redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.dankook.ac.kr

Pilih Program Pertukaran Pelajarmu di Korea Selatan pada 5 Universitas Ini

Program Pertukaran Pelajar

Hayoo siapa pengen ketemu sama oppa atau noona tjakep, tunjuk tangan! Tapi, gimana nasip kuliah? Eitts... tenang aja, Sobat Pintar. Nggak cuma sehari dua hari kunjungan, kamu bisa tinggal selama beberapa waktu di Korea Selatan. Yup, ikuti saja program pertukaran pelajar yang ditawarkan oleh salah satu universitas ini.

 

1. Seoul National University

Program pertukaran pelajar di perguruan tinggi bergengsi di Korea Selatan ini biasanya berlangsung selama satu atau dua semester. Persyaratan utamanya, kamu harus punya IPK minimal 3.0 dan skor TOEFL lebih dari 500. Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada adalah dua perguruan tinggi di Indonesia yang telah menjalin kerjasama pertukaran pelajar dengan Seoul National University. Biasanya, mahasiswa yang apply untuk student exchange program sudah berada di semester dua atau empat.

 

2. Ewha Womans University

Walaupun namanya womans university, dan memang awalnya didirikan untuk memajukan pendidikan wanita Korea Selatan, perguruan tinggi ini nggak eksklusif menerima mahasiswa perempuan saja. Sekarang mahasiswa laki-laki juga boleh kuliah di Ewha Womans University – dan ini berlaku pula bagi exchange students. Sama seperti di Seoul National University, student exchange program yang ditawarkan oleh Ewha Womans University berlangsung selama satu atau dua semester. Kalau cukup pede dengan kecakapan Bahasa Koreamu, ambil saja kelas berbahasa Korea agar kemampuanmu makin jos. Eitts, tenang aja, masih ada kelas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar – ya... kali-kali aja kamu masih butuh loading lama dalam Bahasa Korea.

 

3. Hanyang University

Universitas Indonesia, lagi-lagi, adalah salah satu perguruan tinggi Indonesia yang pernah mengantarkan mahasiswanya mengikuti program pertukaran pelajar dengan Hanyang University. Meskipun terkenal sebagai perguruan tinggi bidang teknik terbaik di Korea Selatan, kamu nggak kudu jadi mahasiswa teknik dulu untuk mengikuti program pertukaran pelajar di Hanyang University. Asal kamu tahu, Hanyang University menerima 6000 exchange students dari 700 perguruan tinggi di 68 negara di dunia, termasuk Indonesia. Artinya, kamu punya peluang cukup besar, Sobat Pintar! Masih khawatir dengan kecakapan Bahasa Koreamu? No worries, perkuliahan di Hanyang University ditawarkan dalam Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Belanda, dan Spanyol juga – apa bahasa yang paling kamu kuasai?

 

4. Sungkyunkwan University

Pernah nonton Sungkyunkwan Scandal? Yup, ini perguruan tinggi yang sama, Sobat Pintar. Tapi tenang aja, kamu nggak wajib pakai hanbok kalau mau kuliah sebagai exchange student di kampus ini. Sungkyunkwan sekarang udah jauh lebih keren, lho! Nggak mirip sama sekali dengan kampusnya jaman doeloe – iyalah! Dan nggak cuma Bahasa Korea, bahasa pengantar perkuliahannyapun ada yang dalam Bahasa Inggris – jauh lebih modern dibanding keadaannya pada masa Dinasti Joseon.

 

5. Korea University

Sama-sama berstatus sebagai universitas swasta dengan Sungkyunkwan University, Korea University adalah salah satu perguruan tinggi dengan reputasi jempolan di Korea Selatan. Mahasiswa asli Korea Selatan sendiri sangat memfavoritkan Korea University, jadi exchange students dapat berinteraksi langsung dan melihat sendiri gimana gigih dan kompetitifnya mayoritas pelajar di Korea Selatan.

 

Selain kelima universitas diatas, masih ada Hankuk University for Foreign Studies, Kangwon National University, Kyung Hee University, atau Kongju National University yang bisa dijajaki prospek student exchange program­nya. Psst... mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada udah ngerasain program pertukaran pelajar di salah satu universitas tersebut, jadi kenapa kamu enggak?

Lebih masukan Blog

Apa Saja Persiapan Studi dan Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri?

Baik mengikuti program pertukaran pelajar maupun kuliah ke luar negeri, ada beberapa hal yang...

Bagaimana Perbedaan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Inggris dan Amerika?

United Kingdom, atau dikenal sebagai Inggris, dan Amerika Serikat adalah dua negara dengan...

Menambah Komentar

N
Nur Fadilla 1 Tahun Lalu
sabar sabar sebentar lagi saya yg akan duduk di bangku kuliah itu
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Nur Fadilla 1 Tahun Lalu
sabar sabar sebentar lagi saya yg akan duduk di bangku kuliah itu
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Nur Fadilla 1 Tahun Lalu
sabar sabar sebentar lagi saya yg akan duduk di bangku kuliah itu
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Nur Fadilla 1 Tahun Lalu
sabar sabar sebentar lagi saya yg akan duduk di bangku kuliah itu
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Nur Fadilla 1 Tahun Lalu
sabar sabar sebentar lagi saya yg akan duduk di bangku kuliah itu
Harap sign in untuk melanjutkan.
Cindy Kirana 11 Bulan Lalu
Susah ya, jangankan keterima di universitas Indonesia. Keterima di universitas negeri Provinsi sendiri aja belum tentu
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka