CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata

Pengelolaan bisnis pariwisata secara profesional dapat dipelajari di perguruan tinggi.

jurusan manajemen bisnis pariwisata, Photo by Kampus Production on Pexels

Manajemen Bisnis Pariwisata bisa menjadi salah satu alternatif buat kalian yang bercita-cita kuliah di jurusan pariwisata. Tapi apa sih, yang membedakan Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata dari jurusan pariwisata yang lain? Apakah kamu bakalan cocok kuliah di jurusan ini? Yuk, sini kepoin bareng-bareng.

 

Manajemen Usaha di Bidang Pariwisata


Photo by Kukuh Napaki on Unsplash

Sobat Pintar tentu tahu, Indonesia terkenal akan industri pariwisatanya. Siapa sih, yang tak tahu Borobudur, misalnya? Salah satu destinasi wisata di Indonesia ini pernah dikunjungi oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, hingga aktor Hollywood, Richard Gere. Sayangnya, Borobudur, dan berbagai tempat wisata lainnya, tak banyak mengalami perubahan pada sisi pengembangan bisnis atau manajemen usaha.

Problem, namun sekaligus peluang, inilah yang ingin ditanggulangi oleh dunia pendidikan tinggi melalui jurusan bisnis pariwisata. Dari pengertiannya sendiri, bisnis pariwisata adalah usaha menyediakan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata.

Ada macam-macam usaha di bidang pariwisata, Sobat Pintar. Beberapa contoh bisnis pariwisata misalnya bisnis penginapan yang berkisar mulai homestay hingga hotel, bisnis kuliner yang bisa berupa rumah makan atau restoran, bisnis tour guide khususnya untuk wisatawan asing, bisnis persewaan kendaraan roda dua atau empat hingga perahu, maupun bisnis persewaan perlengkapan kegiatan snorkeling, menyelam, dan lain sebagainya.

 

Kuliah Manajemen Bisnis Pariwisata


Photo by Kampus Production on Pexels

Luasnya prospek kerja manajemen bisnis pariwisata di atas, sekali lagi, menjadi problem dan peluang bagi dunia pendidikan tinggi. Dalam kerangka inilah, jurusan pariwisata di perguruan tinggi berperan menyiapkan lulusan yang mampu merancang dan menjalankan bisnis/usaha pariwisata secara profesional.

Manajemen Bisnis Pariwisata sendiri merupakan jurusan kuliah pada Program D4. Sebagai Program Vokasi, kurikulum Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata bermuatan praktik lebih besar ketimbang teori – yang bisa mencapai komposisi hingga 70% praktik dan 30% teori. Gelar jurusan bisnis pariwisata yang kelak akan kamu peroleh setelah lulus kuliah Manajemen Bisnis Pariwisata adalah Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Gelar tersebut membawa implikasi bahwa alumni Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnis pariwisata, mengelola berbagai kegiatan kepariwisataan, membuat produk inovasi pariwisata, hingga menggunakan teknologi dalam kepariwisataan. Mereka yang kuliah di jurusan bisnis pariwisata ini juga dibekali dengan kemampuan manajemen untuk mengelola usaha jasa atau biro perjalanan wisata.

Di mana kamu bisa kuliah Manajemen Bisnis Pariwisata? Ada banyak pilihan, Sobat Pintar. Akademi Pariwisata Nusantara adalah salah satunya. Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata juga dibuka di Universitas Indonesia, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Sambas, dan Politeknik Negeri Bali.

 

Ngobrolin Dunia Pariwisata dan Perkuliahan

manajemen bisnis pariwisata
Photo by Eyestetix Studio on Unsplash

Dalam jeda enam tahun antara kunjungan Richard Gere dan Barack Obama, seperti telah disinggung sebelumnya, tak banyak perubahan manajemen usaha di Borobudur. Tambahan pula, pandemi selama dua tahun terakhir memukul sektor pariwisata. Tak sedikit bisnis pariwisata yang terpaksa gulung tikar lantaran berbagai pembatasan aktivitas semasa pandemi.

Bahkan sebelum pandemi, pariwisata Indonesia sudah menghadapi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Ada beberapa tantangan pariwisata Indonesia yang disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa tahun lalu, antara lain:

- Kurangnya tour guide berbahasa asing, terutama selain Bahasa Inggris

- Kurangnya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pariwisata

- Kurangnya tenaga kerja yang terampil

- Kurangnya kualitas jurusan pariwisata di perguruan tinggi, dll.

Bagaimana kuliah Manajemen Bisnis Pariwisata di kampus yang tepat dapat menjawab berbagai problem dan tantangan pariwisata di Indonesia? Bagaimana prospek kerja manajemen bisnis pariwisata di Indonesia saat ini, terutama setelah terjadi pandemi?

Semua bakal dibahas habis-habisan di Kepoin Profesi dan Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata yang akan live di @akupintar.id pada hari Kamis, 27 Januari 2022, pukul 20.00 WIB – 20.50 WIB.

@Aku Pintar

Kepoin Profesi dan Jurusan kali ini akan menghadirkan Wakil Direktur III bagian Kemahasiswaan dan Marketing Akademi Pariwisata Nusantara Tangerang Selatan, Ibu Wulan Sri Maulani, M.M., serta Duta Pariwisata Bali 2021 dan Duta Pariwisata Indonesia 2021, Kak Anak Agung Putu Mayun Saputra, S.H.

Siap join, Sobat Pintar? Catet jadwalnya, turn on your alarm, biar kamu enggak ketinggalan obrolan seru ini.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog