redesain-navbar Portlet

Blog

Minum Air Panas atau Dingin Ini Manfaatnya, image via www.popsugar.com.au

Minum Air Hangat atau Dingin? Ini 4 Manfaatnya

Minuman hangat dan dingin masing-masing memiliki dampak yang berbeda.

Dalam beberapa hari belakangan ini kita mengalami cuaca panas yang cukup terik disiang hari. Merasa haus, Sobat? Dalam keadaan panas dan haus, Sobat memilih minum air hangat atau dingin? Biasanya kita memilih air dingin, tapi ternyata baik air dingin maupun air hangat sama-sama memiliki manfaat. Apa saja?

 

1. Air Dingin untuk Hidrasi dan Menurunkan Suhu Tubuh

Dikutip dari Hello Sehat, seorang pakar gizi dan pola makan India, Dr. Neha Sanwalka, menyampaikan bahwa air dingin baik diminum saat cuaca panas. Dalam kondisi seperti ini, suhu air yang dingin membuatnya lebih mudah diserap tubuh daripada suhu air yang hangat.

Demikian pula, air dingin baik diminum oleh atlet untuk menjaga hidrasi, baik selama maupun setelah olahraga. Bahkan, asupan air dingin saat olahraga membuat kita berkeringat lebih sedikit. Bukan sembarang air dingin, Tirto mengutip sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa suhu ideal yang dianjurkan adalah 16°C.

Dalam keadaan panas, baik karena cuaca atau olahraga, air yang sejuk membantu menetralkan atau mendinginkan suhu tubuh kita yang terus meningkat. Efek air dingin pada sistem badan kita adalah pori-pori menutup dan pembuluh menciut, sehingga intensitas pengeluaran panas didalam tubuh menurun.

 

2. Air Hangat untuk Membantu Mengaktifkan Pencernaan

Menurut pengobatan tradisional Cina dan India, air hangat bermanfaat bagi sistem pencernaan kita. Segelas air hangat dipagi hari diyakini dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan merangsang pergerakan usus besar. Kita pun terhindar dari kemungkinan gangguan pencernaan bila minum air hangat secara rutin.

Ayurveda, metode pengobatan kuno dari India, meyakini bahwa air hangat memiliki efek berkebalikan dari air dingin yang memperlambat proses pencernaan. Asupan air yang bersuhu lebih rendah membuat tubuh kita bekerja ekstra agar suhu badan kembali normal – alih-alih fokus pada proses pencernaan makanan.

Dewasa ini ditemukan bahwa air dingin membuat pembuluh darah berkontraksi sehingga menghambat penyerapan nutrisi saat makanan dicerna. Akibatnya, berbagai nutrisi penting dan vitamin dari makanan tidak dapat diserap maksimal selama proses pencernaan. Sebaliknya, air hangat mampu mengatur tubuh kita agar menyerap nutrisi dengan baik.

 

3. Air Hangat Meringankan Gejala Pilek dan Menyehatkan

Minuman hangat akan terasa menenangkan saat kita pilek. Hidung tersumbat, yang terasa mengganggu saat pilek, dapat diatasi dengan minum dan makan yang hangat-hangat. Hello Sehat menyebutkan bahwa air hangat berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan.

Sebaliknya, air dingin dapat memperparah gejala pilek. Air dingin mengentalkan dahak atau lendir sehingga sulit melalui sistem pernapasan.

Karena mampu meningkatkan sirkulasi darah, konsumsi air hangat yang teratur dapat membuat kita menjadi lebih sehat. Aliran darah yang baik pada seluruh jaringan tubuh membantu badan kita mengatasi rasa sakit, bahkan mampu menyembuhkan dirinya sendiri.

Air hangat pun dapat mengurangi tenggorokan yang bengkak akibat kering dan iritasi. Biasanya kita merasa kering di tenggorokan saat bangun tidur dipagi hari. Inilah saat yang baik untuk minum air hangat walaupun sebagian pendapat menganjurkan minum air dingin saat bangun tidur.

 

4. Air Dingin Membantu Menjaga Fokus

Tahukah Sobat, ternyata air dingin memicu produksi adrenalin. Hormon ini membuat kita waspada, secara mental siap siaga menghadapi berbagai kemungkinan. Merasa mengantuk saat belajar, tapi menghindari kafein? Minum air dingin saja, Sobat!

Pernah memperhatikan bagaimana orang-orang yang mengalami kecelakaan diberi minum air dingin? Air dingin membuat mereka tetap fokus sambil tubuh meningkatkan toleransinya pada rasa sakit yang muncul. Sobat Pintar ingin fokus dipagi hari? Boleh dicoba, Sobat: minum air dingin atau mandi air dingin.

Selain menjaga fokus dan meningkatkan kewaspadaan, adrenalin juga mempengaruhi kecakapan kita dalam membuat keputusan. Pada saat-saat kita gamang dalam memutuskan sesuatu, segelas air dingin mungkin dapat membantu. Saat ingin memperbaiki mood dan menurunkan tensi emosi, minum air dingin juga bisa menjadi trik yang layak dicoba.

 

Hangat atau dingin, masing-masing minuman memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dampak pada tiap orang juga tak selalu sama. Misalnya, air dingin dapat memperparah sakit kepala atau migrain pada sebagian orang, tapi tak berdampak sama pada orang lain.

Apapun pilihanmu, yang penting jangan sampai kekurangan minum ya, Sobat. Pasalnya, kecukupan hidrasi tubuh kita jauh lebih penting ketimbang berdebat tentang selera ataupun manfaat minum air dingin atau hangat.

Lebih masukan Blog

Ini Bekalmu: 10 Skills Penting pada Masa Revolusi Industri 4.0

Kurang dari 100 hari lagi kita akan tiba ditahun 2020. Eitts, jangan fokus pada angka...

Kehilangan Motivasi Belajar? Ini 5 Tips Mengatasinya

Tugas utama pelajar memang belajar. Tapi sebegitu semangatnyakah kita melakukannya setiap...

Menambah Komentar

reunita damai 15 Hari Lalu
terimakasih informasi nya Kak:)
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka