redesain-navbar Portlet

null

Blog

Contoh Portofolio Terbaik: Ketahui Apa yang Harus Dicantumkan

Cara membuat portofolio yang terbaik adalah mengetahui apa saja yang harus dicantumkan sesuai kebutuhan.

Contoh Portofolio, photo by Ekaterina Bolovtsova on Pexels

Ingin tahu bagaimana cara membuat portofolio, Sobat? Di SNMPTN, dan ada kemungkinan juga di SBMPTN, jurusan seni dan olah raga mengharuskan kita menyerahkan portofolio. Tapi apa itu portofolio? Seperti apa bentuk portofolio itu? dan bagaimana cara membuat portofolio yang menarik? Kepoin, yuk!

 

Pengertian Portofolio

Jika belum pernah membuat portofolio sebelumnya, wajar saja kita bertanya-tanya apa itu portofolio. Secara umum, dapat dipahami bahwa portofolio adalah kumpulan hasil karya yang mendokumentasikan perkembangan karya itu sendiri.

Dokumen portofolio bisa berupa hasil karya individu maupun kelompok, bahkan perusahaan. Tujuan didokumentasikannya karya dalam portofolio adalah untuk melihat apakah tujuan yang ditetapkan sudah tercapai atau belum.

Di bidang pendidikan, portofolio adalah informasi berupa catatan atau dokumentasi pencapaian prestasi seorang pelajar. Dokumentasi yang disertakan dalam portofolio bisa berupa foto, video, atau karya yang sebelumnya pernah dibuat.

 

Perbedaan CV dan Portofolio

Okay, kita sudah tahu tentang apa itu portofolio. Tapi sebagian dari kita mungkin masih bingung dengan perbedaan antara portofolio dan CV. CV (Curriculum Vitae) berisi tentang kualifikasi seorang pencari kerja, mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Maka, perbedaan mendasar antara CV dan portofolio adalah pada informasinya. CV memuat informasi tentang data pribadi, sedangkan portofolio memuat hasil karya apa saja yang telah dibuat selama ini.

Bagi pembaca, portofolio menunjukkan potensi kita untuk berkembang pada suatu bidang tertentu. Portofolio itu pun yang mampu menunjukkan karakter dan talenta yang kita miliki. Nah, nggak bingung lagi kan, Sobat?

 

Cara Membuat Portofolio

Kalau begitu, bagaimana cara membuat portofolio yang menarik? First thing first, buat kerangka portofoliomu dulu ya, Sobat. Kerangka portofolio merupakan garis besar apa saja yang akan dimasukkan dan bagaimana urutannya.

Urutan isi portofolio juga penting, Sobat. Bukankah portofolio mampu menunjukkan karakter kita? So, why don't we try our best to leave a good impression? Nah, berikut ini cara membuat portofolio yang runtut.

1. Daftar Isi

Daftar isi memudahkan pembaca mengantisipasi dokumentasi apa saja yang akan dilihat.

2. Data Diri

Data diri bisa berupa CV dalam bentuk singkat. Jangan lupa sertakan informasi kontak seperti nomor telepon dan alamat email.

3. Pencapaian dan Tujuan

Apa yang ingin Sobat capai dalam jangka pendek dan jangka panjang? Jabaran tujuan dan pencapaian memberi gambaran pada pembaca bahwa Sobat adalah sosok yang visioner ketika membuat suatu keputusan.

4. Pengalaman dan Keterampilan

Uraikan secara detail apa saja pengalaman, keterampilan, bahkan kelebihanmu, Sobat. Misalnya, jabarkan selengkap-lengkapnya tentang keterampilan olah raga atau karya senimu seperti maraton, menari, melukis, dan lain-lain. Uraikan pengalamanmu mengikuti kejuaraan olah raga atau tampil di pentas seni, dan seterusnya.

5. Contoh Karya

Lengkapi portofolio dengan dokumentasi hasil karya ataupun piagam penghargaan yang relevan. Bukti-bukti yang ditampilkan dalam portofolio menjadi acuan bagi pembaca untuk menilai kualifikasimu.

 

Contoh Portofolio

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh portofolio yang bisa digunakan sebagai referensi. Of course, nantinya Sobat dapat memodifikasi portofoliomu sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai catatan, portofolio jurusan seni dan olah raga di SNMPTN dan SBMPTN harus mengikuti format yang telah disediakan oleh LTMPT.

Contoh Portofolio Siswa

Contoh portofolio berikut ini dapat digunakan sebagai acuan cara membuat portofolio yang menarik untuk Sobat Pintar yang sedang duduk di bangku sekolah, khususnya SMK. Bagi mahasiswa, jenjang pendidikan berikutnya dan keterampilan selanjutnya dapat ditambahkan.

© thesourcedenver.com

Contoh Portofolio Programmer

Jika Sobat Pintar kelak menjadi seorang programmer, contoh portofolio di bawah ini dapat melengkapi cara membuat portofolio, khususnya pada bagian penjabaran karya. As always, make yours much better.

© thesourcedenver.com

Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Berikut ini juga contoh portofolio untuk programmer. Untuk melamar pekerjaan, kita perlu mencantumkan pengalaman kerja sebelumnya di dalam portofolio.

©dosenpintar.com

Contoh Portofolio Desainer

Adakah Sobat Pintar yang bercita-cita menjadi desainer? Contoh portofolio berikut ini mungkin bisa menginspirasimu.

© thesourcedenver.com

 

 

 

 

 

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet