CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Trisakti, Jakarta

Universitas Trisakti di Jakarta membuka berbagai jurusan pada Program Sarjana dan Diploma.

jurusan di universitas trisakti, Photo by franco alva on Unsplash

Pilihan jurusan di Universitas Trisakti itu enggak kalah dengan universitas-universitas lain di Jakarta loh, Sobat Pintar. Lagipula siapa sih, yang belum pernah mendengar Universitas Trisakti? Saking familiernya, kamu tentu bisa dengan mudah menjawab bila ditanya apakah Universitas Trisakti negeri atau swasta. Iya, ngga?

 

Tentang Universitas Trisakti

jurusan di universitas trisakti dan akreditasinya
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Iya, betul. Universitas Trisakti adalah sebuah universitas swasta di Jakarta Barat, tepatnya di kawasan Grogol. Nama Universitas Trisakti tak lepas dari tragedi 1998 ketika empat mahasiswanya gugur sebagai Pejuang Reformasi. Bahkan pada tahun 2005, Universitas Trisakti dianugerahi penghargaan Bintang Jasa Pratama.

Oke, lantas bagaimana dengan kehidupan akademiknya? Universtias Trisakti resmi berdiri pada tahun 1965 dengan lima fakultas, yakni Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Teknik. Waktu itu baru Fakultas Teknik saja yang memiliki empat departemen. Angka ini terus berkembang seiring waktu sehingga jumlah fakultas dan jurusan di Universitas Trisakti saat ini sudah lebih banyak.

 

Fakultas dan Jurusan di Universitas Trisakti

program studi di universitas trisakti
Photo by Clay Banks on Unsplash

Saat ini Universitas Trisakti menaungi sembilan fakultas. Begitu pula dengan jumlah jurusan Universitas Trisakti yang secara keseluruhan sudah berkembang pesat. Disamping kuantitas, kualitas jurusan-jurusan tersebut juga tercermin pada akreditas. Berikut seluruh jurusan di Universitas Trisakti dan akreditasinya, khusus pada Program Vokasi dan Sarjana.

Hukum

Fakultas Hukum menaungi satu jurusan di Trisakti pada Program Sarjana. Jurusan tersebut ialah Ilmu Hukum yang kini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Ekonomi dan Bisnis

FEB sebenarnya terdiri dari 13 prodi di Trisakti. Akan tetapi, tak seluruh program studi di Universitas Trisakti tersebut ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat seperti Sobat Pintar. Untuk itu, kita fokus pada Program Vokasi dan Sarjana saja di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sesuai namanya, kamu tentu tahu kalau fakultas ini menaungi jurusan Soshum di Trisakti.

Program Vokasi

Keuangan (B)

Akuntansi Sektor Publik (Baik Sekali)

Akuntansi Perpajakan (A)

Manajemen Jasa/MICE (B)

Keuangan dan Perbankan Syari'ah (B)

Program Sarjana

Ekonomi Pembangunan (A)

Manajemen (A)

Akuntansi (A)

Kedokteran

Disamping Program Profesi Dokter, fakultas ini juga menaungi salah satu jurusan SAINTEK di Trisakti: Kedokteran. Jurusan di Universitas Trisakti ini sudah terakreditasi A loh, Sobat.

Kedokteran Gigi

Sebelum kuliah Profesi Dokter Gigi di FKG, kamu wajib lulus terlebih dahulu dari Pendidikan Dokter Gigi. Sama halnya, jurusan Universitas Trisakti ini terakreditasi A pula.

Teknik Sipil dan Perencanaan

Ada dua Program Sarjana yang menjadi bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Apa saja kedua jurusan di Trisakti yang dimaksud?

Arsitektur (A)

Teknik Sipil (A)

Teknologi Industri

Boleh dikata, Fakultas Teknologi Industri menawarkan banyak pilihan Program Sarjana. Setidaknya, prodi di Trisakti di FTI lebih banyak daripada fakultas-fakultas sebelumnya. Berikut program studi di Universitas Trisakti tersebut.

Teknik Mesin (B)

Teknik Elektro (A)

Teknik Industri (Unggul)

Teknik Informatika (B)

Sistem Informasi (B)

Teknologi Kebumian dan Energi

Tak banyak universitas swasta yang membuka Fakultas Kebumian dan Energi. Dari sekian yang sedikit itu, Universitas Trisakti adalah salah satunya. Fakultas ini menaungi tiga jurusan Saintek di Trisakti.

Teknik Perminyakan (B)

Teknik Geologi (A)

Teknik Pertambangan (B)

Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan

Saat ini tiga jurusan di Universitas Trisakti yang menjadi bagian dari fakultas ini seluruhnya merupakan Program Sarjana. Ketiga jurusan Universitas Trisakti di Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan adalah sebagai berikut.

Arsitektur Lanskap (B)

Teknik Lingkungan (Unggul)

Perencanaan Wilayah dan Kota (A)

Seni Rupa dan Desain

FSRD menaungi lima jurusan di Trisakti. Empat diantaranya merupakan Program Sarjana. Nah, apa saja keempat prodi di Trisakti tersebut?

Desain Interior (B)

Desain Produk (A)

Desain Komunikasi Visual (A)

Fotografi (A)

 

Itulah seluruh fakultas dan jurusan di Universitas Trisakti beserta akreditasnya masing-masing. Apakah jurusan incaranmu ada di sini, Sobat Pintar? Eitts, jangan lupa untuk menggunakan Tes Penjurusan agar jurusan kuliah yang kamu incar itu memang cocok dengan bakat, minat, dan kemampuanmu. Seperti kamu dan doi, kalau cocok kan asyik tuh, ngejalaninnya. Yah, kuliah pun kurang lebih gitu juga loh, Sobat.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog