redesain-navbar Portlet

null

Blog

Lintas Jurusan dari IPS ke IPA? Ini 10 Pilihanmu

Lintas jurusan dapat dilakukan dengan persiapan yang matang.

Lintas Jurusan, image credit ThisIsEngineering

Lintas jurusan – frasa ini sudah menimbulkan pro-kontra dalam ujian masuk PTN. Pasalnya, mayoritas pelaku lintas jurusan berasal dari kelas IPA. Ketika lintas jurusan dianggap memperbesar peluang anak IPA lolos SBMPTN, anak IPS merasa lintas jurusan memperkecil peluangnya diterima di PTN.

Sobat Pintar berada dikelas IPS? Ingin lintas jurusan dan menunjukkan bahwa peluangmu sama besarnya dengan anak IPA? Psstt... coba gunakan jalur SNMPTN. Iya, beberapa jurusan Saintek ini terbuka pula bagi Sobat yang sekarang tengah belajar dikelas IPS.

 

1. Matematika

Siapa bilang Matematika hanya untuk anak IPA? Sobat yang dari kelas IPS juga boleh kuliah dijurusan ini.

Sayangnya, tak semua perguruan tinggi menerapkan kebijakan ini. Kalau Sobat Pintar ingin lintas jurusan dari IPS melalui jalur SNMPTN, dua PTN yang bisa dituju antara lain Universitas Diponegoro dan Universitas Airlangga. Daya tampung Undip yaitu 28 kursi, sedangkan Unair sebesar 30 kursi. Go and make your chance, Sobat!

 

2. Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan ini memang berada dalam rumpun Saintek, tapi anak IPS juga boleh memilih Perencanaan Wilayah dan Kota saat mengikuti SNMPTN. Universitas Diponegoro, misalnya, menyediakan 32 kursi mahasiswa baru bagi siswa IPA dan IPS. Jika Sobat memiliki minat besar pada tata kota, PWK Undip amat sangat patut diperjuangkan, bukan?

 

3. Ilmu Aktuaria

Jurusan yang sedang naik daun ini memang menjadi bagian dari rumpun Saintek. Does it make you envious that only those from Science class who have the privilege to study Actuarial Science?

Universitas Gadjah Mada dapat mewujudkan impianmu kuliah Ilmu Aktuaria – apapun kelasmu saat ini. Jadi kalau Sobat berada dikelas IPS, gunakan jalur SNMPTN untuk memperjuangkan cita-citamu. Perlu dicatat, daya tampung mahasiswa baru melalui jalur ini hanya 10 orang. So, go and fight hard for it, Sobat!

 

4. Kartografi dan Penginderaan Jauh

Anak IPS tak asing lagi dengan Geografi, bukan? Nah, di Universitas Gadjah Mada Sobat Pintar dapat mendalami Kartografi dan Penginderaan Jauh walaupun jurusan ini memang tergolong dalam rumpun Saintek. Bagaimana caranya? Iya, melalui jalur SNMPTN. UGM menyediakan 19 kursi bagi mahasiswa baru jurusan ini melalui SNMPTN.

 

5. Pembangunan Wilayah

Ada 16 kursi yang tersedia bagi mahasiswa baru Jurusan Pembangunan Wilayah melalui jalur SNMPTN di Universitas Gadjah Mada. Sama seperti PWK, Pembangunan Wilayah masih terkait dengan geografi. Jadi, Sobat Pintar dari kelas IPS pasti sudah familiar dengan sebagian materi perkuliahan jurusan Saintek ini.

 

6. Statistika

Bukankah Statistika jurusan Saintek? Yes, you're right. Tapi Statistika UGM dan Unair menerima mahasiswa baru dari kelas IPA dan IPS. Sungguh amat sangat disayangkan bila melewatkan kesempatan ini, Sobat! Masing-masing PTN ini menyediakan 15 kursi mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Segera persiapkan SNMPTN-mu, ya!

 

7.  Biologi

Masih meyakini Jurusan Biologi adalah hak spesial anak IPA? Ternyata Biologi Unair menerima mahasiswa baru dari kelas IPS juga, Sobat! Bahkan, anak Bahasa juga dapat memilih Biologi Unair saat mengikuti SNMPTN. Dengan daya tampung 30 mahasiswa baru pada jalur SNMPTN, kesempatan ini sungguh terlalu berharga untuk dilewatkan, bukan?

 

8. Budidaya Perairan

Rasa-rasanya sulit dipercaya bila Budidaya Perairan Unair tak hanya menerima mahasiswa baru dari kelas IPA. Sama seperti Biologi, jurusan ini juga menerima anak IPS dan Bahasa untuk mengikuti SNMPTN. Daya tampungnya pun luar biasa: 54 kursi!

 

9. Fisika

Adakah anak IPS yang diam-diam menyukai Fisika? Ingin kuliah Fisika? Boleh coba peruntunganmu melalui jalur SNMPTN di Universitas Airlangga. Again, jurusan ini pun terbuka bagi anak Bahasa. Dicoba saja dulu, Sobat. Daya tampungnya mencapai 30 kursi, lho! Bukan angka yang kecil untuk SNMPTN.

 

10. Ilmu dan Teknologi Lingkungan

Ingin memiliki gelar Sarjana Teknik meskipun saat ini belajar dikelas IPS? Coba ikuti SNMPTN, kemudian pilih Jurusan Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unair. Bahkan, Sobat dari kelas Bahasa juga bisa mengikuti seleksi. Ayo, semangat berebut 24 kursi dengan anak IPA!

 

Sepuluh jurusan diatas membuktikan bahwa lintas jurusan dari IPS ke IPA itu masih mungkin terjadi. Tentu masih banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan diperjuangkan untuk memperbesar peluangmu lolos seleksi. Tapi bukan tidak mungkin, ya!

Jadi, jangan patah semangat Sobat Pintar yang sedang belajar dikelas IPS. You're as good as those at Science class!

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp