redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan di ITB Pilihanmu Berada di Sekolah atau Fakultas Apa?

Calon mahasiswa baru ITB memilih sekolah atau fakultas alih-alih jurusan.

Jurusan di ITB, image credit ThisisEngineering RAEng

Kenapa sih, jurusan di ITB itu malu-malu kucing? Kita tak bisa memilah dan memilih jurusan kuliah di ITB saat SBMPTN. Melainkan, kita disuguhi dengan pilihan sekolah dan fakultas di ITB saat kampus-kampus lain memberi kita pilihan jurusan atau prodinya.

Penasaran apa saja jurusan kuliah di ITB? Ingin tahu apa saja prodi ITB yang bisa kita pilih dibalik daftar fakultas ITB saat SBMPTN? You'll find them all below, Sobat.

 

1. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

FITB merupakan salah satu dari pecahan Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (FIKTM). Prodi ITB di FITB ada empat, yaitu (1) Meteorologi (ME), (2) Oseanografi (OS), (3) Teknik Geodesi dan Geomatika (GD), serta (4) Teknik Geologi (GL).

 

2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Tahukah Sobat apa yang unik dari salah satu fakultas di ITB ini? FMIPA sudah ada satu dekade lebih sebelum ITB! FMIPA ITB sekarang terdiri dari empat jurusan, yaitu (1) Astronomi (AS), (2) Fisika (FI), (3) Kimia (KI), dan (4) Matematika (MA).

 

3. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Siapa bilang jurusan kuliah di ITB hanya tentang teknik atau engineering? Jangan salah, ITB juga punya jurusan-jurusan yang lekat dengan dunia seni. Tak tanggung-tanggung, ada lima prodi ITB yang erat terkait dengan seni, yaitu (1) Desain Interior (DI), (2) Desain Komunikasi Visual (DKV), (3) Desain Produk (DP), (4) Kria (KR), dan (5) Seni Rupa (SR).

 

4. Fakultas Teknologi Industri (FTI)

Resmi berdiri pada tahun 1973, FTI mengalami beberapa kali restrukturisasi. Kini ada enam jurusan ITB Bandung di bawah fakultas ini, yaitu (1) Manajemen Rekayasa Industri (MRI), (2) Teknik Bioenergi dan Kemurgi (TB), (3) Teknik Fisika (TF), (4) Teknik Industri (TI), (5) Teknik Kimia (TK), dan (6) Teknik Pangan (PG).

 

5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

Ada satu jurusan di ITB yang menjadi 'nenek moyang' FTMD. Apakah Sobat Pintar bisa menebak prodi ITB itu? Teknik Mesin! Sekarang tak hanya Teknik Mesin yang ada di fakultas di ITB ini. Bersama (1) Teknik Mesin (MS), prodi ITB lain di FTMD adalah (2) Aeronotika dan Astronotika (AE) dan (3) Teknik Material (MT).

 

6. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Hingga kini, FTTM telah melewati lima kali restrukturisasi. Dari proses yang dijalaninya, salah satu fakultas di ITB ini sekarang terdiri dari empat jurusan, yaitu (1) Teknik Geofisika (TG), (2) Teknik Metalurgi (MG), (3) Teknik Perminyakan (TM), dan Teknik Pertambangan (TA).

 

7. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

FTSL terbentuk pada tahun 1973, dengan Seni Rupa menjadi bagian di dalamnya. Kemudian, pada tahun 1985 ITB Jurusan Desain dan Seni Murni berdiri sebagai FSRD. FTSL kini menaungi(1) Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (RIL), (2) Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (TSA), (3) Teknik Kelautan (KL), (4) Teknik Lingkungan (TL), dan (5) Teknik Sipil (SI).

 

8. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

Hanya ada dua prodi ITB di sekolah ini, yaitu (1) Arsitektur (AR) serta (2) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Meskipun hanya ada dua jurusan di sini, SAPPK adalah sekolah atau fakultas di ITB dengan rasio jumlah mahasiswa putri yang lebih banyak daripada mahasiswa putra.

 

9. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Sekolah ini pun memiliki jumlah mahasiswa putri yang mendominasi ketimbang mahasiswa putranya. Again, ada dua jurusan ITB Bandung di SBM, yaitu (1) Kewirausahaan (MK) dan Manajemen (MB). Apakah salah satunya adalah jurusan kuliah di ITB yang selama ini sudah menjadi incaranmu, Sobat?

 

10. Sekolah Farmasi (SF)

SF juga hanya memiliki dua prodi ITB, yaitu (1) Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK) serta (2) Sains dan Teknologi Farmasi (FA). And again, sekolah ini juga memiliki jumlah mahasiswa putri yang lebih banyak daripada jumlah mahasiswa putra.

 

11. Sekolah Ilmu dan dan Teknologi Hayati (SITH)

Sobat yang gemar dengan Biologi, ilmu hayati, biosains, maupun bioteknologi mungkin tertarik dengan fakultas di ITB yang satu ini. Pilihan di ITB jurusan SITH cukup banyak, yaitu (1) Biologi (BI), (2) Mikrobiologi (BM), (3) Rekayasa Hayati (BE), (4) Rekayasa Pertanian (BA), (5) Rekayasa Kehutanan (BW), dan (6) Teknologi Pasca Panen (BP).

 

12. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Ada enam prodi ITB di STEI, yaitu (1) Sistem dan Teknologi Informasi (II), (2) Teknik Biomedis (EB), (3) Teknik Elektro (EL), (4) Informatika (IF), (5) Teknik Telekomunikasi (ET), dan (6) Teknik Tenaga Listrik (EP). Fakultas di ITB ini terbilang paling tenang saat mahasiswa menempuh penjurusan setelah Tingkat Persiapan Bersama (TPB).

 

TPB adalah masa perkuliahan bersama selama satu tahun pertama kuliah. Mahasiswa baru ITB menghabiskan dua semester awalnya dengan kuliah bersama-sama dalam satu fakultas atau sekolah. Setelah itu, baru mereka memilih jurusan atau prodi yang diinginkan.

Masa kuliah setahun ini bisa kita manfaatkan untuk mengeksplor jurusan-jurusan lain dalam satu sekolah atau fakultas di ITB. Kalau dipikir-pikir, buat kita yang masih galau dengan pilihan jurusan, TPB bisa jadi masa-masa yang menyelamatkan. Betul, tidak Sobat?

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp