CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Bagi lulusan SMA/sederajat, UMS membuka jurusan-jurusan di Program Sarjana hingga Profesi serta Vokasi.

jurusan di ums, Photo by Akeyodia - Business Coaching Firm on Unsplash

Penasaran jurusan kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta itu apa aja, Sobat Pintar? Seperti yang kamu tahu, Universitas Muhammadiyah itu ada di berbagai kota. Akan tetapi, jurusan-jurusan kuliah yang ditawarkan tak selalu sama. Nah terus, apa saja tuh, jurusan atau program studi Ums (Universitas Muhammadiyah Surakarta)?

 

Sebuah Universitas Muhammadiyah di Pinggir Kota Solo

jurusan di universitas muhammadiyah surakarta
Photo by Aqwam Jembatan Ilmu on Unsplash

Universitas Muhammadiyah Surakarta berakar dari FKIP Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta. Sebagai sebuah fakultas keguruan, saat itu jurusan yang dibuka adalah Pendidikan Umum, Pendidikan Agam Islam, dan Ekonomi Umum. Berganti tahun, FKIP tersebut berkembang sehingga berdirilah UMS pada tahun 1981. Ada beberapa fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada saat itu, yakni Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Hukum, Teknik, dan Agama Islam.

 

Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Surakarta

program studi ums (universitas muhammadiyah surakarta)
Photo by Marsha Dhita on Unsplash

Pada awal berdirinya, UMS membuka jurusan-jurusan kuliah pada jenjang Sarjana Muda. Kini, jurusan di UMS sudah meliputi berbagai jenjang dan program. Mulai dari Program Vokasi, Sarjana, Profesi, hingga Pascasarjana UMS, semua tersedia di universitas swasta ini.

Program Sarjana UMS, misalnya, ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat seperti Sobat Pintar. Program Profesi UMS juga sudah disediakan bila jurusan pilihanmu nanti menghendaki program pendidikan profesi.

Apa lagi pilihan prodi UMS yang lain buatmu? Selain Program Sarjana, kuliah di Sekolah Vokasi UMS bisa jadi pertimbangan juga, Sobat. Aduh, jadi bingung saking banyaknya pilihan? Biar enggak overthingking, coba gunakan Tes Penjurusan Kuliah, deh. Kamu bakal mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang paling pas nantinya.

Untuk sekarang, yuk lihat daftar fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan program studinya masing-masing. Asal kamu tahu, Sobat, status akreditasi UMS saat ini adalah Unggul. Lantas bagaimana dengan akreditasi jurusannya? Selekngkapnya ada di bawah ini, nih.

Kedokteran

Fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini menaungi satu Program Sarjana, yakni Kedokteran. Akreditasi jurusan UMS ini adalah B.

Kedokteran Gigi

Sama halnya, fakultas ini menaungi satu Program Sarjana pula. Pendidikan Dokter Gigi, program studi UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) yang dimaksud, mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

Farmasi

Sobat bisa menebak satu-satunya Program Sarjana di Fakultas Farmasi? Iya, jurusan kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta itu adalah Farmasi, yang memiliki status akreditasi Unggul.

Ilmu Kesehatan

Ada empat Program Sarjana UMS di Fakultas Ilmu Kesehatan. Keempat jurusan di Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut beserta akreditasinya adalah sebagai berikut.

Fisioterapi (A)

Ilmu Gizi (A)

Keperawatan (Unggul)

Kesehatan Masyarakat (B)

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, UMS berakar dari FKIP Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta. Tak heran bila FKIP kini menawarkan banyak pilihan jurusan di UMS. Apa saja pilihan prodi UMS di FKIP?

Pendidikan Akuntansi (Unggul)

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Unggul)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Unggul)

Pendidikan Bahasa Inggris (Unggul)

Pendidikan Matematika (Unggul)

Pendidikan Biologi (Unggul)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Unggul)

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Unggul)

Pendidikan Geografi (Unggul)

Pendidikan Teknik Informatika (B)

Pendidikan Olahraga (B)

Agama Islam

Ada tiga program studi UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) di FAI. Tiga pilihan jurusan UMS di fakultas ini adalah sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam (Unggul)

Hukum Ekonomi Syari’ah/Mu’amalah (Unggul)

Ilmu Al-Quran dan Tafsir (B)

Hukum

Satu-satunya Program Sarjana UMS di fakultas ini adalah, tentu saja, Ilmu Hukum. Jurusan kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta ini mengantongi status akreditasi Unggul.

Psikologi

Lagi-lagi, fakultas ini adalah salah satu fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang menaungi satu Program Sarjana. Prodi atau jurusan Psikologi UMS berstatus akreditasi Unggul.

Geografi

Fakultas Geografi juga menaungi satu Program Sarjana UMS. Prodi Geografi UMS berstatus akreditasi Unggul.

Ekonomi dan Bisnis

FEB UMS membuka tiga pilihan jurusan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ketiga jurusan di UMS tersebut adalah sebagai berikut.

Akuntansi (Unggul)

Manajemen (Unggul)

Ekonomi Pembangunan (Unggul)

Teknik

Fakultas Teknik tergolong sebagai salah satu fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan lebih banyak program studi atau jurusan. Apa saja prodi UMS yang tercatat sebagai bagian dari FT?

Arsitektur (Unggul)

Teknik Elektro (Unggul)

Teknik Industri (A)

Teknik Kimia (B)

Teknik Mesin (Unggul)

Teknik Sipil (Unggul)

Komunikasi dan Informatika

Tak semua universitas memiliki Fakultas Komunikasi dan Informatika. UMS beda, Sobat. Fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini menaungi dua program studi di bawah ini.

Ilmu Komunikasi (Unggul)

Teknik Informatika (Baik Sekali)

 

Program Profesi di Universitas Muhammadiyah Surakarta

jurusan kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Photo by prananta haroun on Unsplash

Tak banyak Program Sarjana yang mengharuskan lulusannya melanjutkan ke program pendidikan profesi sebelum masuk ke pasar kerja. Namun dari sedikit jurusan tersebut, UMS sudah menyediakan program pendidikan profesi yang dibutuhkan. Berikut Program Profesi UMS dan akreditasinya.

Apoteker (A)

Dokter (B)

Dokter Gigi (B)

Fisioterapi (B)

Insinyur (B)

Ners (Ungggul)

Pendidikan Guru/PPG (A)

Psikologi (B)

 

Sekolah Vokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta

fakultas di Universitsa Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Photo by Falaq Lazuardi on Unsplash

Sekolah Vokasi UMS menawarkan beragam Kompetensi Bidang. Disamping biaya dan masa studi, kelebihan Sekolah Vokasi UMS adalah lulusannya yang telah disiapkan untuk bergabung dengan dunia usaha dan dunia industri. Pilihan program studi di Sekolah Vokasi UMS adalah sebagai berikut.

Makanik Alat Berat

Operator Alat Berat

Operator Pembangkit Listrik

Hotel Kapal Pesiar

Mekanikal Elektrikal Plumbing Gedung

Teknisi Kapal

Animasi 2D/3D

Manajemen Perbengkelan Otomotif (CARfix)

Maintenance Crane

Syari'ah Banking

Sekr.Notaris/Adm.Perkantoran

Kewirausahaan (Online Shop Marketing)

AK 3 Umum KEMNAKER

AK 3 Umum MIGAS

SMK3* 

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog