redesain-navbar Portlet

null

Blog

Rekomendasi Peringkat Terbaik: 7 Universitas Swasta di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki kampus-kampus swasta yang berkualitas.

Universitas Swasta, photo by Mysticsartdesign on pixabay

Ada yang lagi kepo rekomendasi kampus swasta di Jawa Timur abis pengumuman UTBK kemarin? It's okay! Namanya juga usaha. Selama caranya halal dan baik, kenapa engga? Nyari-nyari referensi universitas swasta juga boleh, kok – khususnya universitas di Jawa Timur. Without further ado, then, let's see the best alternatives for you, Sobat!

 

1. Universitas Muhammadiyah Malang

Setiap tahun ajaran baru, UMM menerima banyak sekali mahasiswa baru, berkisar antara 35.000 sampai hampir 40.000-an. Tentu saja, mereka ngga asal masuk, Sobat. Ada tes seleksi masuk yang harus dilalui oleh tiap-tiap calon mahasiswa baru. Peluang lolos tes seleksi masuk universitas swasta terbaik di Jawa Timur ini mencapai 40-50%.

Berdiri pada tahun 1965, akreditasi institusi UMM saat ini yaitu A. Universitas swasta di Malang ini memiliki afiliasi dengan Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning (ASAIHL), Federation of the Universities of the Islamic World (FUIW), Erasmus+, dan Australian Consortium for In-Country Indonesian Studies (ACICIS).

 

2. Universitas Kristen Petra

Bergeser dari Malang, kita menuju Surabaya. Adalah UKP, universitas swasta di Surabaya yang berdiri sejak 1961 – ngga usah ditanya capek apa engga ya, Sobat! Akreditasi institusi universitas di Jawa Timur ini adalah A.

Ada sejumlah 7.000 hingga 8.000-an mahasiswa baru yang masuk UKP setiap tahunnya. Seleksi masuk salah satu universitas swasta terbaik di Jawa Timur ini tak hanya melalui tes, tapi juga dengan mempertimbangkan prestasi akademik sekolah.

Hanya ada program pendidikan S1 di UKP. Dan jangan tanya kualitasnya, Sobat! Universitas swasta di Surabaya ini menjalin kerja sama dengan Association of Christian Universities and Colleges in Asia (ACUCA) dan International Forum of Associations of Christian Higher Education (IFACHE).

 

3. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Umpo, akronim universitas di Jawa Timur ini, berdiri pada tahun 1982. Akreditasi institusinya B, dengan peluang lolos masuk bagi calon mahasiswa barunya mencapai 80-90%. Dalam bentuk angka, persentase ini berarti 5.000 sampai 6.000-an mahasiswa baru setiap tahunnya. Selain tes masuk, seleksinya juga mencakup prestasi akademik sekolah.

 

4. Universitas PGRI Madiun

Sama-sama memiliki akreditasi insitusi B dengan Umpo, universitas di Jawa Timur ini lebih sering disebut Unipma. Berbeda dari Umpo, jumlah mahasiswa baru yang masuk Unipma lebih besar, mencapai 10.000 hingga 15.000-an.

Did you know, Sobat? Unipma baru berdiri pada tahun 2017, lho! Dan sesuai namanya, salah satu kampus swasta terbaik di Jawa Timur ini memiliki afiliasi dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

 

5. Universitas Narotama

Unnar adalah sebuah universitas swasta di Surabaya yang berdiri pada tahun 1981. Are you familiar with the private university, Sobat? Don't feel bad if you aren't. Unnar memang terbilang kecil, dengan penerimaan mahasiswa barunya di kisaran 3.000 – 4.000-an saja.

Meskipun begitu, peluang lolos masuk kampus swasta dengan akreditasi institusi B ini cukup besar, yaitu mencapai 80-90%. Tapi... seleksi masuk Unnar menggunakan prestasi akademik sekolah, Sobat! Jadi, cek lagi rapormu sebelum mendaftar ke universitas swasta di Surabaya ini, ya!

Saat ini Unnar memiliki dua bidang program sarjana, yaitu teknik dan ekonomi. Pula, kampus swasta ini memiliki afiliasi dengan LoRa Alliance.

 

6. Universitas Surabaya

Meskipun berada di urutan ke-6 universitas swasta terbaik di Jawa Timur, akreditasi institusi Ubaya yaitu A. Jumlah mahasiswa barunya setiap tahun mencapai 9.000 hingga 10.000-an orang. Didirikan pada tahun 1968, usia Ubaya terhitung senior di dunia pendidikan.

Interestingly, Universitas Surabaya terkadang dianggap sama dengan salah satu universitas negeri di Jawa Timur, yaitu Universitas Negeri Surabaya. Meskipun namanya mirip banget, keduanya berbeda ya, Sobat!

 

7. Universitas Dr. Soetomo

Satu lagi rekomendasi kampus swasta di Jawa Timur untuk Sobat Pintar: Unitomo. Universitas swasta di Surabaya dengan akreditasi institusi B ini pun cukup senior, berdiri pada tahun 1981. Mahasiswa baru yang masuk Unitomo pada setiap tahun ajaran baru mencapai kisaran 7.000 – 8.000-an.

 

Pemeringkatan kampus swasta terbaik di Jawa Timur di atas mengacu pada pemeringkatan UniRank untuk periode tahun 2020. Semoga rekomendasi ini bermanfaat untuk Sobat Pintar yang sedang mencari-cari kampus-kampus swasta terbaik, khususnya di Jawa Timur.

30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp