redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ke Bandung, Mengenal Universitas Padjadjaran

Unpad, sebuah PTN di Bandung, merupakan salah satu kampus favorit.

Mengenal Universitas Padjadjaran, image via beta.genmuda.com

Apakah Bandung adalah salah satu kota impianmu untuk kuliah? Ada banyak pilihan kampus di kota ini. PTN-nya saja ada Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Sunan Gunung Djati, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, ada Universitas Padjadjaran. Nah, apa yang unik tentang kampus negeri ini?

 

1. Berada di Banyak Tempat, Lokasi Kampus Unpad Tak Hanya di Jatinangor

Tak banyak PTN yang memiliki lokasi kampus di beberapa tempat. Kalau ditanya di mana lokasi kampus Unpad, kita dapat dengan mudah menjawab salah satu: Jatinangor, Kabupaten Sumedang atau Dipati Ukur, Bandung.

Padahal selain kedua lokasi tersebut, Unpad punya kampus-kampus lain, Sobat. Kampus PSDKU Garut, misalnya, menaungi Prodi S1 Keperawatan. Sedangkan kampus-kampus Unpad yang lain berada di wilayah Kota Bandung, seperti kampus FISIP dan FIKOM di Dago Atas, Kebidanan (D4) FK di Ir. H. Juanda, dan lain-lain.

 

2. Mahasiswa Unpad banyak Bergaul dengan Mahasiswa dari Kampus-Kampus Lain

Kampus Jatinangor adalah kampus utama Unpad. Di sini ada Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran Gigi, FMIPA, Fakultas Keperawatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Geologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Hukum.

Di wilayah Jatinangor juga ada kampus ITB dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Alhasil, mahasiswa dari berbagai fakultas dan kampus-kampus lain banyak berbaur dan bergaul. Di wilayah Ciseke, misalnya, mahasiswa ITB dan Unpad banyak dijumpai.

 

3. Unpad Difavoritkan oleh Calon Mahasiswa dari Dalam dan Luar Negeri

Unpad disebut sebagai kampus negeri favorit selama bertahun-tahun. Baik pada jalur SNMPTN maupun SBMPTN, peminat Unpad sama-sama tinggi. Jumlah peminat Unpad pada kedua jalur seleksi tersebut tercatat sebagai yang tertinggi di Indonesia sejak 2012 hingga 2018.

Selain peminat dalam negeri, Unpad juga memperoleh banyak sorotan dari calon mahasiswa dari luar negeri. Sejauh ini, Unpad tercatat berada diposisi runner up sebagai perguruan tinggi yang menerima mahasiswa internasional terbanyak.

 

4. Banyak Alumni Unpad yang Populer dan Menjadi Tokoh Inspiratif

Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) rutin mengadakan pertemuan dan Musyawarah Besar (Mubes). Banyak tokoh yang kita ketahui, tapi mungkin tak kita sadari mereka adalah alumni Unpad.

Dari dunia hiburan, misalnya, ada Soleh Solihun, Annisa Pohan, Dona Agnesia, Ernest Prakasa, Omesh, Yovie Widianto, dan lain-lain. Dibidang politik ada Dede Yusuf, Megawati Soekarnoputri, maupun Pramono Agung. Pengacara ternama di Indonesia juga ada yang alumni Unpad, Sobat! Cukup familiar dengan nama-nama seperti Elza Syarief, Hotman Paris, dan O.C Kaligis, bukan?

 

Masih ada lagi ciri khas dan keunikan Unpad yang tak dimiliki kampus-kampus lain: odong. Angkutan dalam kampus ini gratis disediakan untuk mahasiswa dengan sejuta cerita yang menyertainya. Ingin tahu seperti apa? Hmm... sepertinya harus berstatus sebagai mahasiswa Unpad dulu nih, Sobat.

100

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp