redesain-navbar Portlet

null

Blog

Dukung Pembelajaran Jarak Jauh: 4 Tipe Media Visual

Media yang tepat mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Tipe Media Visual, image via youtu.be

Media atau alat bantu pengajaran visual secara umum mampu menarik perhatian siswa. Media visual juga membantu menjaga agar fokus siswa tetap berada pada pelajaran yang disampaikan oleh guru. Peran media visual semakin penting ketika pembelajaran dilakukan secara daring atau jarak jauh seperti sekarang.

Dan sama seperti media pengajaran yang lain, media visual dapat dibuat sendiri oleh guru. Media berikut ini, misalnya, mudah dibuat dan digunakan dalam pembelajaran digital jarak jauh.

 

1. Poster dan Gambar

Tempelan poster dan gambar di dinding ruang kelas bukan pemandangan yang baru. Agar dapat tetap berfungsi sebagai media pengajaran kelas maya, poster dan gambar kertas perlu dialihkan menjadi poster dan gambar digital. Dengan warna dan ikon-ikon yang menarik, harapannya siswa betah memperhatikan materi pelajaran dari guru lebih lama.

The Learning Pyramid, image source venngage.com

 

2. Infografis

Infografis mampu merangkum dan menghadirkan informasi secara singkat, namun cukup padat. Sebagai media pengajaran visual, infografis bisa berupa rangkuman materi pelajaran, kronologi peristiwa sejarah, penjelasan proses eksperimen, dan lain-lain.

Health Benefit from Vegetables, image source venngage.com

 

3. Bagan atau Diagram

Data dan angka masih perlu diterjemahkan lagi menjadi deskripsi yang mudah dipahami. Siswa dapat belajar bagaimana mendeskrisikan data, menginterpretasikan kisah yang tersimpan didalamnya, melalui bagan. Karena dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses, guru pun dapat memanfaatkan bagan atau diagram sebagai media pengajaran visual.

Nutrition Program, image source venngage.com

 

4. Kalender Kelas

Kalender kelas mampu memberikan informasi tentang apa saja yang sudah dan akan dikerjakan oleh guru dan siswa – termasuk dikelas maya. Kalender kelas juga membantu guru dan siswa yang saling berjauhan untuk saling memeriksa kemajuan pembelajaran yang telah dijalani bersama.

Happy Tots Academy, image source venngage.com

 

Media pengajaran visual tak harus kompleks. Guru dapat menyesuaikan tingkat kerumitan tampilan media visual dengan kemampuan diri sendiri. Poin yang lebih penting dari media visual adalah mudahnya bagi siswa untuk memahami informasi yang disampaikan.

Bahkan, desain yang lebih sederhana justru membantu siswa memahami informasi dengan lebih mudah. Lebih baik lagi bila media visual tersebut dalam file PNG atau PDF yang berkualitas baik sehingga dapat dicetak sendiri oleh siswa untuk kemudian dipelajari secara mandiri di rumah.

 

 

 

Disadur dari:

https://venngage.com/blog/visual-aids-for-learning-templates/

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp