PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.latrobe.edu.au

Mahasiswa, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Tips Mahasiswa

Finally! Jadi mahasiswa, hidup bebas jauh dari pantauan orang tua. Mau ngapain juga, nggak ada yang ngatur-ngatur lagi! Eitts, bener, nih? Setidaknya, perhatikan hal-hal ini – yang sebaiknya nggak kamu lakukan sampai kuliahmu selesai.

 

1. Menuruti Rasa Malas

Iya, paham. Kamu udah bertahun-tahun wajib bangun pagi, duduk di kelas berjam-jam dari pagi sampai sore, and repeat. Trus sekarang, masih harus melakukannya lagi? Boleh dong, sesekali bolos kuliah.

Tapi sekalinya nuruti rasa malas itu, kamu bisa ketagihan, lho. Bolos bisa dilakukan berkali-kali. Tugas bisa nggak dikerjakan. Memang nggak ada teguran atau hukuman langsung seperti saat kamu masih di sekolah, tapi diakhir semester tahu-tahu kamu nggak lulus matakuliahnya. Akibatnya? Ya kamu sendiri yang harus ngulang dan lulus kuliah lebih lama.

 

2. Tak Punya Rasa Tanggung Jawab

Kamu pikir hidup bebas itu sepenuhnya bebas? Well, you're wrong. Jangan cuma dilihat bebasnya hidupmu yang tanpa rutinitas mengikat, tapi perhatikan juga tanggung jawab yang menyertai kebebasan itu.

Nggak ada yang mengharuskanmu ngambil 22 SKS pada semester ini – semua keputusan itu ada ditanganmu. Tapi kalau kamu nggak cermat mengatur jumlah SKS-mu sendiri, pasti kuliahmu bakal kacau balau. Dan yang menanggungnya? Yup! Kamu sendiri.

 

 

3. Tak Membatasi Lingkaran Pertemanan

Masih tentang hidup bebas dan menikmati masa-masa dewasa awal, wajar saja bila kamu masih butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Nongkrong berapa lamapun nggak ada yang negur. Bergaul sama siapapun nggak ada yang ngelarang.

Tapi bagaimanapun juga, kita akan dipengaruhi oleh orang-orang disekitar kita. Jadi, tergantung kamunya juga, sih. Bayangin aja dalam lima atau sepuluh tahun kedepan kamu ingin jadi sosok yang seperti apa. Dan orang-orang yang sekarang berada dalam lingkaran pertemananmu akan menentukan apakah bayanganmu akan jadi nyata atau tidak.

 

4. Abai pada Kesehatan

Fisik yang kuat dan jauh dari keluarga adalah dua kondisi yang dapat membuatmu mengabaikan kesehatan dengan sangat mudah. Kelupaan sarapan atau makan siang? Nggak masalah. Sering makan junk food atau mie instan? Nggak masalah juga.

Tapi mau sampai berapa lama? Cepat atau lambat, kalau kamu nggak sayang sama badan sendiri, efek sampingnya juga akan kelihatan.

 

Adakah salah satu hal diatas yang kamu lakukan? Jangan keterusan, ya. Meskipun dampaknya nggak langsung terasa, tapi kamu sendiri yang nanti akan menanggungnya.

Lebih masukan Blog

4 Kebiasaan Pelajar Ini Saatnya Diubah

Emang nggak enak sih, kalau orang ngasih tau kita punya kebiasaan buruk. Tapi terkadang ada...

Kuliah di Inggris, Seperti Apa Sih?

Setiap tahunnya, ada ratusan ribu mahasiswa internasional yang kuliah di Inggris Raya....

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru