redesain-navbar Portlet

null

Blog

PPDB Jateng 2021: Jalur dan Langkah-Langkah Pendaftaran

Ketentuan dan cara pendaftaran PPDB Jateng bagi calon peserta didik baru.

Ketika PPDB DKI Jakarta telah dimulai awal pekan ini, bagaimana dengan PPDB provinsi lain – PPDB Jateng, misalnya? PPDB Jateng 2021 dijadwalkan akan berlangsung pada bulan yang sama, menyusul dua pekan setelah PPDB DKI Jakarta tepatnya 21 Juni 2021. Berkaca pada PPDB DKI Jakarta, ada beberapa antisipasi yang bisa dipersiapkan sejak sekarang.

 

Ketahui Jalur-Jalur Pendaftaran Peserta Didik

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Zonasi, untuk saat ini, sepertinya merupakan istilah yang paling populer terkait dengan PPDB SMA/SMK. PPDB 2021 Provinsi Jawa Tengah menggunakan empat jalur pendaftaran untuk SMA dan tiga jalur pendaftaran untuk SMK. Berikut ini empat jalur pendaftaran PPDB Jateng 2021 SMA.

1. Zonasi

Zonasi adalah jalur penerimaan calon peserta didik baru yang utama. Proporsi kuota jalur zonasi adalah yang terbesar, minimal 50% dari daya tampung sekolah. Jalur zonasi ditujukan bagi peserta didik yang berdomisili di wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah. Untuk PPDB 2021, jalur zonasi juga diperuntukkan bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus/disabilitas.

2. Perpindahan Orang Tua

Jalur perpindahan orang tua ditujukan bagi calon peserta didik baru dari luar daerah yang harus pindah domisili karena orang tuanya berpindah tempat tugas. Dalam hal ini, dibutuhkan surat tugas sebagai bukti. Jalur perpindahan orang tua juga dapat digunakan untuk anak guru. Kuota peserta didik baru yang diterima melalui jalur ini sebesar 5% dari total daya tampung sekolah.

3. Afirmasi

Afirmasi merupakan jalur pendaftaran PPDB bagi calon peserta didik baru dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Dalam hal ini, dibutuhkan tanda bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat. Karena kriteria yang digunakan adalah tingkat perekonomian, jalur afirmasi dapat diikuti oleh calon peserta didik baru dari luar wilayah zonasi. Kuota jalur afirmasi mencapai 15% dari daya tampung sekolah.

4. Prestasi

Bagi calon peserta didik baru yang berprestasi, jalur prestasi bisa menjadi pilihan untuk mengikuti PPDB Jateng 2021. Kuota jalur prestasi menyesuaikan dengan kuota jalur-jalur pendaftaran PPDB yang lain.

Sementara itu, tiga jalur PPDB Jateng 2021 SMK yaitu Afirmasi, Prestasi, dan Domisili Terdekat, masing-masing dengan kuota 20%, 60%, dan 10%. Jalur domisili terdekat pada pendaftaran PPDB Jateng 2021 SMK kurang lebih sama dengan zonasi karena memprioritaskan calon peserta didik baru yang berdomisili terdekat dengan sekolah.

 

Pendaftaran PPDB Online pada Jalur Zonasi

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Pada prinsipnya, zonasi mendekatkan domisili calon peserta didik baru dengan sekolah. Agar peran komunitas dalam penyelenggaraan pendidikan meningkat, zonasi menjadi jalur utama PPDB.

Demikian pula dengan PPDB Jateng 2021 SMA. Sebagaimana telah disebutkan di awal, jadwal pendaftaran PPDB Jateng adalah 21 Juni 2021, yang akan berlangsung hingga tanggal 24 Juni 2021. Akan tetapi, pemeriksaan data calon peserta didik baru sebenarnya telah berlangsung pada 24-28 Mei 2021. Yang perlu diperhatikan, verifikasi berkas pendaftaran, penerimaan token, dan aktivasi akun dijadwalkan pada 14-19 Juni 2021.

Token adalah salah satu syarat penting pada PPDB Jateng 2021. Untuk daftar online Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Jawa Tengah, calon peserta didik baru harus mengajukan Akun Mandiri melalui menu Daftar situs publik PPDB online Provinsi Jawa Tengah. Token akan diterima pada saat proses pengajuan akun. Saat dicetak, token akan tertera pada bukti pengajuan akun. Token juga diperlukan untuk aktivasi akun.

Bagaimana cara pendaftaran SMA online pada PPDB Jateng 2021 SMA? Jika telah melakukan input data, langkah berikutnya adalah mengunggah pakta integritas, melakukan persetujuan pengajuan akun, dan mencetak bukti pengajuan akun. Kemudian, gunakan token untuk aktivasi akun dengan mengakses situs PPDB Jateng online pada menu Aktivasi.

Jika belum melakukan input data, misalnya karena calon peserta didik lulusan dari luar Provinsi Jawa Tengah, lengkapi data Info Peserta. Bukti pengajuan akun yang memuat nomor peserta dan akun akan diperoleh setelah data terisi lengkap. Setelah diverifikasi, Aktivasi akun dapat dilakukan.

Lantas bagaimana dengan PPDB Jateng 2021 SMK? Langkah-langkah di atas juga dapat diterapkan untuk daftar online Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Terlepas dari jalur pendaftaran yang dipilih, cara pendaftaran SMK online sama dengan cara pendaftaran SMA online di atas.

Pengumuman hasil PPDB SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah dijadwalkan pada 26 Juni 2021 di situs PPDB Jateng online. Di tanggal tersebut, selambat-lambatnya pengumuman dapat diakses pada pukul 23:55 WIB.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet