PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Menulis Esai, photo via thecostaricanews.com

Menulis Esai: Penting, dan Bukan Mustahil

Keterampilan menulis esai cukup penting dikuasai oleh setiap pelajar.

Did you know, Sobat? It's very common for a university in developed countries to ask for an essay during an admission process. Dengan kata lain, setiap calon mahasiswa wajib mampu menulis esai. Esai merupakan salah satu penentu diterima atau tidaknya seseorang pada perguruan tinggi yang diinginkannya.

 

Menulis Dapat Dipelajari Secara Mandiri

Pernah mendengar bahwa mereka yang mengajukan beasiswa ke luar negeri harus menulis esai? Well, it's not about the scholarship application. It's the university, instead.

Bagi pelajar dan calon mahasiswa di negara-negara maju, menulis esai bukan lagi hal baru. Their system of education has shaped them to read since very early at school, and so they're articulate in writing in their later stage of education. Jadi, bagi mereka, menulis esai saat hendak masuk perguruan tinggi bukanlah persoalan yang teramat sangat besar.

Bagaimana dengan kita? Again, we can't stress enough the importance of autonomous learning. Sikap mandiri dalam belajar dapat membuat Sobat Pintar mendobrak batasan-batasan sekolah. Bila menulis esai belum diajarkan dikelas, tak perlu menunggu. Why don't you learn it yourself?

 

Struktur Esai dan Penulisan Akademis

How should you start learning writing an essay? Back to basic, you can't write without reading. Jadi, perbanyaklah membaca jurnal ilmiah, laporan hasil penelitian, atau tulisan-tulisan akademis yang lain. Jangan terpaku pada rasa bosannya ya, Sobat.

Justru pada jurnal dan tulisan akademis, Sobat Pintar dapat mempelajari pola penulisannya. Biasanya dimulai dengan rumusan masalah atau persoalan yang menarik minat penulis, kemudian diikuti dengan runtutan penjelasan atau argumentasinya.

Tak semua esai selalu sama, bahkan tulisan akademis sekalipun. Setiap orang memiliki gaya penulisannya masing-masing, tapi sebaiknya jangan mengabaikan keruntutan penjabaran ide-ide yang Sobat ingin sampaikan. Semakin runtut aliran ide yang Sobat sampaikan, semakin mudah pula bagi pembaca esai untuk memahaminya.

 

Esai untuk Seleksi Masuk PTN

Pada seleksi masuk PTN, pihak pembaca esai adalah tim penyeleksi. There are normally thousands of essays to read. Bayangkan saja Sobat berada diposisi mereka. Bila seperempat bagian awal esai saja sudah sulit dipahami, apakah Sobat akan meneruskan membaca?

Selain kejelasan isi esai, yaitu dengan penjabaran ide yang runtut, format penulisan juga perlu diperhatikan. Penulisan paragraf, huruf kapital, kata baku, ejaan, spasi antar kata, kohesi, koherensi, dan berbagai hal yang mungkin selama ini kita abaikan pada pelajaran Bahasa Indonesia akan sangat relevan pada penulisan esai.

Sobat Pintar ingin berkonsultasi pada guru Bahasa Indonesia? It's a great idea! Membeli buku tentang penulisan esai atau sekedar mencari panduan secara online juga boleh. Tapi yang terpenting kemudian adalah berlatih menulis esai itu sendiri.

Berlatihlah untuk membuat tulisan yang padat, berisi, tanpa terlalu panjang. Jangan sampai, esai yang diajukan saat seleksi masuk PTN adalah esai perdana yang Sobat tulis.

 

Penulisan Esai dan Seleksi Mandiri

Sejauh ini, baru Seleksi Mandiri di UI, ITB, dan Unair yang menerapkan penulisan esai. Bila Sobat Pintar berencana mengikuti Seleksi Mandiri pada ketiga PTN tersebut, ada baiknya berlatih menulis esai sesegera mungkin.

Esai pada Seleksi Mandiri biasanya sangat terikat dengan tema yang ditentukan oleh pihak universitas. Di Unair, misalnya, tema esai yang pernah muncul adalah tentang wawasan kebangsaan. Bila demikian, isi esai yang ditulis pun jangan sampai melenceng kemana-mana, Sobat.

Lantas, apa saja tema yang bisa diminta untuk dituliskan pada esai Seleksi Mandiri? Bisa jadi, Sobat Pintar nanti akan diminta menuliskan tentang diri sendiri, pencapaian terbaik, hal yang membanggakan tentang Sobat, hal terpenting menurut Sobat, kelebihan dan kekurangan Sobat serta bagaimana mengatasi kekurangan tersebut.

Bisa pula, Sobat diminta memandang jauh 10 tahun kedepan – bagaimana keadaan Sobat Pintar pada saat itu nanti, menimbang keadaan sekarang, pendidikan yang ditempuh, prinsip yang dianut, dan sebagainya. Esai Seleksi Mandiri juga bisa berisi tentang harapan yang ingin dicapai dengan pendidikan Sobat ditingkat perguruan tinggi.

Yang terbilang sering adalah tema tentang mengapa Sobat memilih perguruan tinggi dan jurusan tersebut. Hampir mirip, bisa jadi Sobat Pintar diminta menuliskan argumen kenapa Sobatlah orang yang tepat untuk kuliah di perguruan tinggi dan jurusan tersebut.

Ingin berlatih menulis esai? Bagaimana kalau dimulai dengan: bagaimana caramu untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik?

Lebih masukan Blog

Kenapa Harus Universitas Indonesia? Ini Alasannya

Universitas Indonesia is one of favored universities for 1001 reasons . Each one of us has...

Ceritakan tentang Dirimu – Bagaimana Menjawabnya?

Ada yang bercita-cita mengikuti Seleksi Mandiri, Sobat? Tentunya tidak, ya. Pasalnya,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru