PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via offices.depaul.edu

Kamu Pelajar yang Gaul? Ini Makna Gaul yang Sesungguhnya

Gaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa

Sebagai generasi muda, kita tuh wajib gaul. Tapi, gaul yang kaya apa, nih? Kalau nggak kira-kira juga, bisa jadi niat hati nambah kawan malah berbalik nambah lawan. Biar orang-orang disekitarmu tetap merasa nyaman denganmu, ada beberapa hal yang patut dicermati, nih.

 

1. Nggak Usah Lebay

Kamu habis liburan ke Raja Ampat? Atau mungkin, keliling Eropa? Nikmati saja, nggak perlu dipamer-pamerin kalau nggak ada yang nanya. Buat apa sih, dibikin heboh? Cuma mau bikin orang lain kagum? Ada dampak dan keuntungannya buatmu kalau orang lain kagum kamu punya Xbox Console terbaru?

Gembar-gembor dan pamer nggak akan berdampak apapun kecuali kamu jadi omongan dibelakang. Kalau temanmu nggak berkurang, mungkin kamu nggak punya cukup teman yang tulus berkawan denganmu.

 

2. Stop Ngegosip

Tentang ngomongin orang dibelakang, nggak ada yang baik sama sekali tentang ini. Keadaannya bisa terbalik, mungkin kamu kenal seseorang yang suka pamer dan lebay. Tapi apa itu berarti kamu berhak ngerumpiin dia dibelakangnya? Pertanyaanya masih sama: apa dampak dan keuntungannya buatmu?

Jika ada yang perlu dibicarakan, utarakan saja dengan baik-baik. Selebihnya, bersikaplah bijak dengan tak menyia-nyiakan waktu dan tenagamu untuk sesuatu yang tanpa hasil: ngomongin orang.

 

3. Jangan Bohong

Bohong, apapun alasannya tetap tidak benar. Memulai satu kebohongan akan mengantarkanmu pada kebohongan yang lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Sebaliknya, bersikap jujur mungkin berisiko, tapi kejujuran itu dapat membawamu pada hal berikutnya. Lagipula, sekalinya kamu ketahuan bohong, bersiaplah kehilangan kepercayaan orang lain padamu.

 

4. Berhenti Mengeluh

Setiap orang pasti bisa membuat daftar keluhan yang tak berujung, tapi kamu bisa memilih untuk lebih produktif. Alih-alih mengeluh dan tak menghasilkan apapun, kenapa tak mulai mengerjakan apapun itu yang harus kamu kerjakan?

Lagipula, siapa sih, yang suka mendengarkan keluhan sepanjang waktu? Kamu juga enggak, kan?

 

5. Jangan Memanipulasi

Bila ada hal yang kamu inginkan, sampaikan dengan baik. Tak perlu membuat skenario dan membuat orang lain melakukan sesuatu sesuai kehendakmu. Setiap orang punya hak untuk menyetujui, menolong, dan bersamamu atau tidak.

Meskipun pada awalnya manipulasi tampak membuat situasi berjalan baik, saat akhirnya orang lain sadar apa yang telah kamu lakukan, mereka bisa pergi meninggalkanmu. And you don't want it, do you?

 

Kamu nggak bisa membuat semua orang menyukaimu, tapi tetaplah menjadi seseorang yang baik, bisa menjadi pendengar saat dibutuhkan, bisa menempatkan diri saat bersama dengan orang lain, bisa menerima perbedaan tanpa menghakimi, dan bisa bersikap terbuka. Tak hanya sekarang di sekolah atau kampus, saat bekerja nantipun kamu akan membutuhkan makna gaul yang seperti ini.

Lebih masukan Blog

3 Ide Ini Pasti Menarik buat Kamu yang Kutubuku

Banyak yang bilang kamu kutubuku? It's okay .Meskipun konotasi istilah ini cenderung kurang...

9 Kesalahan Ungkapan Berbahasa Inggris – Pliss, Jangan Diulang Lagi!

Pernah dengar, atau malah kamu yang mengucapkan, " I go first ?" Paham sih ,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru