CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

Disamping jurusan-jurusan kependidikan, UAD juga membuka jurusan-jurusan nonkependidikan.

jurusan di uad, Photo by Lubomyr Myronyuk on Unsplash

Sebenarnya pilihan jurusan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) itu ada banyak banget loh, Sobat Pintar. Buat kalian lulusan SMA/sederajat, hampir seluruh pilihan jurusan di UAD merupakan Program Sarjana. Hanya satu Program D4 atau Sarjana Terapan di universitas swasta di Yogyakarta ini. Nah, siapa nih, yang yang baru tau kalau universitas ini swasta?

 

UAD, Universitas Swasta di Yogyakarta

jurusan di universitas ahmad dahlan
Photo by Erge Mahindra on Unsplash

Sobat Pintar tentu tak asing dengan universitas Muhammadiyah. Nah, UAD boleh dikata merupakan universitas Muhammadiyah, Sobat. Loh, tapi kok namanya Universitas Ahmad Dahlan?

Jadi, singkat ceritanya, pada tahun 1957 ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta. FKIP Muhammadiyah ini kemudian berkembang menjadi IKIP Muhammadiyah, yang lantas berkembang lagi menjadi Universitas Ahmad Dahlan. Resmi berdiri pada tahun 1994, sekarang status akreditas UAD adalah A. Sampai sini kamu enggak lagi bertanya-tanya apakah Universitas Ahmad Dahlan negeri atau swasta, kan?

Kalau begitu, apakah jurusan Universitas Ahmad Dahlan adalah jurusan-jurusan keguruan? Nah, kepo dong, kamu?

 

Fakultas dan Jurusan Universitas Ahmad Dahlan

universitas ahmad dahlan negeri atau swasta
Photo by Trnava University on Unsplash

Karena telah berstatus sebagai universitas, disiplin keilmuan yang dinaungi oleh UAD tak terbatas pada satu bidang ilmu saja, Sobat Pintar. Di Universitas Ahmad Dahlan jurusan yang tersedia beragam, mulai dari ilmu keguruan, ilmu murni, dan juga, sebagaimana telah disebutkan di awal, ilmu terapan. Berikut selengkapnya jurusan UAD dan akreditasi pada fakultasnya masing-masing.

Agama Islam

Fakultas ini menaungi empat jurusan di Universitas Ahmad Dahlan pada Program Sarjana. Kelima prodi Universitas Ahmad Dahlan tersebut adalah sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam (A)

Bahasa dan Sastra Arab (A)

Perbankan Syariah (B)

Ilmu Hadist (A)

Psikologi

Program studi Universitas Ahmad Dahlan pada fakultas ini hanya ada satu, yakni Psikologi. Jurusan di UAD ini terakreditasi A oleh BAN-PT.

Ekonomi dan Bisnis

Ada empat jurusan Universitas Ahmad Dahlan di FEB, satu diantaranya merupakan Program Sarjana Terapan. Berikut selengkapnya keempat jurusan di Universitas Ahmad Dahlan yang dimaksud, dimulai dengan Program Sarjana Terapan.

Bisnis Jasa Makanan (B)

Manajemen (A)

Ekonomi Pembangunan (B)

Akuntansi (B)

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Karena berkembang dari IKIP, tak heran bila FKIP menaungi prodi Universitas Ahmad Dahlan yang cukup banyak. Ada 11 program studi Universitas Ahmad Dahlan di fakultas ini yang bisa kamu pilih, Sobat. Ini dia, daftar selengkapnya.

Bimbingan dan Konseling (A)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (A)

Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Pendidikan Matematika (A)

Pendidikan Fisika (A)

Pendidikan Biologi (A)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (A)

Pendidikan Guru PAUD (B)

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (A)

Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (Baik)

Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (Baik)

Hukum

Fakultas ini menaungi satu jurusan di UAD, yaitu Ilmu Hukum. Akreditasi jurusan Universitas Ahmad Dahlan ini sekarang adalah A.

Sastra, Budaya, dan Komunikasi

UAD punya fakultas yang beda dari kampus-kampus lain nih, Sobat. Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi menaungi tiga jurusan di Universitas Ahmad Dahlan. Ketiga prodi Universitas Ahmad Dahlan tersebut adalah sebagai berikut.

Sastra Inggris (A)

Sastra Indonesia (A)

Ilmu Komunikasi (Baik Sekali)

Sains dan Teknologi Terapan

Kamu punya empat pilihan program studi Universitas Ahmad Dahlan di Fakultas Sains dan Teknologi Terapan. Apa saja pilihan jurusan di UAD tersebut? Ini dia, Sobat Pintar.

Fisika (A)

Biologi (A)

Matematika (B)

Sistem Informasi (B)

Farmasi

Tentu saja, satu-satunya jurusan Universitas Ahmad Dahlan di fakultas ini adalah Farmasi. Asal Sobat tau, jurusan di Universitas Ahmad Dahlan ini sudah terakreditasi A.

Kesehatan Masyarakat

Fakultas ini menaungi dua prodi Universitas Ahmad Dahlan. Sobat Pintar bisa menebak apa dua program studi Universitas Ahmad Dahlan itu?

Kesehatan Masyarakat (B)

Gizi

Teknologi Industri

Selain Program Magister, Fakultas Teknologi Industri juga membuka lima jurusan di UAD pada Program Sarjana. Kelima jurusan Universitas Ahmad Dahlan di fakultas ini adalah sebagai berikut.

Teknik Informatika (A)

Teknik Industri (B)

Teknik Kimia (B)

Teknik Elektro (B)

Teknologi Pangan (B)

Kedokteran

Kalau kamu nyari Kedokteran, jurusan di Universitas Ahmad Dahlan tersebut berada di fakultas ini, Sobat Pintar. Akreditasi prodi Universitas Ahmad Dahlan tersebut saat ini adalah B.

 

Adapun seleksi mahasiswa baru 2022, Universitas Ahmad Dahlan membuka beberapa jalur seperti PMDK, PSB, PBT, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih jalur pendaftaran yang paling tepat agar bisa kuliah di program studi Universitas Ahmad Dahlan yang kamu incar, Sobat. Namun sebelum itu, jangan lupa cek dahulu jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuamu dengan menggunakan Tes Penjurusan, ya!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog