redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuliah di Perguruan Tinggi Islam Negeri? Ini 5 Rekomendasi UIN Untukmu

Beberapa jurusan atau prodi hanya terdapat pada PTIN tertentu.

Rekomendasi UIN, image via uinsgd.ac.id

Coba jawab, apakah Kemendikbud adalah satu-satunya kementerian yang mengelola pendidikan tinggi? No, it's not the only one! Bukan, bukan lagi Kemenristekdikti, Sobat. Tapi... Kemenag!

Iya, Kementerian Agama juga memiliki kewenangan untuk mengelola Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN). PTIN sendiri bisa berupa Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Bagaimana dengan ujian masuk mahasiswanya? Bukan melalui SBMPTN ya, Sobat! Seleksi mahasiswa baru PTIN dilakukan melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), dan Jalur Mandiri pada masing-masing PTIN.

Next, sudah tahu jurusan incaranmu berada di PTIN mana? Agar tak salah pilih kampusnya, ayo cermati lima Universitas Islam Negeri (UIN) yang telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT berikut ini.

 

1. UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan

PTIN ini lebih dikenal sebagai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meskipun lokasi kampusnya berada di wilayah Provinsi Banten. Kampus I dan II UIN Syarif Hidayatullah berada di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, sedangkan Kampus III terletak di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kampus I menaungi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Syariah dan Hukum, Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Sains dan Teknologi, dan Dirasat Islamiyah. Kampus II merupakan lokasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Psikologi. Sedangkan Fakultas Adab dan Humaniora serta Ekonomi dan Bisnis berada di Kampus III.

 

2. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

UIN Sunan Gunung Djati turut meramaikan pendidikan tinggi di Bandung. Ada delapan fakultas di PTIN ini, yaitu Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Psikologi, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Ushuluddin.

Ada satu jurusan atau prodi di UIN Sunan Gunung Djati yang jarang dijumpai di PTIN lain, yaitu Tasawuf Psikoterapi pada Fakultas Ushuluddin. Penasaran nggak, ini ilmu apa yang dipelajari ya, Sobat?

 

3. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

PTIN juga memiliki tempat di Yogyakarta, salah satu kotanya pelajar di Indonesia. Ada UIN Sunan Kalijaga di kota ini, dengan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Ekonomi dan Bisnis Islam.

Perlu dicatat, ada dua Jurusan atau Prodi Sosiologi di UIN Sunan Kalijaga. Yang pertama yaitu Sosiologi Agama pada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, sedangkan yang kedua adalah Sosiologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

 

4. UIN Walisongo, Semarang

UIN Walisongo menaungi delapan fakultas untuk jenjang Sarjana. Seluruh fakultas tersebut yaitu Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Humaniora, Syariah dan Hukum, Ekonomi dan Bisnis Islam, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Psikologi dan Kesehatan, serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

PTIN di Semarang ini membuka Jurusan atau Prodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Ilmu Falak pada Fakultas Syariah dan Hukum, Manajemen Haji dan Umroh pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan Gizi pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Jurusan-jurusan yang menarik atau tidak, Sobat?

 

5. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

Malang juga dikenal sebagai kota pelajar – dan sebagian dari mereka kuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim. Ada tujuh fakultas di PTIN ini, yaitu Tarbiyah dan Keguruan, Syariah, Humaniora, Ekonomi, Sains dan Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Psikologi.

Menarik bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim membuka Jurusan atau Prodi Profesi Dokter, Pendidikan Dokter, dan Farmasi pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Teknik Arsitektur juga ada di PTIN ini – tepatnya pada Fakultas Sains dan Teknologi. Jurusan-jurusan ini jarang ditemui pada PTIN yang lain lho, Sobat!

 

Selain kelima UIN diatas, UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Alauddin Makassar juga telah mengantongi akreditasi A BAN-PT. Seluruhnya sudah ada tujuh PTIN dengan akreditasi A saat ini. Nah, apakah PTIN menjadi salah satu prospek kuliahmu, Sobat?

150

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp