redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.qs.com

Jejaring Sosial bagi Pelajar: Ubah Kegiatanmu di Dunia Maya Jadi Bermanfaat

Tips Pelajar dan Mahasiswa

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, tahun depan seluruh kabupaten dan pelosok desa ditargetkan untuk terhubung dengan internet berkecepatan tinggi. Sepertinya target ini bukan tidak mungkin mengingat telah dibangunnya backbone dan Palapa Ring. Bisa dibayangkan, betapa hebohnya penggunaan internet kedepannya. Sebagai pelajar dan mahasiswa, bagaimana kita bisa memanfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin?

Cara belajar akan berubah seiring dengan perubahan fasilitas. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan jejaring sosial berikut ini untuk meningkatkan kualitas dan prestasi akademikmu.

 

1. Pinterest

Tau Pinterest, kan? Nah, apa yang biasa kamu cari disitu? Coba deh, gunakan Pinterest untuk mencari ide-ide kreatif seputar kerajinan tangan dan kesenian. Ada banyak DIY yang bisa kamu adaptasi dari Pinterest – lumayan nih, buat ngerjain tugas sekolah atau mengisi waktu senggangmu. Eh, bukan tidak mungkin kamu menemukan ide bisnis dari Pinterest.

 

2. Quora

Jejaring sosial ini udah kaya ruang pintar. Kamu bisa mengajukan pertanyaan apapun (serius ya!) dan akan ditanggapi oleh siapapun yang tahu jawabannya dari berbagai belahan dunia. Tak jarang, suatu topik menjadi perdebatan yang menarik. Bayangkan berapa banyak sudut pandang berbeda yang bisa kamu peroleh!

Bila ada pertanyaan yang relevan dengan pertanyaanmu, kamupun tak perlu repot-repot bertanya. Baca saja seluruh tanggapan yang ada dan buat kesimpulanmu sendiri.

Quora juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, lho. Konten yang beragam bisa mendatangkan ide, atau bahkan menambah pengetahuan yang cukup komprehensif.

 

3. Twitter

Tergantung orangnya sih, Twitter bisa jadi bermanfaat atau cuma jejaring sosial receh tanpa guna. Banyak para profesional dibidangnya yang 'main' Twitter dan kamu bisa memanfaatkannya untuk menanyakan berbagai hal. Perdebatan di Twitter-pun tak kalah serunya dibanding riuhnya Quora.

Selain Twitter, Reddit juga bisa jadi alternatif untuk bertanya dan menanggapi pertanyaan pelajar lain. Bertukar pendapat dan tanggapan disini dapat menambah pengetahuan. Bermanfaat sekali, bukan?

 

4. Facebook

Selain jejaring pertemanan, Facebook juga punya fitur grup yang bisa kamu manfaatkan untuk berkolaborasi dan berdiskusi tentang berbagai hal. Grup di Facebook bisa digunakan sebagai wadah untuk berdiskusi tentang materi pelajaran atau suatu topik terbaru didunia pendidikan. Berbagi tips dan trik belajar juga bisa dishare di grup Facebook.

Lebih keren lagi bila ada profesional pendidikan dari matapelajaran tertentu yang turut tergabung dalam grup. Punya forum diskusi setiap kali kamu log in Facebook tentu lebih bermanfaat dibanding sekedar melihat status update orang lain, kan?

 

Itulah beberapa jejaring sosial yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan potensi diri. Daripada ngepoin orang lain, kenapa nggak sibuk memperbaiki diri agar jadi lebih keren lagi?

Lebih masukan Blog

Seberapa Eksis Pelajar di Media Sosial?

Hayo jujur, apa yang kamu lakukan di kamar kalau ditanya " Lagi ngapain ?"...

Pakai Soft Lens? Sudah Tahu tentang Ini, Belum?

Kamu pengguna soft lens atau kontak lensa? Atau sedang mempertimbangkan untuk mengganti...

Menambah Komentar

RA
Rizky Adzani C 12 Bulan Lalu
infony bermanfaat,paa gw download quora,jdny bnyk apk bermanfaat kluar,thank you
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka