PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Catatan SBMPTN Jurusan Saintek Paling Diminati, photo via mamikos.com

Catatan SBMPTN 2019: 10 Jurusan Saintek Paling Diminati

Beberapa PTN memiliki jurusan yang paling diminati pada SBMPTN.

Sobat mengikuti SBMPTN tahun ini? Jika kebetulan berada pada rumpun Saintek, ingin tahukah jurusan apa saja yang paling banyak peminatnya? Lebih jauh lagi, jurusan tersebut berada di PTN mana?

 

1. Pendidikan Dokter Universitas Udayana

Pada urutan pertama, Jurusan atau Program Studi Pendidikan Dokter di Universitas Udayana dibanjiri oleh 2.301 peserta SBMPTN 2019. Angka tersebut sebenarnya telah mengalami penurunan dari 3.006 peminat pada SBMPTN 2018. Disisi lain, kuota mahasiswa baru pada jalur SBMPTN hanya 125 kursi saja.

 

2. Agroekoteknologi Universitas Brawijaya

Diurutan kedua, Agroteknologi di Universitas Brawijaya menerima 2.202 pendaftar pada SBMPTN 2019. Kuota penerimaan mahasiswa baru pada jalur SBMPTN adalah yang terbesar, yaitu 312 kursi. Pada tahun ini, daya tampung mahasiswa baru Agroekoteknologi pun menjadi yang terbesar pada rumpun Saintek di Universitas Brawijaya.

 

3. Pendidikan Dokter Universitas Hasanuddin

Pendidikan Dokter memang menjadi jurusan favorit SBMPTN dari tahun ketahun. Bila Pendidikan Dokter Universitas Udayana menerima peminat tertinggi tahun ini, posisi runner up diraih oleh Pendidikan Dokter Universitas Hasanuddin. Sejumlah 2.111 peserta SBMPTN memperebutkan 125 kursi saja.

 

4. Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur

Dari 1.238 peminat pada 2018, Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur menerima 1.920 pendaftar pada SBMPTN 2019. Untuk kuota 120 kursi pada jalur SBMPTN, kompetisi calon mahasiswa baru pada tahun ini tentu lebih ketat lagi.

 

5. Kesehatan Masyarakat Universitas Hasnuddin

Bukan Pendidikan Dokter saja yang menjadi favorit di Universitas Hasanuddin. Kesehatan Masyarakat pun menarik bagi 1.920 calon mahasiswa pada SBMPTN 2019. Still, it's interesting to note that the figures decreased significantly compared to that of last year: 3.374. For 125 seats, the decrease meant a much milder competition to win.

 

6. Agroteknologi UPN Veteran Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran sepertinya memiliki jurusan Agroteknologi yang diminati oleh banyak orang. Terbukti, selain Agroteknologi UPN Veteran Jawa Timur, jurusan yang sama pada universitas yang sama di Yogyakarta pun menerima 1.884 orang pendaftar. Terdapat tambahan 381 orang yang berminat pada jurusan ini untuk 125 kuota.

 

7. Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Tak hanya Universitas Udayana dan Universitas Hasanuddin, calon-calon dokter pun banyak yang ingin kuliah di Universitas Sebelas Maret. Terdapat 1.836 peminat pada Jurusan Kedokteran di universitas ini, turun jauh dari 5.658 peminat pada SBMPTN 2018. Sementara itu, kuota SBMPTN-nya hanya 110 kursi pada tahun ini.

 

8. Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur

UPN Veteran Jawa Timur menerima lonjakan peminat pada SBMPTN 2019 di Jurusan Teknik Kimia. Dari 894 pendaftar pada tahun 2018, jurusan ini menerima 1.751 pendaftar ditahun berikutnya. Sementara itu, bagaimana dengan kuotanya? Hanya 120 kursi saja, Sobat!

 

9. Peternakan Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya adalah PTN dengan jumlah peminat SBMPTN tertinggi tahun ini. Dan selain Agroekoteknologi, Jurusan Peternakan juga manerima banyak pendaftar, yaitu 1.734 orang. Perlu diketahui, kuota mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN pada Peternakan Universitas Brawijaya adalah sebesar 264 kursi.

 

10. Pendidikan Dokter Universitas Jember

Sebenarnya terdapat penurunan angka peminat SBMPTN pada Jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Jember. Dari 3.334 peminat pada tahun 2018 menjadi hanya 1.716 peminat pada 2019. Dengan kuota 70 kursi saja pada SBMPTN tahun ini, penurunan angka tersebut berarti peluang lolos yang lebih besar.

 

Itulah 10 jurusan atau prodi Saintek yang paling diminati pada SBMPTN 2019. It's another story to tell for you who took the admission process regardless of the outcome. Sedangkan bagi Sobat Pintar yang akan SBMPTN tahun depan, catatan ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan dan PTN, bukan?

Lebih masukan Blog

7 Jurusan Kuliah Ini Terkenal Horor

Memilih jurusan sesuai passion memang menjadi kebutuhan. Kalau tidak, Sobat Pintar bisa...

3 Universitas Ini Termasuk dalam Top Ten Favorit PTN pada SBMPTN 2019

As we know it, seleksi masuk PTN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru