redesain-navbar Portlet

null

Blog

Mandiri IPB (Institut Pertanian Bogor) 2020/2021: dari A sampai Z

Mengikuti Seleksi Mandiri IPB memerlukan persiapan yang cermat.

Mandiri IPB, image credit Van Tay Media

Setelah UTBK-SBMPTN selesai, Seleksi Mandiri IPB menjadi 'sasaran tembak' berikutnya bagi banyak calon mahasiswa baru. Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Adakah Sobat yang menunggu-nunggu informasi seputar Mandiri IPB 2020/2021? Well, if you've been doing so, let's just read on!

 

Mandiri IPB 2020/2021, Apa Saja Pilihan Fakultas dan Jurusannya?

First thing first, sudahkah Sobat tahu apa saja fakultas dan jurusan di Institut Pertanian Bogor? In brief, kampus ini menaungi Fakultas Pertanian, Kedokteran Hewan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Peternakan, Kehutanan, Teknologi Pertanian, MIPA, Ekonomi dan Manajemen, Ekologi Manusia, dan Sekolah Bisnis.

Jurusan-jurusannya pun beragam. Yang perlu diperhatikan adalah daya tampung setiap jurusan untuk kuota SBMPTN dan Jalur Mandiri IPB berbeda. Misalnya pada Jurusan Bisnis IPB, daya tampung mahasiswa baru pada jalur SBMPTN sebanyak 58 kursi sedangkan pada Jalur Mandiri sebanyak 41 kursi.

 

Mandiri IPB 2020/2021, Bagaimana Seleksinya?

Jika dilihat dari kuota Jurusan Bisnis di atas, apakah berarti kuota Jalur Mandiri IPB lebih sedikit dibanding SBMPTN-nya? Masing-masing kampus memiliki kewenangannya sendiri untuk menentukan kuota mahasiswa barunya selama tak melebihi ambang batas yang telah ditentukan.

Dan tampaknya Seleksi Mandiri IPB secara umum menerima jumlah mahasiswa baru yang lebih sedikit daripada jalur SBMPTN. Apakah ini berarti peluangmu lolos Jalur Mandiri IPB juga menjadi lebih kecil, Sobat? Nope! Belum tentu. Jika Jalur Mandiri IPB sudah menjadi pilihanmu, persiapkan dan perjuangkan saja dengan sebaik-baiknya, ya!

Sedianya, Seleksi Mandiri IPB terdiri dari dua metode yaitu dengan menggunakan skor UTBK dan melalui UTMBK (Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer) online. Namun karena jadwal UTBK dan SBMPTN diundur lantaran pandemi, Seleksi Mandiri IPB dilakukan melalui UTMBK saja dengan biaya pendaftaran Mandiri IPB yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp500.000,00.

 

Mandiri IPB 2020/2021, Kapan Dijadwalkan?

Pendaftaran Mandiri IPB dijadwalkan berlangsung sejak 20 Juni 2020 sampai 27 Juli 2020. Dalam durasi ini, kita membuat akun, melakukan pembayaran, dan mengisi biodata. Seluruhnya dilakukan secara online.

Pengumuman penerimaan Jalur Mandiri IPB dengan menggunakan skor UTBK dijadwalkan akan berlangsung pada 4 Agustus 2020. Sementara itu, online test UTMBK IPB dijadwalkan pada 2 Agustus 2020 dengan pengumuman hasilnya pada 13 Agustus 2020.

However, considering our situation today, keep in mind that the schedule may change anytime. So, keep yourself updated, Sobat!

 

Mandiri IPB 2020/2021, Apa Saja Materi yang Diujikan?

Jika Sobat Pintar memilih Ujian Mandiri IPB dengan UTMBK, apa saja yang perlu dipersiapkan? Untuk Sobat ketahui, materi yang akan diujikan pada program S1 adalah Tes Kemampuan Skolastik. Perbanyak latihan soal-soal HOTS karena orientasi soalnya lebih mengarah pada jenis soal tersebut.

Ujian Mandiri IPB dengan UTMBK akan berlangsung selama 60 menit untuk 20 soal. Sistem penilaian pada soal pilihan ganda adalah pengurangan skor 25% pada jawaban salah dan 0% pada jawaban kosong. Untuk jenis soal lainnya, tak ada pengurangan skor (atau 0%) pada jawaban salah dan kosong.

 

Mandiri IPB 2020/2021, Berapa UKT-nya?

Bukan rahasia lagi bila biaya kuliah Jalur Mandiri rata-rata lebih tinggi daripada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Bagaimana dengan UKT Jalur Mandiri IPB?

Semua sama, Sobat! Iya, UKT SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri IPB pada program S1 (kecuali Kelas Internasional) seluruhnya sama, mengacu pada SK Rektor tahun 2019.

Meskipun begitu, biaya kuliah pada Jalur Mandiri sama pentingnya dengan persiapan mengikuti seleksinya. Bukan hanya biaya masuk IPB Jalur Mandiri, namun juga pada Jalur Mandiri kampus-kampus negeri yang lain.

 

Nah, sudah mantab mengikuti Seleksi Mandiri IPB, Sobat? Selain reputasinya di bidang akademis, Institut Pertanian Bogor memiliki daya tarik unik yang tak dimiliki oleh kampus-kampus negeri yang lain. Jadi jangan heran bila persainganmu masuk IPB akan tetap ketat di Jalur Mandirinya, sama ketatnya juga pada jalur SNMPTN dan SBMPTN-nya.

Tapi tetap semangat memperjuangkan IPB-mu ya, Sobat! As Aristotle put it, the roots of education are bitter but the fruit is sweet.

60

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp