CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengapa Self Reward itu penting?

5 alasan bahwa self reward itu penting!

Photo by freestocks on Unsplash

Dimasa pandemik ini banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan mental, dan banyak orang yang menyebut kata self reward untuk keluar dari salah satu isu kesehatan mental yang dimiliki dengan cara melakukan self reward.

Sobat pintar pasti banyak yang bertanya kan tetang apasih self reward itu dan apa pentingnya melakukan self reward?

Nah sobat pintar…Self reward adalah sebuah tindakan berupa memberi penghargaan kepada diri sendiri. Penghargaan tersebut dilakukan untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan karena telah melakukan sebuah tindakan baik atau mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. Contoh paling sederhana adalah saat kamu berhasil menyelesaikan tugas dan ketika berhasil mencapai sesuatu jangan lupa memberikan selamat untuk diri sendiri.

Mungkin dari sobat pintar tidak sedikit yang mengabaikan self reward. Padahal, self reward termasuk hal yang cukup penting untuk menghargai diri sendiri yang telah berjuang keras dalam menjalankan proses yang telah dilewati. Jadi menurut sobat pintar, Pentingkah Self Reward bagi Diri Sendiri?

Nah sobat…self reward sebenarnya akan memberikan dampak besar bagi diri sendiri, pastinya dampak positif. Maka dari itu self reward adalah suatu bentuk menghargai diri sendiri, dan ketika sudah melakukannya secara tak sadar pun diri kita akan merasakan kebahagiaan. Oleh karena itu, sobat pintar perlu banget nih memahami pentingnya melakukan self reward yaitu :

 

1. Sebagai bentuk Penghargaan dan Apresiasi atas semua kerja kerasmu selama ini


Photo by Maddle on Unsplash

Self reward bukan suatu hal yang berlebihan kok sobat. Justru memberikan reward itu adalah bentuk apresiasi atas semua kerja kerasmu. Tak dapat dipungkiri, kita sebagai manusia mungkin seringkali memberikan penghargaan pada orang lain di sekitar, seperti memberikan hadiah berupa barang, dan sebagainya. Akan tetapi, kita kerap lupa bahwa diri ini juga butuh untuk mendapatkan penghargaan, tentunya penghargaan dari diri sendiri. Selain itu, dengan mengapresiasikan diri dalam bentuk self reward, diri ini tentunya akan merasakan senang dan bahagia, serta lebih bersemangat lagi dalam menjalani proses menuju target di kemudian hari. Bentuk self reward bisa berupa liburan, belanja di online shop atau mall, nongkrong sama temen-temen di coffe shop, pergi ke konser musik atau makan enak di restoran. Pokoknya lakukan apa pun yang bikin sobat pintar bahagia.

 

2. Memberikan self reward sebagai bentuk mencintai hidup dan diri sendiri


Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Dengan memberikan self reward, kamu telah memulai langkah kecil untuk selalu mencintai hidup dan diri sendiri karena Tak ada orang lain yang mampu menghargai, menyayangi, mencintai diri kita, selain diri sendiri. Self reward akan memacu dirimu untuk terus memberikan yang terbaik. Karena sobat pintar sudah berusaha keras, oleh karena itu berikan reward pada diri sendiri dengan penghargaan yang bermakna.

 

3. Nikmati hasil kerja kerasmu untuk bersenang-senang


Photo by Helena Lopes on Unsplash

Luangkan waktu untuk menikmati quality time untuk diri sendiri. Sobat pintar bebas menggunakan waktu tersebut untuk bersenang-senang. Ambil waktu libur dan siapkan rencana liburan. Pergi ke tempat impian yang sudah sobat idamkan. Sobat pintar berhak menikmati hasil kerja keras untuk menyenangkan diri sendiri. Tapi tenang saja, memberikan self reward tidak selalu harus traveling loh sobat. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti movie marathon film drakor, serial Netflix, atau tidur seharian di rumah tanpa ada yang mengganggu. Asalkan sobat pintar merasa senang, maka lakukan saja.

 

4. Sebagai motivasi supaya kamu jadi lebih baik lagi


Photo by Tegan Mierle on Unsplash

Dalam berproses untuk menuju mencapai suatu tujuan atau target yang sudah kita buat pun tak selamanya berjalan mulus bak jalan tol, bahkan terkadang di jalan tol pun bisa saja terjadi kemacetan atau terjadi kecelakaan ya sobat hehe….Begitu pula dalam meraih kesuksesan, pastinya akan ada hambatan yang perlu sobat hadapi, baik itu berasal dari luar ataupun dalam diri. Ketika sobat pintar dihadapkan dengan hambatan tersebut terkadang diri ini merasa lelah dan kehilangan semangat. Apalagi kalau kita mengalami kegagalan sobat, pasti ada rasa ingin menyerah meningkat banget. Oleh karena itu, untuk menghindari itu semua, sesekali lakukanlah self reward sobat agar mendapatkan dorongan atau motivasi untuk semakin bersemangat dalam berubah dan memberikan yang terbaik. Misalnya terdorong untuk tidak gagal dan lebih percaya diri dalam menghadapi rintangan ke depannya. Kemudian, ketika sobat pintar bisa melewati segala rintangan dalam berproses dan berhasil dengan target yang ditentukan, lakukanlah self reward lagi. Lah kok gitu? karena itu sebagai cara memberikan penghargaan terhadap diri sobat pintar yang mampu untuk bangkit dan telah memberikan yang terbaik. Dengan begitu, sobat pintar akan jadi semakin yakin serta termotivasi untuk lebih berusaha sebaik dan sekeras mungkin, serta timbul juga tuh rasa kompetitif sobat pintar yang lebih membara.

 

5. Self reward sangat ampuh untuk melepaskan penat dan stres


Photo by KAL VISUALS on Unsplash

 

Self reward adalah obat paling ampuh untuk melepaskan penat dan stress lho sobat pintar karena jadi semangat lagi setelah memanjakan diri. Setelahnya, sobat pintar juga lebih siap memulai aktivitas dengan pikiran yang lebih segar. Lalu, sobat pun bisa menularkan energi positif ke semua orang. Segalanya akan terasa lebih mudah ketika sobat pintar bisa menghargai diri sendiri.

Jadi kesimpulannya nih sobat, self reward itu penting karena sebagai salah satu bentuk apresiasi dan bentuk memanjakan diri atas kerja keras dan proses yang telah kita lakukan. Namun, perlu diingat bahwasannya untuk melakukan self reward tidak perlu memaksakan diri, bahkan sampai menghabiskan banyak pengeluaran ya sobat…..

Cukup lakukan self reward dengan cara atau hal sederhana, tetapi berkesan. Sesuaikan saja dengan kemampuan kita karena pada dasarnya kebahagiaan itu tidak selalu diukur dengan materi. Kalau merasa kesulitan menerapkan self reward atau masih bingung memulainya dari mana, Sobat Pintar bisa mencoba konseling melalui aplikasi Aku Pintar. Siapa tahu nih, ternyata ngobrol santai dengan konselor Aku Pintar bisa menjadi self reward yang Sobat Pintar cari selama ini.

 

Penulis: Yusandi Rezki Fadhli

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog