CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Ketentuan Foto Akun LTMPT 2022

Perhatikan setiap detail ketentuan pasfoto saat registrasi akun LTMPT.

pas foto ltmpt, Photo by Josh Rose on Unsplash

Foto adalah salah satu persyaratan SNMPTN 2022 yang sangat penting, namun cukup sering disepelekan selama ini. Enggak cuma satu-dua kali LTMPT mendapati foto siswa yang tak sesuai dengan ketentuan foto pendaftaran. Misalnya, ada foto siswa bersama keluarga, pacar, hewan peliharaaan kesayangan, bahkan foto selfie dengan gaya narsis­.

Pas foto untuk akun LTMPT itu enggak boleh sesuka-sukanya kamu loh, Sobat. Ada ketentuan foto pendaftaran yang harus kita ikuti. Nah, seperti apa sih, persyaratan foto akun LTMPT itu?

 

Ketentuan Foto Pendaftaran untuk SNMPTN dan SBMPTN

persyaratan foto akun LTMPT
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Saat melakukan verifikasi dan validasi data di akun LTMPT 2022, kamu diharuskan mengunggah pasfoto. Berikut ini ketentuan pasfoto yang wajib kamu ikuti:

- Pas foto LTMPT berukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 200px x 300px (± 250 DPI) dan rasio aspek 2:3.

- Pasfoto harus berwarna dengan latar belakang polos berwarna apa saja.

- File pasfoto bertipe JPG/JPEG/PNG.

- Ukuran minimal file pasfoto adalah 80 KB.

- Ukuran maksimal file pasfoto adalah 300 KB.

- Orientasi pas foto untuk akun LTMPT adalah vertikal/portrait.

- Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.

- Kualitas foto harus tajam dan fokus.

- Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen.

- Kepala terletak di tengah secara horizontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan).

Bagaimana jika ukuran file pas foto untuk akun LTMPT yang kamu miliki terlalu besar? Gampang, Sobat. Ada triknya, nih. Kamu bisa menggunakan TinyJPG, JPEG Optimizer, atau TinyPNG untuk memperkecil ukuran file-nya.

 

Q&A Seputar Ketentuan Foto Pendaftaran

ketentuan pasfoto
Photo by Alexander Kovacs on Unsplash

Selain ukuran file, kamu mungkin punya pertanyaan-pertanyaan lain tentang ketentuan pasfoto. Sebagian pertanyaan tersebut misal:

Q: Apakah harus menggunakan foto siswa terbaru?

A: Dianjurkan untuk mengunggah fotomu yang terbaru, Sobat Pintar. Kuatirnya, ada perubahan mencolok antara dirimu yang sekarang dengan foto yang kamu unggah. Misalnya, baru-baru ini kamu berjilbab, maka wajib mengunggah foto yang sama dengan penampilanmu yang sekarang.

Q: Jika berkacamata, haruskah dipakai dalam pasfoto untuk registrasi akun LTMPT?

A: Kalau kamu membutuhkan dan harus memakainya setiap saat, setiap hari, maka kenakan kacamata tersebut di pasfotomu. Kedua mata harus tampak dengan jelas, jadi jangan berfoto dengan mengenakan kacamata hitam. Penting agar kita mengunggah foto yang membuat kita dikenali dengan mudah, sesuai dengan identitas.

Q: Apakah telinga harus terlihat di foto?

A: Iya, telinga harus tampak di foto jika kamu tidak berjilbab. Tujuannya masih sama, Sobat, yaitu memudahkan identifikasi antara foto dan pemiliknya. Untuk alasan tersebut, jangan menutup kepala dengan topi, peci, atau yang lain – kecuali jilbab.

Harus diakui, pas foto untuk akun LTMPT itu bikin kita sedikit deg-degan. Dengan risiko diskualifikasi, LTMPT sendiri tidak memberikan contoh pas foto secara resmi. But it's okay, Sobat Pintar. Kamu bisa mencari contoh pas foto untuk registrasi akun LTMPT melalui browser-mu.

Bagaimana kalau kamu terlalu mager? Gapapa juga, sih. Sebenarnya kamu tinggal mematuhi ketentuan pasfoto untuk registrasi akun LTMPT yang telah disebutkan di atas. You should be good, then.

 

Menyesuaikan Pas Foto untuk Akun LTMPT

persyaratan SNMPTN 2022
Photo by Nick Morrison on Unsplash

Setelah berhasil mengunggah foto siswa, langkah berikutnya dalam verifikasi dan validasi data akun LTMPT 2022 adalah melakukan penyesuaian pasfoto. Di sini, kamu diharuskan untuk menyesuaikan posisi kepala dan wajah terhadap area panduan dengan cara me-zoom, move, atau rotate. Pastikan bagian kepala dan wajah di foto sudah memenuhi area panduan sebelum menekan tombol crop.

Kebayang prosesnya, Sobat? Proses editing gambar sederhana seperti ini tentu tak asing lagi buatmu. Yang pasti, jika pas foto LTMPT yang kamu unggah sudah benar, proses penyesuaian foto ini takkan sulit dilakukan.

 

Nah, sudah tahu apa saja yang harus dilakukan agar fotomu tidak didiskualifikasi oleh LTMPT, kan? Agar lebih mudah, perhatikan lagi setiap poin ketentuan pasfoto untuk registrasi akun LTMPT yang telah disebutkan di atas. Kemudian, usahakan untuk mengikuti poin-poin tersebut – jangan dibalik dengan melihat (atau bahkan memaksakan) situasimu terlebih dulu, Sobat. Well, good luck, then.

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet