redesain-navbar Portlet

null

Blog

Masih Tak Yakin dengan Minat? Pertimbangkan Jurusan-Jurusan Kuliah Terbaik Ini

Memperbanyak referensi jurusan kuliah dapat membantu menentukan pilihan terbaik.

Jurusan-Jurusan Kuliah Terbaik, image via www.nottingham.ac.uk

Bagi mereka yang menyadari bakatnya, atau memang memiliki kemampuan, memilih jurusan kuliah mungkin lebih mudah. They know what they want. Bila tak ada aral melintang, misalnya orang tua juga mendukung sepenuhnya, sepertinya mereka bisa menghadapi pendidikan tinggi dengan lebih mantap.

Tapi bagaimana dengan sebagian lagi yang masih gamang? Barangkali kita ingin kuliah dijurusan X, tapi orang tua lebih suka kita memilih jurusan Y. Atau barangkali, kita bahkan tak tahu pasti apa sebenarnya bakat dan minat diri sendiri. Belum lagi kalau kemampuan juga hanya pas-pasan. Kalau ditanya, "Ingin kuliah apa?" bingung menjawabnya!

Bila begitu, kenapa tak mencari referensi sebanyak-banyaknya? Siapa tahu, ada jurusan kuliah yang pada akhirnya cukup menarik bagi kita. Beberapa jurusan kuliah dibawah ini, misalnya, adalah rekomendasi jurusan terbaik di Indonesia menurut QS World University Rangkings.

 

1. Agriculture and Forestry

Bisa ditebak, IPB menjadi pilihan terbaik untuk belajar pertanian. Prodi pertanian di Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB antara lain Teknik Pertanian serta Biosistem dan Teknologi Industri Pertanian. Sedangkan prodi kehutanan di Fakultas Kehutanan IPB (Fahutan) antara lain Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, serta Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata.

 

2. Performing Arts

Dibidang seni, khususnya seni pertunjukan, ISI Yogyakarta patut dipertimbangkan, Sobat. Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta pada mulanya adalah Akademi Musik Indonesia (AMI) dan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI). Jurusan-jurusan seni pertunjukan difakultas ini yaitu Tari, Karawitan, Musik, Penciptaan Musik, Penyajian Musik, Teater, Etnomusikologi, Pedalangan, dan Pendidikan Seni Pertunjukan.

 

3. Art and Design

Kembali ke kawasan Jawa Barat, ITB sebagai kampus teknik ternyata memiliki jurusan-jurusan seni dan desain yang terbaik di Indonesia. Berangkat dari sebuah jurusan, Fakultas Seni Rupa dan Desain saat ini mencakup Prodi Seni Rupa, Kriya, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Desain Produk.

 

4. Accounting and Finance

When it comes to accounting and finance, University of Indonesia is the best option. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI saat ini terdiri dari lima prodi, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam, dan Bisnis Islam. Ingin memastikan apakah salah satu prodi ini memang sesuai untukmu, Sobat? Coba dulu Tes Penjurusan di Minat Pintar.

 

5. Languages

Bukan hanya akuntansi dan keuangan, jurusan-jurusan bahasa UI juga memiliki reputasi yang tak kalah cemerlang. Prodi bahasa UI antara lain Sastra Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Belanda, Sastra Jawa, Sastra Arab, Sastra Cina, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Rusia, dan Sastra Perancis. Berbagai jurusan bahasa ini berada pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

 

6. Business and Management

Bila akuntansi dan keungan menjadi kekuatan UI, menurut QS World University Rangkings, maka bisnis dan manajemen menjadi keunggulan UGM. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM saat ini memiliki tiga jurusan atau program studi, yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi.

 

7. Chemical Engineering

Teknik Kimia, khususnya ITB, layak dipertimbangkan untuk menjadi jurusan masa depanmu, Sobat. Teknik Kimia ITB sendiri terdiri dari jalur studi Teknologi Kimia Umum, Teknologi Pangan, dan Bioproses. Ingin tahu lebih banyak tentang Teknik Kimia? Temukan informasi lebih banyak yang Sobat butuhkan di Kampus Pintar, ya!

 

8. Computer Science and Information System

Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Setidaknya dua jurusan ini berpeluang besar mengantarkan kesuksesanmu pada masa teknologi seperti sekarang ini. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB sendiri diketahui menaungi Prodi Informatika serta Sistem dan Teknologi Informasi.

 

Selain kedua jurusan tersebut, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB bisa menjadi pilihan terbaik untuk belajar Teknik Elektro dan Teknik Tenaga Listrik. Sementara pada Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Prodi Teknik Mesin ITB juga merupakan salah satu jurusan Saintek yang patut dipertimbangkan.

Then, perhaps you're a genius but with no particular interest whatsoever. Bila demikian, kenapa tak mencoba seleksi masuk Kedokteran UI, Sobat?

360

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp