CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jadwal UTBK 2022 Lengkap – Apa Saja yang Harus Diantisipasi?

Ketahui jadwal UTBK 2022 agar dapat menyiapkan diri menghadapi ujiannya dengan baik.

jadwal utbk 2022, Photo by Skylar Kang on Pexels

Kalian yang bakal masuk kuliah, sudah tahu jadwal UTBK 2022, belum? Dari kapan hari LTMPT sudah merilis jadwal UTBK SBMPTN 2022. Tapi kalau sebagian dari Sobat Pintar masih belum mengetahui perkiraan jadwal UTBK 2022, ga apa-apa. Yuk, kali ini kita ulik bersama-sama.

 

Kapan Perkiraan Jadwal UTBK 2022?

jadwal belajar utbk 2022
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Kenapa disebut perkiraan jadwal UTBK 2022? Begini, Sobat. LTMPT memang telah merilis jadwal UTBK 2022/2023. Kamu tinggal meluncur ke laman resminya dan bisa menemukan jadwal SNMPTN 2022 serta SBMPTN 2022 dengan mudah.

Akan tetapi berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, ketika pandemi Covid-19 masih berlangsung dengan sangat buruk, jadwal UTBK mengalami penyesuaian. Bahkan, materi ujian UTBK juga direduksi. Saat ini pandemi memang sudah melandai, namun tak satupun dari kita yang dapat memastikan perkembangannya dalam bulan-bulan mendatang, bukan? Jadi jika kamu bertanya UTBK 2022 tanggal berapa, bear in mind bahwa jadwal tersebut bisa saja berubah.

Oke, terus UTBK 2022 kapan, sih? Disalin dari laman LTMPT, jadwal UTBK SBMPTN 2022 adalah sebagai berikut.

Registrasi Akun LTMPT

14 Februari – 17 Maret 2022

Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Setelah log in menggunakan akun LTMPT-mu, pilih menu Verifikasi dan Validasi Data. Kemudian, isi biodatamu, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodatamu.

Sosialisasi UTBK-SBMPTN

01 Desember 2021 - 15 April 2022

Di masa ini kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk memeriksa informasi seputar SBMPTN, baik di laman LTMPT maupun media sosial atau laman resmi kampus-kampus incaranmu. Kamu juga bisa mendapatkan update informasi seputar jadwal UTBK SBMPTN 2022 di Aku Pintar.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN

23 Maret - 15 April 2022

Pilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN. Pada tahap ini, yang perlu kamu lakukan adalah (1) melengkapi biodata, (2) memilih program studi, (3) mengunggah portofolio, (4) memilih Pusat UTBK PTN, dan (5) mendapatkan slip pembayaran.

Portofolio ada 10 jenis, yaitu Olahraga, Seni Rupa/Desain/dan Kriya, Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari), Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama), Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik), Seni Karawitan, Etnomusikologi, Fotografi, Film dan Televisi, serta Seni Pedalangan.

Biaya UTBK sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran. Pembayaran melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

Pelaksanaan UTBK Gelombang I

17 - 23 Mei 2022

Setelah melengkapi seluruh proses pendaftaran UTBK 2022, Sobat Pintar bakal mendapatkan jadwal UTBK 2022. Jika jadwalmu berada di gelombang I, jangan sampai terlewat, ya.

Pelaksanaan UTBK Gelombang II

28 Mei - 03 Juni 2022

Perhatikan dengan cermat pula bila jadwal ujianmu berada di gelombang II. Pastikan UTBK 2022 tanggal berapa yang harus kamu ikuti karena setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kali ujian.

Pengumuman Hasil SBMPTN

23 Juni 2021

Setiap peserta akan diberikan hasil tes secara individu. It's going to be your big day, Sobat.

Masa Unduh Sertifikat UTBK

25 Juni - 31 Juli 2022

Jika kamu dinyatakan lulus UTBK, berikutnya yang harus dilakukan adalah mengunduh sertifikat. Masih ada proses SBMPTN di kampus masing-masing yang harus kamu ikuti.

 

Bagaimana Persiapanmu Menjelang UTBK 2022?

jadwal utbk sbmptn 2022
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Nah, itulah jadwal pendaftaran UTBK 2022. Terkait dengan jadwal tersebut, pertanyaan penting yang perlu kamu jawab sekarang adalah apa yang sudah kamu kerjakan, Sobat Pintar? Jangan bilang kamu belum punya persiapan sama sekali, ya!

At the very least, kamu punya jadwal belajar UTBK 2022, dong? Berdasarkan jadwal UTBK 2022 di atas, ujian akan berlangsung pada bulan Mei – Juni. Kalaupun kamu belum menyentuh materi TPA maupun TKA, setidaknya masih ada sisa empat bulan ke depan yang bisa kamu maksimalkan.

A friendly reminder, punya jadwal belajar UTBK 2022 itu terbilang penting. Materi ujian TPS yang harus kamu siapkan cukup banyak, meliputi Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Sementara itu, materi TKA yang mengukur kemampuan kognitif dan terkait dengan konten mata pelajaran di sekolah menekankan pada kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS)-mu.

Yuk, semangat menghadapi UTBK 2022! Jalankan jadwal belajar UTBK 2022 yang sudah kamu bikin dan pantau terus bilamana ada perubahan jadwal UTBK SBMPTN 2022.

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog