dinyatakan lolos persyaratan, Sobat Pintar tidak dikenakan biaya apapun untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2021.

 

Jadwal UTBK dan SBMPTN 2021

Photo by Comfreak on Pixabay

Sudah tahu semua tentang SBMPTN 2021, Sobat Pintar? Kalau begitu, sudah siap menghadapi UTBK? Nah, simak jadwal UTBK di bawah ini saat daftar SBMPTN.

1. UTBK Gelombang I: 12 - 18 April 2021

2. UTBK Gelombang II: 26 April - 02 Mei 2021

Setelah mengikuti UTBK, kita akan menunggu pengumuman hasilnya. Pengumuman UTBK-SBMPTN dijadwalkan berlangsung pada 14 Juni 2021.

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet