redesain-navbar Portlet

Blog

Kesehatan Masyarakat Kuliah di PTN Pilihan Ini, image via yukeducate.com

Kesehatan Masyarakat: Kuliah di 6 PTN Pilihan Ini

Masih belum banyak PTN dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi A.

Kesehatan Masyarakat – nama ini terkadang tertukar antara fakultas atau jurusan. Memang KM sudah menjadi fakultas (FKM) di beberapa kampus, seperti di Universitas Indonesia. Disini, FKM menaungi beberapa jurusan yaitu Kesehatan Lingkungan, Studi Gizi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta pastinya Kesehatan Masyarakat itu sendiri.

Tapi pada kampus-kampus lain, Kesehatan Masyarakat boleh jadi merupakan sebuah jurusan atau program studi. Biasanya, dan memang tak harus, jurusan ini menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran.

Lantas, kalau Sobat Pintar ingin belajar tentang Kesehatan Masyarakat, sebaiknya kuliah di mana? Keenam universitas berikut ini bisa menjadi rujukan, Sobat. Pasalnya, KM pada kampus-kampus ini telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

 

1. Universitas Indonesia

Sejarah berdirinya FKM UI sangat terkait erat dengan FK UI. Ini merupakan salah satu contoh terbaik bagaimana Kesehatan Masyarakat memang menjadi bagian tak terpisahkan dari Fakultas Kedokteran.

Sudah disebutkan diawal, bahwa FKM UI terdiri dari beberapa jurusan, salah satunya adalah Kesehatan Masyarakat. Jika Sobat Pintar ingin menjadi mahasiswa KM UI, ada tiga jalur seleksi masuk kelas Reguler yang bisa ditempuh yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Khusus bagi lulusan D3, jalur yang boleh diambil hanyalah SIMAK UI pada kelas Ekstensi.

KM UI menawarkan beberapa peminatan, yaitu Bidan Komunitas, Biostatistik, Promosi Kesehatan, Informatika Kesehatan, Mutu Layanan Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, Epidemiologi, Manajemen Rumah Sakit, Manajemen Asuransi Kesehatan, serta Manajemen Pelayanan Kesehatan.

 

2. Universitas Airlangga

Pada awalnya, Kesehatan Masyarakat Unair hanya menerima alumni D3 KM yang telah bekerja minimal selama tiga tahun. Lambat laun, KM Unair pun terbuka bagi lulusan SMA/ sederajat.

Kini, pada jenjang Sarjana, FKM Unair tak hanya menaungi Kesehatan Masyarakat, tapi juga Ilmu Gizi. Khusus pada jenjang D3, saat ini hanya ada Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

 

3. Universitas Diponegoro

Kesehatan Masyarakat merupakan satu-satunya program studi pada jenjang Sarjana di FKM Undip. Peminatan pada jurusan ini yaitu Entomologi Kesehatan, Kesehatan Ibu dan Anak, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Gizi Kesehatan Masyarakat, Biostatistik dan Kependudukan, serta Administrasi dan Kebijakan Kesehatan.

KM Undip cukup terkenal, Sobat. Mahasiswa yang menempuh studi lebih dari delapan semester terbilang cukup jarang. Para alumni rata-rata sudah mendapat kerja dalam hitungan bulan setelah lulus. Jangan heran kalau nanti Sobat Pintar kuliah bersama mahasiswa-mahasiswa internasional di KM Undip, ya!

 

4. Universitas Hasanuddin

Program Sarjana Kesehatan Masyarakat adalah satu-satunya prodi di FKM Unhas ketika universitas ini baru berdiri. Bekerja sama dengan Depkes RI, KM Unhas tak banyak memiliki mahasiswa pada awalnya – hanya sekitar dua puluhan mahasiswa.

Saat ini, KM Unhas telah jauh berbeda. Mahasiswanya sudah banyak, dan dapat memilih konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Biostatistik dan KKB, Epidemiologi, Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Manajemen Rumah Sakit, serta Kesehatan Reproduksi dan Keluarga.

Selain Kesehatan Masyarakat, FKM Unhas sekarang juga menaungi Program Studi Ilmu Gizi. Yes, things have changed so much since 1982 when the faculty was founded.

 

5. Universitas Negeri Semarang

Karena Unnes dahulunya adalah IKIP, Jurusan atau Program Studi Kesehatan Masyarakat berada pada Fakultas Ilmu Keolahragaan. Selain KM, jurusan non-kependidikan difakultas ini yaitu Ilmu Gizi dan Ilmu Keolahragaan.

Bidang keahlian KM Unnes mencakup Kesehatan Reproduksi, Gizi Kesehatan Masyarakat, Biostatistika dan Informatika Kesehatan, Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Promosi Kesehatan/ Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, serta Epidemiologi.

 

6. Universitas Sumatera Utara

Di USU, Kesehatan Masyarakat merupakan satu-satunya program studi di FKM. KM USU termasuk diantara yang tertua di Indonesia, bersama dengan UI, Unhas, Undip, dan Unair. Pada awal berdirinya ditahun 1985, jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran. Kemudian pada tahun 1993, FKM resmi berdiri menaungi Prodi Kesehatan Masyarakat.

Sobat Pintar ingin kuliah disini? Jalur masuk yang bisa ditempuh bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, atau UMB PT. Khusus pada jalur SBMPTN, daya tampung rata-rata KM USU mencapai 118 mahasiswa baru setiap tahunnya. Is it a big or small number to you, Sobat?

 

Now, is it hard to choose one of the above choices? Karena seluruhnya sudah memiliki akreditasi A, Sobat bisa mempertimbangkan faktor lain – misalnya lokasi kampus dengan rumah. Atau ada pertimbangan lain, Sobat?

Lebih masukan Blog

Tingkatkan Kemampuan Interpersonalmu: 5 Tips Menyimak Orang Lain

Sobat Pintar sering menjadi tempat curhat teman-teman? Biasanya kita sendiri cenderung memilih...

Sudah Siapkah Sobat Belajar pada Masa E-Learning?

The year of 2020 is coming near. Sudah siap apa untuk menghadapinya, Sobat? Many things...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka