CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Mengembalikan Gairah Belajar Siswa Setelah Liburan

5 Tips meningkatkan kualitas belajar siswa setelah liburan

Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels

Masuk sekolah setelah liburan panjang seringkali membuat siswa susah move on dari suasana liburan. Orang tua sering mengeluh susah sekali mengembalikan kebiasaan liburan ke kebiasaan normal saat bersekolah kembali. Tidak hanya orang tua, Guru Pintar juga sering menemukan siswa justru tidak bersemangat belajar saat masuk sekolah setelah lama liburan. Nah, ada beberapa tips yang dapat Guru Pintar lakukan menyambut semester baru ini supaya siswa semangat belajar kembali. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

1. Menata Ulang Kelas


Foto oleh Engin Akyurt dari Pexels

Cara mengembalikan semangat belajar yang pertama adalah menata ulang kelas. Melihat ruang kelas yang sama dan begitu-begitu saja pasti membuat siswa membosankan. Siswa tidak memiliki hal baru atau yang lebih fresh untuk dilihat di kelas. Hal ini dapat menurunkan motivasi belajar siswa yang sedang pada titik terendah setelah liburan. Untuk mengatasi ini, coba Guru Pintar tata ulang ruang belajar atau kelas. Berikan hiasan-hiasan segar yang membuat siswa ikut bersemangat ketika melihat kelas yang sudah ditata sedemikian rupa.

Menata ulang ruang kelas dapat menciptakan suasana belajar yang baru dan juga memompa semangat belajar baru. Tidak hanya kelas, Guru Pintar dapat bekerjasama dengan guru-guru lainnya untuk menghias koridor-koridor atau pintu gerbang sekolah. Berikan ucapan selamat datang dan juga quotes-quotes yang dapat membangkitkan minat belajar siswa.

2. Ajak Bercerita Tentang Liburan

Hari pertama sekolah jangan langsung digas dengan pemberian materi pelajaran yang berat-berat ya Guru Pintar. Siswa yang masih merasakan hawa-hawa liburan bisa makin kendor semangatnya. Cara meningkatkan motivasi belajar siswa di awal masuk sekolah dapat dimulai dengan mengajak siswa berbagi cerita seputar liburannya. Jadi sebelum pelajaran dimulai, Guru Pintar dapat meminta siswa bercerita secara bergantian. Syukur-syukur dapat dikaitkan dengan pelajaran.

Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pemanasan sebelum memasuki materi pelajaran. Harapannya, siswa dapat segera beralih dari suasana liburan ke suasana belajar normal. Dengan demikian siswa lebih siap untuk menerima materi pelajaran yang akan diberikan oleh Guru Pintar.

3. Mengingatkan Siswa Untuk Memperbaiki Jam Tidur

Biasanya saat liburan, kebiasaan siswa berubah total. Yang biasanya tidur pukul 09.00 malam, saat liburan bisa jadi tidur lebih larut karena merasa esok hari tidak ada kewajiban untuk bangun pagi-pagi. Jika tidak segera dikembalikan rutinitas tidur lebih awal dan bangun pagi untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah, akan membuat siswa malas dan ogah-ogahan berangkat sekolah di hari pertama.

Cara meningkatkan semangat belajar selanjutnya adalah mengingatkan siswa untuk mengubah rutinitas liburan ke rutinitas normal. Dalam hal ini Guru Pintar dapat bekerjasama dengan orang tua melalui whatsapp group atau moda komunikasi lainnya. Rutinitas tidur yang baik akan membuat kualitas tidur siswa meningkat. Dengan demikian siswa bisa lebih fokus dan semangat dalam memahami pelajaran keesokan harinya meskipun setelah liburan.

4. Menyusun Jadwal Belajar dan Memberikan Tugas Selama Liburan

Masuk sekolah setelah liburan bisa jadi tidak menyenangkan jika siswa tidak dipersiapkan. Salah satu cara mengatasi menurunnya motivasi belajar siswa pasca liburan adalah mengajak siswa untuk menyusun jadwal belajar meskipun pada saat liburan. Guru Pintar juga dapat memberikan tugas untuk dikerjakan selama liburan sehingga siswa tidak terlena.

Liburan kok memberikan tugas? Bisa! Tentu saja tugas yang diberikan bukan dalam bentuk latihan-latihan soal, Guru Pintar. Berikan tugas seputar kegiatan liburan yang menekankan pada practical life siswa. Misalnya dengan membuat monitoring membantu orang tua atau membuat jurnal liburan. Hal ini akan membuat siswa tetap terkoneksi dengan pembelajaran meskipun sedang liburan. Bahkan bisa jadi mereka akan sangat excited menanti hari pertama belajar karena ingin berbagi pengalaman mereka selama liburan.

5. Terapkan kegiatan Energizer atau Ice Breaking

cara membuat siswa bersemangat sekolah setelah liburan
Photo by Jeswin Thomas on Unsplash

Tips semangat belajar dan sekaligus cara membuat suasana belajar di kelas menjadi nyaman berikutnya adalah dengan memberikan energizer atau ice breaking yang menyenangkan saat hari pertama belajar. Buatlah siswa merasa ternyata kegiatan belajar di sekolah juga menyenangkan seperti saat kegiatan liburan.

Jadi di sela-sela liburan, tidak ada salahnya Guru Pintar mulai merancang kegiatan-kegiatan yang dapat berfungsi sebagai energizer atau ice breaker di kelas. Guru Pintar dapat mencari inspirasi dari video-video pembelajaran atau artikel-artikel tentang pendidikan di internet. Atau Guru Pintar coba cari buku panduan merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang ada di toko buku.

Demikian Guru pintar caraa membuat siswa kembali bersemangat belajar meskipun setelah liburan. Selamat mencoba!

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog