APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Macam-Macam Jalur Seleksi di UI

Pilih jalur seleksi masuk UI yang paling pas buatmu.

Photo by Eutah Mizushima on Unsplash

Jalur penerimaan mahasiswa baru UI (Universitas Indonesia) enggak cuma SNBP atau SNBT, Sobat Pintar. Betul, ada pula Jalur Mandiri yang bisa ditempuh kalau kamu mau menjadi mahasiswa UI. Eitts, masih ada lagi jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UI yang lain, loh!

Apa aja tuh, jalur masuk UI? Ini dia macam-macam jalur seleksi di UI yang bisa kamu ikuti di 2023.

Macam-macam jalur seleksi di UI
Photo by Kyle Gregory Devaras on Unsplash

1. SNBP

Udah tau dong, jalur PMB Universitas Indonesia yang satu ini? SNBP adalah kependekan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia, UI juga membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini. Sesuai ketentuan SNPMB, jalur masuk UI 2023 ini menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik dan/atau nonakademik.

Kalian yang bertanya-tanya, apakah masuk UI bisa lewat jalur prestasi? Nah, ini dia jawabannya Sobat, SNBP. Namun untuk mengikuti jalur prestasi ini, kamu harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh SNPMB dan UI. Salah satu syarat peserta yang paling jelas di jalur masuk UI 2023 ini adalah pelajar SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2023.

Jadwal SNBP UI sama seperti jadwal yang telah ditetapkan oleh SNPMB. Pendaftarannya 14 sampai 28 Februari 2023 dan pengumumannya 28 Maret 2023. Siapa nih, Sobat Pintar yang ikutan jalur masuk UI ini?

jalur penerimaan mahasiswa baru UI
Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

2. SNBT

Ini dia, jalur masuk Universitas Indonesia yang diikuti oleh banyak pelajar dari tahun ke tahun. SNBT adalah kependekan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Tes yang dimaksud adalah UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Sama juga seperti SNBP, SNBT UI mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh SNPMB.

Enggak kayak SNBP yang eksklusif cuma buat anak kelas 12, SNBT dapat diikuti oleh pelajar lulusan tahun 2023, peserta Paket C tahun 2023 dengan usia maksimal 25 tahun, alumni lulusan sekolah tahun 2021 dan 2022, serta alumni Paket C tahun 2021 dan 2022 dengan usia maksimal 25 tahun. Khusus buat alumni, kalian bisa mengikuti jalur masuk UI 2023 ini bila tidak lulus di SNBP maupun SNBT 2021 dan 2022. Pendaftaran SBNT UI sama seperti jadwal SNBT dari SNPMB, yakni 23 Maret sampai 14 April 2023.

Namanya saja jalur tes. Kalau memilih jalur masuk UI yang satu ini, kamu harus mengikuti tesnya, Sobat. UTBK dijadwalkan berlangsung dua gelombang. Gelombang pertama 8 sampai 14 Mei 2023 dan gelombang kedua 22 sampai 28 Mei 2023. Pengumuman SNBT dijadwalkan pada 20 Juni 2023.

jalur PMB Universitas Indonesia
Photo by Hung Nguyen on Unsplash

3. PPKB

Kamu tau jalur PPKB UI itu apa? PPKB adalah kependekan dari Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar. Jalur penerimaan mahasiswa baru UI ini menggunakan nilai rapor dalam proses seleksinya. Jalur PMB Universitas Indonesia ini ditujukan untuk calon mahasiswa Program Vokasi dan Sarjana. Sebelum memutuskan untuk mengikuti jalur masuk Universitas Indonesia ini, pastikan dahulu bahwa sekolahmu sudah mengajukan permohonan untuk mengikuti PPKB ke UI.

Mungkin kamu bertanya-tanya, jalur masuk UI yang satu ini kok mirip kayak SNBP ya? Memang betul, Sobat. Seleksi PPKB berdasarkan prestasi akademik juga, tetapi seluruh proses seleksi dikelola sepenuhnya secara mandiri oleh UI.

PPKB 2023 dijadwalkan akan berlangsung Mei hingga Juni 2023. Pengumuman jalur PMB Universitas Indonesia yang satu ini dijadwalkan Juli 2023.

jalur seleksi masuk UI
Photo by Min An on Pexels

4. SIMAK UI

Ini nih, Jalur Mandiri UI, Sobat Pintar. SIMAK adalah kependekan dari Seleksi Masuk. Jalur masuk Universitas Indonesia ini menggunakan ujian yang secara terpadu menyeleksi calon mahasiswa berbagai program. Sobat Pintar bisa mengikuti Jalur Seleksi Masuk UI ini untuk kuliah di Program Vokasi dan Sarjana.

Tau ga, Sobat. Jalur Mandiri UI adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan peserta yang sama banyaknya dengan SNBT – bahkan terkadang lebih banyak daripada SNBT. Kalau kamu berencana mengikuti SIMAK UI 2023, persiapkan diri sebaik-baiknya karena keketatan masuknya kurang lebih sama dengan SNBT.

Jalur Mandiri UI 2023 menguji Kemampuan Dasar (KD) dan Kemampuan IPA (KA) untuk pilihan prodi IPA. Sedangkan untuk pilihan prodi IPS, materi yang diujikan adalah Kemampuan Dasar (KD) dan Kemampuan IPS (KS). KD terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. KA terdiri dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. KS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi.

Siapa saja yang boleh mengikuti Jalur Seleksi Masuk UI? Seluruh pelajar lulusan SMA/sederajat bisa mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru UI ini. Kalian juga boleh mendaftar SIMAK UI dan SNBT sekaligus.

Jadwal pendaftaran SIMAK UI 2023 adalah di bulan Juni sampai Juli 2023. Ujian dan pengumumannya dijadwalkan akan berlangsung Juli 2023.

Jalur PPKB UI itu apa
Photo by Christina Morillo on Pexels

5. Talent Scouting

Selain melalui SNBP, bisakah masuk UI tanpa tes? Bisa dong, Sobat Pintar. Masih ada Talent Scouting, nih.

Jalur PMB Universitas Indonesia ini adalah jalur prestasi akdemik. Sama seperti Jalur PPKB, sekolahmu harus mengajukan permohonan terlebih dahulu agar kamu bisa mengikuti Talent Scouting untuk masuk UI. Dari 10.159 kursi untuk PMB UI 2023, sejumlah 2.225-nya adalah Talent Scouting.

Untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru UI ini, sekali lagi, kamu memerlukan formulir yang didapatkan melalui sekolah dan nilai rapor yang bagus. Persyaratan lainnya adalah skor minimal TOEFL 550/iBT 70/IELTS 6 untuk FK dan FKG, TOEFL 530/iBT 70/IELTS 6 untuk FH, serta TOEFL 500/iBT 61/IELTS 5.5 untuk prodi-prodi di fakultas lain.

Jadwal pendaftaran jalur masuk UI ini mulai 17 Februari sampai 17 Maret 2023. Pengumuman dijadwalkan pada 31 Maret 2023.

Bisakah masuk UI tanpa tes
Photo by Mimi Thian on Unsplash

6. SIMAK KKI

Jalur Seleksi Masuk UI untuk Kelas Khusus Internasional (KKI) menyediakan pilihan program kuliah gelar ganda dan gelar tunggal. Materi ujian Jalur Mandiri UI ini terdiri dari Natural Sciences dan Social Sciences, sesuai prodi yang dipilih.

Pendaftaran Jalur Mandiri UI 2023 untuk KKI adalah Mei sampai Juni 2023. Ujian akan diselenggarakan pada bulan Juni 2023 dan pengumuman dijadwalkan Juli 2023.

Ada beragam jalur masuk UI 2023, masing-masing menyeleksi mabanya melalui prestasi atau tes. Nah, dari macam-macam jalur seleksi di UI yang telah disebutkan di atas, manakah yang bakal kamu pilih, Sobat?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog