redesain-navbar Portlet

Blog

SBUB Undip, photo via www.pexels.com

Hingga Akhir Bulan Ini Saja: Pendaftaran SBUB Universitas Diponegoro

Gunakan prestasimu untuk masuk Undip melalui SBUB.

Impian masuk PTN tahun ini tak hanya dapat diwujudkan melalui SNMPTN atau SBMPTN, Sobat. Bila memiliki prestasi dibidang olahraga, kesenian, sains teknologi, humaniora, maupun religi, Sobat Pintar dapat menggunakan prestasi tersebut untuk mengikuti Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) pada program Sarjana (S1) di Universitas Diponegoro.

 

Apa Persyaratan Mengikuti SBUB Undip?

SBUB Undip dapat diikuti oleh Sobat Pintar yang lulus SMA/ SMK/ MA/ MAK pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Nilai rapor yang disyaratkan adalah rata-rata 75 pada skala 100. Persyaratan berikutnya adalah tidak pernah tinggal kelas. It's time to check your academic record, Sobat!

 

Apa Jalur Pendaftaran SBUB Undip?

Ada beberapa jalur yang bisa dipilih untuk masuk Undip melalui Seleksi Bibit Unggul Berprestasi. Sobat Pintar bisa memilih salah satunya, sesuai dengan prestasi.

Pertama, SBUB jalur olahraga mencakup atletik, bulutangkis, karate, kempo, panahan, pencak silat, renang, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, bola voli, bola basket, sepak bola, catur, dan sepatur roda. Kejuaraan pada setiap cabang olahraga tersebut harus diselenggarakan oleh PSSI, PBSI, PERPANI, FORKI, PERBASI, BAPOMI, BAPOPSI, IPSI, PELTI, PORSEROSI, PRSI, PTMSI, atau PB TI.

Kedua, SBUB jalur kesenian mencakup fotografi, MTQ, seni musik, seni suara/ vokal, seni lukis, dan seni tari. Hanya perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian lain yang relevan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), atau Undip dapat digunakan untuk SBUB.

Jalur ketiga yang bisa ditempuh untuk mengikuti SBUB adalah sains, teknologi, dan humaniora. Bila Sobat Pintar pernah memenangi suatu olimpiade, lomba Iptek, lomba karya ilmiah, lomba pidato/ debat ilmiah, gunakan prestasi tersebut untuk mengikuti SBUB Undip. Pihak penyelenggara yang diakui untuk jalur ketiga ini sama dengan jalur kedua diatas.

Jalur SBUB Undip yang terakhir adalah jalur tahfiz. Untuk dapat mengikuti SBUB jalur tahfiz, Sobat Pintar harus hafal Al-Qur'an minimal 20 juz. Pernyataan bukti hafalan tersebut dapat dikeluarkan oleh pondok pesantren.

Nah, itulah empat jalur SBUB yang bisa Sobat pilih untuk masuk Universitas Diponegoro. Perlu dicatat, prestasi yang bisa digunakan untuk mengikuti SBUB haruslah merupakan kejuaraan tingkat internasional, nasional, atau propinsi saja. Sobat Pintar bisa berposisi sebagai juara pertama, kedua, atau ketiga pada kejuaraan internasional dan nasional. Akan tetapi, Sobat harus berposisi pada juara pertama saja untuk kejuaraan propinsi.

 

Kapan Proses SBUB Undip Dilaksanakan?

Bila memenuhi setiap persyaratan diatas, Sobat Pintar berhak mengajukan dua pilihan jurusan – baik pada rumpun Saintek maupun Soshum. Untuk diketahui, Universitas Diponegoro memiliki 34 jurusan atau program studi Saintek dan 17 jurusan atau program studi Soshum.

Then, what's next? Lanjut pada proses pendaftaran SBUB, Sobat. Pengambilan billkey untuk pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,00 telah dimulai sejak 18 Maret kemarin. Jadwal pengambilan billkey ini masih akan terus berlangsung hingga 30 April nanti pada laman http://um-online.undip.ac.id/sbub2019/.

Setelah mengisi formulir pendaftaran online, Sobat perlu mencetak kartu dan formulir pendaftaran. Berkas yang dicetak tersebut kemudian dikirim kepada sekretariat SBUB – paling lambat diterima tanggal 10 Mei 2019.

Didalam berkas tersebut, termasuk pula foto 4x6 lembar dengan latar biru, copy legalisir ijazah/SKL & SKHUN, copy ID, copy rapor legalisir semester 1 sampai terakhir, kartu tanda peserta pendaftaran, dan copy sertifikat prestasi yang telah disebutkan diatas. Sobat Pintar yang mengambil jalur olahraga, gunakan map warna merah – biru untuk jalur kesenian, kuning untuk jalur sains teknologi dan humaniora, serta map warna hijau untuk jalur tahfiz.

Hasil seleksi berkas akan diumumkan pada 27 Mei 2019, diikuti dengan proses SBUB berikutnya yaitu tes seleksi bakat pada 19 hingga 20 Juni 2019. Hasil tes seleksi bakat tersebut akan diumumkan pada 20 Juni 2019, diikuti segera dengan wawancara pada tanggal yang sama. Pengumuman akhir SBUB Undip dijadwalkan pada 2 Juli 2019.

 

Masih belum terlambat bila Sobat Pintar ingin mengikuti Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) Universitas Diponegoro. Segera persiapkan berkas-berkas yang diperlukan dan kunjungi laman pendaftaran yang telah disebutkan diatas. Semoga sukses, Sobat!

Lebih masukan Blog

Lengkap: PSSB Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Sekolah Vokasi sebenarnya bisa menjadi salah satu alternatif Pendidikan Tinggi – did you know...

Seleksi Mahasiswa Kelas Internasional Undip

For some reason, some Indonesian students prefer international classes . Kelas khusus yang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka