redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuliah Jarak Jauh Dimasa Pandemi

Belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan teknologi.

Kuliah Jarak Jauh Dimasa Pandemi, image via elearningcarnival.com

Jarak tak lagi dipandang sebagai penghalang sekarang ini. Diera digital, apa sih yang tak bisa kita kerjakan dari jauh? Jadi, bukan hal baru lagi bila kita harus belajar dengan guru atau dosen yang berada di ruang terpisah.

Banyak kampus yang sudah menerapkan belajar jarak jauh atau e-learning. Ada disini kalau Sobat ingin tahu kampus mana saja yang sudah menjalankan konsep belajar jarak jauh. Tapi kali ini beda, Sobat.

Terkait dengan pandemi yang saat ini tengah terjadi, kita semua punya andil untuk bersumbangsih menghambat perkembangannya. Maka, kampus-kampus berikut ini menerapkan belajar jarak jauh agar dapat menekan penularan penyakit. Kampus mana saja yang melakukan adjustment cukup baik dalam situasi pandemi sekarang ini? Check these out!

 

1. Universitas Indonesia

UI sudah menerapkan program belajar jarak jauh atau e-learning jauh hari. Bahkan, kuliah online merupakan salah satu program perolehan kredit (credit earning). Selain PJJ, UI juga punya Computer Mediated Learning dan Student Centered E-Learning Environment yang seluruhnya dikembangkan oleh Computer Learning Resources (CLR) UI.

 

2. Universitas Gadjah Mada

Kuliah online di UGM sudah didukung oleh eLISA, eLearning System for Academic Community. eLISA memungkinkan dosen dan mahasiswa meng-upload dan men-download bahan kuliah dan tugas, serta berdiskusi. Maka ketika harus kuliah jarak jauh seperti sekarang, seluruh civitas akademika UGM sudah tak asing lagi eLISA.

 

3. Institut Teknologi Bandung

ITB menggunakan sebuah portal kuliah online, Blended Learning. Portal berbasis ICT ini menyediakan bahan pembelajaran dari dosen yang dapat diakses oleh mahasiswa. ITB juga punya Studio E-learning di mana mahasiswa dapat membuat storyboard dan konten multimedia.

 

4. Universitas Gunadarma

Sistem e-learning di universitas ini dikelola oleh Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). Fasilitas kuliah online, seperti e-book, V-class, maupun SAP online, dapat diakses oleh mahasiswa dengan mudah meskipun terpisah gedung kuliah di berbagai lokasi.

 

5. Universitas Multimedia Nusantara

Konsep e-learning UMN adalah self-center learning. Mahasiswa yang belajar secara mandiri dari rumah dapat mengakses video perkuliahan dari dosen. Materi perkuliahan dan kuis juga dapat diakses secara online.

 

6. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

STAN juga menerapkan e-learning, Sobat! Mahasiswa STAN dapat langsung mengakses berbagai kelas di laman e-learning courses-nya. Bahkan UTS dan ujian semester juga ada pada laman yang sama. Semua lengkap!

 

Selain keenam kampus diatas, masih ada sembilan kampus lain yang menerapkan perkuliahan jarah jauh karena pandemi saat ini. Kampus-kampus tersebut yaitu Kalbis Institut, Binus University, Universitas Atmajaya, London School Public Relations, Universitas Yarsi, Universitas Pelita Harapan, Telkom University, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Al-Azhar Indonesia.

Ingin tahu tentang e-learning lebih banyak lagi, Sobat? Ayo, baca disini.

50

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp