redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kelas Online Berkesan dengan Aplikasi Kuis Pembelajaran

5 Aplikasi kuis pembelajaran berikut ini membuat pembelajaran makin menyenangkan

Photo by stem.T4L on Unsplash

Pembelajaran online yang dilaksanakan selama pandemi melanda menuntut Guru Pintar berpikir kreatif untuk membuat pembelajaran bermakna. Kelas online akan terasa sangat membosankan jika pembelajaran monoton dengan aktivitas itu-itu saja. Guru Pintar tak perlu risau. Ada jurus membuat kelas online tetap berkesan.

Guru Pintar harus berusaha merancang berbagai variasi kegiatan berupa permainan atau kuis pembelajaran. Siswa zaman now yang cukup melek teknologi dijamin akan menyukai kegiatan ini. Membuat game edukasi atau games interaktif sekarang tidak lah sulit. Berbagai software pembuat kuis interaktif dapat dengan mudah Guru Pintar unduh baik dengan komputer, laptop, atau smartphone.

Software pembuat kuis interaktif berikut ini dapat Guru Pintar coba untuk mendukung proses belajar mengajar online.

1. Quizziz

kuis interaktif
Gambar quizziz.com

Aplikasi kuis online Quizizz dapat diakses di Appstore dan Playstore. Aplikasi Quizziz juga dapat diakses menggunakan browser pada website www.quizizz.com. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat games berupa kuis atau pertanyaan-pertanyaan dengan tampilan yang menarik. Guru Pintar dapat memanfaatkan Quizizz untuk membuat tugas harian, ujian, atau kegiatan pemanasan pembelajaran (warming up) menjadi lebih menyenangkan.

Guru Pintar dapat membuat pertanyaan sendiri atau menggunakan kuis yang sudah diunggah oleh pengguna lain. Alangkah baiknya jika sebelum memberikan kuis pada siswa, Guru Pintar terlebih dahulu melakukan uji coba sehingga dapat membuat beberapa penyesuaian yang dibutuhkan oleh siswa. Keuntungan lain dari quizziz adalah Guru Pintar tidak perlu pusing mengoreksi pekerjaan siswa karena nilai akan otomatis terekam dalam sistem yang dapat diunduh kapan saja.

2. Kahoot!


Gambar: tangkapan layar kahoot.com

Kahoot! Merupakan software pembuat soal pilihan ganda gratis yang dapat Guru Pintar dan juga siswa-siswa unduh di playstore atau appstore.  Aplikasi Kahoot! ini menawarkan berbagai pilihan mode pertanyaan yang dapat digunakan untuk membuat suatu permainan yang menarik. Seperti Quizziz, Kahoot! Juga memudahkan Guru Pintar dalam proses penilaian. Nilai siswa akan otomatis terekam dan dapat Guru Pintar download saat membutuhkannya.

Guru pintar jangan mau ketinggalan. Selama masa belajar dari rumah, telah banyak guru yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk membuat kuis yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar mata pelajaran yang diajarkan. Aplikasi kuis online ini dapat dimainkan oleh banyak peserta bersamaan. Setelah Guru Pintar membagi PIN untuk mengikuti kuis. Jika Guru Pintar tertarik membuat kuis online menggunakan Kahoot!, caranya mudah sekali. Silakan Guru Pintar klik website www.kahoot.com untuk mengakses aplikasi ini.

3. Wordwall

Aplikasi kuis online yang menarik lainnya adalah Wordwall. Wordwall adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat membantu Guru Pintar membuat games berbasis kuis yang menyenangkan. Wordwall memiliki berbagai macam model permainan. Aplikasi ini sangat cocok untuk para pendidik/guru yang ingin menggunakan pendekatan lain dalam merancang strategi penilaian pembelajaran.

Hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah permainan atau games yang dibuat dapat dimainkan secara offline. Wordwall juga memungkinkan untuk di-share keberbagai platform media sosial. Jika Guru Pintar ingin mencoba membuat kuis interaktif dengan Wordwall, tinggal Login ke https://wordwall.net/. Ada setidaknya 18 jenis kuis/permainan yang dapat Guru Pintar temukan di Wordwall. Sayangnya, untuk moda gratis, Guru Pintar hanya dibatasi membuat 5 kuis atau games saja.

4. Educandy

Cara mudah membuat games online lainnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Educandy. Aplikasi berbasis web yang memiliki tagline ‘making learning sweeter’ ini memang didesain untuk membuat siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan. Aplikasi Educandy ini mirip sekali dengan Wordwall. Educandy memiliki jenis permainan yang hampir sama dengan Wordwall. Tetapi, Guru Pintar memiliki kesempatan membuat permainan yang tak terbatas. Berbeda dengan Wordwall yang hanya dibatasi lima permainan saja untuk akun gratis.

Mau, membuat games interaktif dengan Educandy? Guru Pintar hanya perlu sign in di www.educandy.com menggunakan email. Setelah selesai membuat soal/kuis/permainan di platform ini, Guru Pintar dapat membagikan link supaya siswa dapat memainkannya.

5. Make It

Aplikasi Make It merupakan salah satu alternatif aplikasi pembuat games yang dapat Guru Pintar pilih untuk membuat pembelajaran makin berkesan. Make it memiliki banyak pilihan permainan sehingga membuat siswa tidak akan bosan. Pilihan games yang ada di Make It diantaranya adalah kuis interaktif, tebak gambar, puzzle, menggambar, benar atau salah, dan lain-lain.

Keunggulan lain dari Make It adalah dapat membantu Guru Pintar membuat games untuk siswa yang murid berkebutuhan khusus dengan pilihan tampilan yang menarik serta fitur suara yang dapat mempermudah para murid tuna netra. Tidak seperti Kahoot! Dan quizziz yang dapat diakses melalui website, games pada Make It ini hanya dapat diakses pada aplikasi Make It. Untuk menggunakannya Guru Pintar dan siswa harus mengunduh di Appstore atau Playstore. Siswa dapat sign in menggunakan e-mail masing-masing sebagai murid untuk mengakses permainan yang dibuat para guru Pintar di aplikasi ini.

Selain 5 aplikasi di atas, masih ada berbagai pilihan software pembuat kuis interaktif atau aplikasi games pendidikan interaktif lainnya. Jangan segan untuk berselancar di browser atau playstore/Appstore untuk mencari platform kuis atau games interaktif sesuai dengan yang Guru Pintar dan siswa butuhkan.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet