redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Teknologi Pendidikan: Tak Ada Henti untuk Inovasi

Dengan teknologi dan kurikulum yang tepat, pendidikan menjadi kebutuhan yang dapat diakses oleh semua orang.

jurusan teknologi pendidikan, photo by Julia M Cameron on Pexels

Apa itu Jurusan Teknologi Pendidikan? Teknologi Pendidikan adalah sebuah jurusan kuliah di mana kita belajar tentang pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan. Biarpun separuh namanya sama, Teknologi Pendidikan bukan saudara kandung ataupun sepupunya Teknologi Informasi ya, Sobat.

Lantas siapakah... (eh) apakah Jurusan Teknologi Pendidikan itu? Apa yang dipelajari di Jurusan Teknologi Pendidikan? Mana saja universitas yang ada Jurusan Teknologi Pendidikan? Serta bagaimanakah peluang kerja Teknologi Pendidikan? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng, Sobat Pintar.

 

Perkembangan Teknologi di Dunia Pendidikan

apa itu jurusan teknologi pendidikan

Photo by R K on Unsplash

Dulu di ruang-ruang kelas sekolah ada papan tulis berwarna hitam dan kapur tulis berwarna putih. Saat papan tulis dihapus, debu kapur beterbangan, mendarat dan memutih di lantai kelas. Sekarang Sobat Pintar sudah tak melihat papan tulis dan kapur ini, kan?

Barangkali masih ada satu dua sekolah yang menggunakan papan tulis dan kapur, tetapi kebanyakan sekolah saat ini sudah menggunakan white board dan board marker di kelas. Dalam masa pandemi seperti sekarang, white board sudah tergantikan oleh layar laptop/komputer di rumah kita masing-masing. Begitulah pendidikan dan teknologi berubah seiring bergulirnya waktu.

Dulu kita harus menghapus papan tulis dengan pelan agar tak sampai batuk-batuk terkena debu kapur. Setelah menggunakan white board, menghapus tinta sambil melakukan breakdance juga bisa kita lakoni! Dan sekarang, ketika harus belajar dengan menggunakan aplikasi Zoom, misalnya, cara belajar kita pun tak sama dengan sebelumnya.

 

Jurusan yang Melek dengan Teknologi dalam Pendidikan

prospek kerja teknologi pendidikan

Photo by fauxels on Pexels

Perubahan dan perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tak terelakkan di dunia pendidikan. Papan tulis, white board, maupun laptop dan aplikasi Zoom pada contoh di atas adalah media yang kita gunakan untuk belajar. Dengan berubahnya media belajar, maka cara dan proses belajar kita pun berubah. Sobat Pintar pasti bisa ngerasain bedanya belajar di kelas sama belajar dari rumah, kan?

Karena itulah, Jurusan Teknologi Pendidikan juga mempelajari tentang perancangan kurikulum. Kurikulum yang digunakan puluhan tahun lalu ketika papan tulis masih dibutuhkan di kelas tentu tak relevan lagi bila diterapkan saat kita harus belajar dari rumah dengan sistem e-learning seperti sekarang.

Untuk mendapatkan gambaran utuh tentang apa yang dipelajari di Jurusan Teknologi Pendidikan, kita bisa melihat mata kuliahnya. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Teknologi Pendidikan yaitu Model Kurikulum, Implementasi Kurikulum, Manajemen Sistem Pelatihan, Teori dan Pemikiran Sistem, Analisis Kebutuhan, Teknologi Komunikasi Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Inovasi dan Difusi Pendidikan, Pengelolaan Sumber Belajar, Aplikasi Teknologi Pendidikan, Pengembangan Media Grafis, Pengembangan Media Foto, Pengembangan Media Audio/Radio, Dasar-Dasar Animasi, Pengembangan Media 3 Dimensi, Pengembangan Media Video/Televisi, Pengembangan Multimedia Interaktif, dan masih banyak lagi.

Ilmu dan skill menarik yang memadukan pendidikan dan teknologi ini dapat kita pelajari di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Kampus-kampus dengan Jurusan Teknologi Pendidikan yang terakreditasi A saat ini yaitu Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Semarang.

 

Prospek Pekerjaan yang Tanpa Batas

Photo by Roberto Nickson on Pexels

Kebayang nggak Sobat, dengan ilmu dan skill yang dipelajari selama kuliah, bakal seperti apa prospek kerja Teknologi Pendidikan? Peluang kerja Teknologi Pendidikan cukup luas, mulai di lembaga diklat/pelatihan, kementerian atau departemen pemerintah, hingga industri media.

Meskipun tujuan Teknologi Pendidikan pada dasarnya adalah menggunakan teknologi untuk berbagai kegiatan pendidikan, ilmu dan keterampilan yang dipelajari dari jurusan ini dapat diterapkan di bidang lain. Lowongan kerja Jurusan Teknologi Pendidikan juga mencakup industri media karena keahlian videografi dan fotografi, selain digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran, juga dapat digunakan di industri televisi.

Kekinian, lulusan Jurusan Teknologi Pendidikan dapat berkarya dengan bergabung atau mendirikan start up di bidang pendidikan. Aplikasi belajar seperti Aku Pintar, misalnya, semakin dibutuhkan terutama setelah kita harus belajar dari rumah seperti sekarang. Setelah lulus kuliah dari Jurusan Teknologi Pendidikan, Sobat Pintar juga bisa menjadi YouTuber dengan konten-konten animasi atau video pembelajaran yang menarik.

Ingin tahu prospek terkini di bidang pendidikan dan teknologi? Sobat Pintar bisa mengikuti bincang-bincang seputar pendidikan dan teknologi, Potential Utilization of Technology in Educating Millennial Generation, bersama Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Founder Schoters, Senior Manager Quipper Indonesia, dan CEO Aku Pintar pada hari Sabtu, 17 Juli 2021, pukul 10.00 WIB.

Eits, sebelum mengikuti bincang-bincangnya, coba jawab pertanyaan ini, Sobat. Berikut yang tidak termasuk manfaat teknologi dalam bidang pendidikan adalah...

a. akses pendidikan lebih mudah

b. sistem pendidikan yang inklusif

c. meningkatnya kualitas pendidikan

d. efisiensi belajar daring

e. kebutuhan dana yang besar

Jawabannya mudah, bukan? Kalau masih belum yakin dengan jawabanmu, pastikan Sobat enggak sampai terlewat mengikuti Education Business Talk pada hari Sabtu esok. So, bikin schedule dan pasang alarm di ponselmu, ya!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet