PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Rekomendasi Profesi untukmu yang Ekstrovert, photo via www.quietrev.com

Rekomendasi 10 Profesi Untukmu yang Ekstrovert

Dengan dukungan karakter yang sesuai, ekstrovert dapat berkembang pada beberapa profesi.

Hai Sobat Pintar yang ekstrovert! Extroverts are easily spotted by how easy they are in making connetion to others. Baru pertama kali bertemu, tapi seorang ekstrovert dapat membuatmu merasa sudah mengenalnya sejak kecil – begitu akrab, nyaman, dan hangat.

Nah, jangan sia-siakan kelebihan ini. Kalau Sobat Pintar memang seorang ekstrovert, karakter yang telah disebutkan diatas akan sangat mendukung karir – terutama beberapa profesi seperti berikut ini.

 

1. Lawyer/ Pengacara

Seorang lawyer atau pengacara harus bertemu dengan berbagai tipe klien. Hanya seorang ekstrovert yang dapat membuat calon klien mempercayakan kasus hukum padanya. Karakter ekstrovert yang komunikatif bermanfaat ketika seorang pengacara harus memenangkan kasusnya di ruang sidang, pun saat berhadapan dengan awak media.

 

2. Psikolog Klinis/ Konselor

Profesi psikolog dan konselor juga mengharuskannya bertemu dengan pasien atau klien. Kehangatan ekstrovert dalam berkomunikasi dengan orang yang baru ditemui menjadi faktor penting yang dapat mempegaruhi kepercayaan klien. Alhasil, proses konseling pun dapat berjalan dengan lancar.

 

3. Broadcaster/Anchor

Talkative is one distinct character of extroverts. Itulah sebabnya kenapa penyiar radio atau pembaca berita televisi kemungkinan besar merupakan profesi yang sesuai untuk ekstrovert. Kefasihan dalam mencipta dan menjaga interaksi dengan audiens juga diperlukan pada profesi presenter, MC, pembawa acara, jurnalis, wartawan, ataupun reporter.

 

4. Guru dan Dosen

Keterampilan dalam menjaga interaksi juga diperlukan oleh guru atau dosen. Bedanya dari profesi broadcaster atau anchor, guru dan dosen lebih banyak terlibat dalam interaksi langsung dengan audiens, yaitu siswa atau mahasiswanya. Namun seiring perkembangan teknologi, pekerjaan mengajar pun saat ini dapat dilakukan melalui media kamera.

 

5. Youtuber

Dari balik kamera, seorang youtuber harus mampu membuat viewers atau subscribers-nya tetap bertahan mengikuti videonya sampai akhir. Therefore, an extroverted youtuber is highly likely able to engage his or her viewers better than an introverted one.

 

6. Stand-up comedian/ Komika

Masih sama seperti kedua profesi diatas, seorang komika harus mampu membuat audiensnya tetap tertarik dengan konten yang dibawakannya. Tak cukup dengan persiapan yang baik, spontanitas yang dimiliki ekstrovert dapat memperkuat daya tarik penampilan komika. Actor, actress, and musician are similar professions to stand-up comedian.

 

7. Sales/ Marketing

Seorang ekstrovert seakan memiliki bakat alami untuk profesi sales person – it's almost like an easy job for extroverts. Kecakapan ekstrovert dalam berkomunikasi akan sangat membantu dalam demonstrasi produk, negoisasi kerjasama, maupun kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan pelayanan kebutuhan pelanggan.

 

8. Event Organizer/ Planner

You're familiar with EO, aren't you? Seorang Event Organizer harus mampu bekerja dengan banyak pihak. Sedari memahami keinginan klien hingga menghubungi vendor dan negosiasi kontrak, termasuk pula perencanaan budget hingga penyelenggaraan event, seluruhnya akan terasa menyenangkan bagi seorang ekstrovert.

 

9. Public Relations/ Humas

Berada didepan sebagai imej perusahaan dibidang Humas dapat terasa mengintimidasi bagi sebagian orang, tapi justru akan menyenangkan bagi ekstrovert. Karakter ekstrovert yang ramah saat bertemu dengan banyak orang, baik klien, investor, maupun wartawan, dapat membantu perusahaan menciptakan public image yang baik.

 

10. Pemandu Wisata/ Tour Guide

When you greatly enjoy outdoor activities, being a tour guide is a dream job. Pasalnya, profesi ini memberimu kesempatan untuk terus melakukan eksplorasi dan berinteraksi dengan orang lain (wisatawan). Dan bagi seorang ekstrovert, berjumpa dengan orang-orang baru dari berbagai latarbelakang setiap harinya akan terasa menyenangkan.

 

Apakah Sobat Pintar yang bertipe ekstrovert hanya dapat menekuni 10 profesi diatas? Tentu tidak. Hair stylist, penasihat keuangan, perencana perkotaan, perawat, customer service atau costumer center, bahkan duta besar adalah profesi-profesi yang sama-sama patut dipertimbangkan oleh orang-orang ekstrovert.

Pada dasarnya, profesi-profesi yang menuntut waktu bersama orang lain berpeluang besar untuk cocok bagi ekstrovert yang cenderung mudah bergaul dan aktif berbicara. Is that you, Sobat Pintar?

Lebih masukan Blog

Sombong atau Percaya Diri? Jawab 5 Pertanyaan Ini

Pernahkah Sobat menimbang-nimbang seberapa besar atau kuat rasa percaya dirimu? But wait, was...

KKN, Apa Itu?

KKN, apa itu? Bukan korupsi kolusi dan nepotisme, tapi KKN adalah Kuliah Kerja Nyata. Nanti...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru