redesain-navbar Portlet

Blog

Jadwal SNMPTN 2022

Peserta SNMPTN wajib tahu jadwal yang sedang berlangsung.

jadwal snmptn 2022, Photo by Jazmin Quaynor on Unsplash

Menurut jadwal SNMPTN 2022, saat ini kita berada pada pekan registrasi akun LTMPT siswa. Sobat Pintar yang mengikuti SNMPTN tahun ini tentu sudah tahu bahwa registrasi akun LTMPT untuk siswa dapat dilakukan sejak tanggal 10 Januari yang lalu. Terus, setelah registrasi akun, kita bakal ngapain lagi, nih?

 

1. Registrasi Akun LTMPT

info snmptn tahun 2022
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Registrasi aku LTMPT untuk siswa, sebagaimana telah disebutkan di atas, sedang berlangsung saat ini. Registrasi akun dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 15 Januari 2022 nanti. Meskipun begitu, sebaiknya kamu enggak menunggu hari terakhir untuk registrasi ya, Sobat. Habisnya, kita tidak tahu apa yang mungkin terjadi di hari terakhir registrasi akun LTMPT itu.

Bukan tidak mungkin terjadi kendala teknis di hari terakhir registrasi akun LTMPT. Bisa saja kamu kehabisan kuota internet di hari itu, misalnya, atau kendala-kendala teknis yang kamu kira tak mungkin terjadi – namun tetap terjadi juga. It's too risky. Jadi, jangan pertaruhkan keberuntunganmu di hari terakhir registrasi akun LTMPT, Sobat Pintar.

 

2. Penetapan Siswa Eligible

pembukaan snmptn
Photo by Pixabay on Pexels

Kegiatan berikutnya, setelah masa registrasi akun LTMPT usai, adalah penetapan siswa eligible oleh sekolah. Mengacu pada jadwal SNMPTN 2022, sekolahmu seharusnya sudah memulai proses ini sejak tanggal 4 Januari yang lalu.

Dalam rangka menentukan siapa saja siswa yang eligible untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022, ada beberapa ketentuan yang harus diikuti oleh sekolah. Pertama, jumlah siswa eligible sesuai dengan kuota SNMPTN yang diterima oleh sekolah. Kuota SNMPTN terkait dengan akreditasi tiap-tiap sekolah.

1. Sekolah dengan akreditasi A dapat mengajukan 40% siswa terbaiknya.

2. Sekolah dengan akreditasi B dapat mengajukan 25% siswa terbaiknya.

3. Sekolah dengan akreditasi C dan lainnya dapat mengajukan 5% siswa terbaiknya.

Kemudian, sekolah menyeleksi dan menentukan siapa saja siswa yang termasuk ke dalam 40%, 25%, atau 5% terbaik tersebut. Untuk itu, sekolah bakal menyeleksi nilai rapor kalian sehingga diperoleh siswa eligible yang dapat mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022. Mengikuti ketentuan LTMPT, syarat daftar SNMPTN 2022 adalah siswa dengan nilai mata pelajaran terbaik sesuai dengan asal kelas atau jurusannya masing-masing.

1. Siswa eligible dari kelas IPA dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Siswa eligible dari kelas IPS dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Siswa eligible dari kelas Bahasa dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. Siswa eligible dari SMK dilihat dari nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

Bagaimana jika nilai rapormu sama dengan siswa lain, sementara kuota sekolah untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 terbatas? Apakah kamu masih bisa daftar SNMPTN?

Menurut ketentuan SNMPTN dari LTMPT, sekolah dapat menambahkan kriteria lain agar diperoleh urutan pemeringkatan yang baru, Sobat Pintar. Kriteria lain untuk pemeringkatan tersebut bisa berupa prestasi akademik tambahan ataupun prestasi yang lain.

Misalnya, ada 11 nama dalam daftar siswa eligible sekolah. Karena kuota LTMPT terbatas pada 10 siswa saja, maka dua siswa dengan nilai rapor yang sama harus diseleksi lagi menggunakan prestasi akademik dan/atau tambahan yang lain. Atau bisa jadi, ada siswa yang memenuhi kriteria siswa eligible, tetapi memutuskan untuk tidak mengikuti SNMPTN. Maka, "kursi" atau peringkat siswa tersebut dapat diisi oleh siswa lain. Nah, sekolah akan mengurus segala sesuatunya pada tahap ini sehingga kuota maupun ketentuan SNMPTN dapat terpenuhi, dan siswa pun mendapatkan urutan peringkat yang fair.

Selain menetapkan siapa saja siswa yang memenuhi syarat daftar SNMPTN 2022, sekolah juga diharuskan mengisi PDSS. Sesuai info SNMPTN tahun 2022 dari LTMTP, pengisian PDSS berlangsung sejak tanggal 8 Januari hingga 8 Februari 2022. Asal kamu tahu Sobat, pengisian PDSS oleh sekolah juga turut memengaruhi statusmu sebagai siswa eligible.

 

3. Pendaftaran SNMPTN

jadwal pendaftaran snmptn
Photo by Clay Banks on Unsplash

Orang bilang, there's no free lunch. Mungkin itulah sebabnya proses SNMPTN terkesan lebih ribet ketimbang SBMPTN. Di SBMPTN, hasil UTKB-mu lah yang paling menentukan sehingga persiapan ujianmu enggak boleh setengah-setengah. Sebaliknya, karena tanpa tanpa tes SNMPTN membuatmu harus mengikuti proses seleksi di sekolah bahkan sejak semester I.

Akan tetapi, semua jerih payahmu sejak kelas X itu akan terbayar tuntas dengan adanya pembukaan SNMPTN. Untuk tahun ini, jadwal pendaftaran SNMPTN sendiri akan berlangsung mulai 14 Februari sampai 28 Februari 2022. Again, jangan menunggu sampai hari terakhir untuk mendaftar ya, Sobat Pintar.

 

4. Pengumuman SNMPTN

daftar snmptn
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Hasil SNMPTN-mu dijadwalkan akan kamu peroleh pada tanggal 29 Maret 2022. Just in case, seandainya kamu belum berhasil di SNMPTN, Sobat Pintar masih dapat mengikuti pendaftaran SBMPTN. Jadwal UTBK-SBMPTN sendiri sudah dimulai sejak 14 Februari hingga 17 Maret 2022 untuk registrasi akun LTMPT, tetapi kamu sudah melakukannya saat mengikuti SNMPTN, kan?

SNMPTN dan SBMPTN sama-sama dikelola oleh LTMPT, jadi kamu tak perlu mengulang registrasi akun untuk mengikuti SBMPTN. Kamu hanya perlu mengikuti pendaftaran UTBK-SBMPTN yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 23 Maret hingga 15 April 2022. Nah, masih ada waktu tuh, untuk mendaftar SBMPTN jika pengumuman hasil SNMPTN-mu nanti mengecewakan. But let's hope for the best, Sobat Pintar.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet