CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jumlah Tanggungan Orang Tua SNMPTN 2022

Akurasi data dan kelancaran proses pendaftaran merupakan isu yang penting di SNMPTN dan SBMPTN.

tanggungan orang tua snmptn, Photo by Corinne Kutz on Unsplash

Apa maksud dari jumlah tanggungan orang tua saat kamu mengisi salah satu kolom pendaftaran di SNMPTN 2022? Mengingat jadwal pendaftarannya sendiri akan berakhir tanggal 28 Februari nanti, Sobat Pintar yang mengikuti SNMPTN 2022 tentu sudah menemukan jawaban dari pertanyaan ini. Tapi buat kalian yang akan mendaftar di SBMPTN 2022, yuk kita ngintip apa yang bikin bestie-mu sempat bete ketika mendaftar SNMPTN 2022.

 

Data tentang Keluarga Calon Mahasiswa


Photo by Fabian Irsara on Unsplash

Ceritanya begini nih, Sobat. Teman-teman yang mendaftar SNMPTN 2022 harus mengisi Kelengkapan Data Orang Tua di halaman Profil. Data seperti apa yang harus diisi pada kolom ini? Ada dua keterangan yang harus dimasukkan, Sobat Pintar, yaitu jumlah penghasilan orang tua dan jumlah tanggungan orang tua.

Bagaimana cara mengisi data penghasilan orang tua di SNMPTN? Iya, tentu saja kamu harus bertanya kepada orang tua masing-masing, Sobat. Berdasarkan informasi yang kamu terima, pilih keterangan penghasilan orang tua yang sesuai.

Data penghasilan orang tua ini tidak berdiri sendiri, Sobat Pintar, melainkan terkait dengan jumlah tanggungan keluarga. Keduanya merupakan data keluarga calon mahasiswa yang amat penting.

 

Menghitung Jumlah Tanggungan Keluarga


Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Oke, satu-satunya cara mengisi data penghasilan orang tua di SNMPTN adalah bertanya langsung, dong. Kamu kan enggak bisa (dan ga seharusnya) berkreasi dengan angka fiktif dalam hal ini. Terus, bagaimana cara menentukan jumlah tanggungan orang tua dalam SNMPTN? Apa pula maksud dari jumlah tanggungan itu?

Yang dimaksud dengan jumlah tanggungan adalah berapa banyak anggota keluarga (sesuai Kartu Keluarga) tanpa pekerjaan atau penghasilan. Misalnya, dalam satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan tiga orang anak. Bila ayah saja yang bekerja, berarti ada ibu dan tiga orang anak yang menjadi jumlah tanggungan keluarga. Bila ayah dan ibu bekerja, berarti ada tiga anak yang menjadi tanggungan orang tua SNMPTN.

Angka di atas berubah lagi bila ayah, ibu, dan satu orang anak yang bekerja di keluarga tersebut. Berarti, jumlah tanggungan orang tua SNMPTN yang harus diisikan saat kamu melakukan pendaaftaran adalah dua. Kira-kira begitulah cara menentukan dan menghitung jumlah tanggungan keluarga, Sobat Pintar.

Sudah memahami konsep tentang jumlah tanggungan keluarga kan, Sobat? Sekarang kamu bisa menerapkannya dan menentukan berapa jumlah tanggungan di keluargamu sendiri.

 

Memastikan Data Sudah Tersimpan

jumlah tanggungan orang tua snmptn
Photo by Simon Hattinga Verschure on Unsplash

Nah, sempat terjadi kehebohan pada tanggal 14 Februari 2022 terkait dengan jumlah tanggungan keluarga ini, Sobat Pintar. Teman-teman yang akan mengunduh (tentunya sudah mengisi, memeriksa, dan kemudian menyimpan permanen data), mendapati keterangan bahwa jumlah tanggungan keluarga belum diisi. Dengan kata lain, data jumlah tanggungan orang tua kosong di laman LTMPT.

Wajar saja kalau teman-teman yang mendaftar SNMPTN 2022 sempat panik. Bersyukurnya, hal ini tak berlangsung cukup lama. Pihak LTMPT sendiri menjelaskan bahwa data tanggungan orang tua SNMPTN yang dimasukkan di akun siswa itu sama dengan data pada laman SNMPTN. Tentu saja, kedua data tersebut sama karena data pada laman SNMPTN itu diambil dari akun kita, Sobat. Artinya, data yang telah kita masukkan di akun siswa itu sebenarnya sudah tersimpan meskipun muncul tulisan yang menerangkan sebaliknya. Jikalau kamu mengalami hal ini (semoga tidak, ya!), cek ulang saja dengan login kembali ke akunmu atau me-refresh website.

Bersyukurnya, teman-teman yang melakukan pendaftaran SNMPTN 2022 di sore hari sudah tidak mengalami kejadian yang kurang mengenakkan ini. Oke, kamu boleh bilang mereka beruntung. Namun sebenarnya kita bisa kok, memperbesar "faktor luck" itu.

Bagaimana caranya? Bila memungkinkan, sebaiknya menghindari melakukan pendaftaran SNMPTN 2022 maupun SBMPTN 2022 di hari pertama dan terakhir, Sobat Pintar. Memang tak ada jaminan bahwa proses pendaftaran kita bakal lancar tanpa hambatan di hari lain. Tetapi selama memungkinkan buat kita menghindari error ini-itu, kenapa enggak, sih?

Nah, rencanakan waktu pendaftaran SBMPTN-mu nanti dengan baik ya, Sobat Pintar. Ingat, pendaftaran SBMPTN 2022 dibuka mulai tanggal 23 Maret nanti. Sementara itu, buat kalian yang masih menunda-nunda mendaftar untuk SNMPTN 2022, buruan! Masih mau nunggu apa lagi, sih?

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog