PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Sastra Inggris Kenali Lebih Dekat Seluk Beluknya, photo via www.keynoteeducational.co.uk

Sastra Inggris – Kenali Lebih Dekat Seluk Beluknya

Pelajar dari kelas apapun saat ini memiliki peluang untuk menjadi mahasiswa Sastra Inggris.

Sobat Pintar saat ini tengah duduk dikelas Bahasa atau MIA? Kuliah dijurusan sastra, baik Sastra Indonesia maupun sastra asing, biasanya menjadi salah satu pertimbanganmu saat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Lantas, apakah sastra bukan pilihan mereka yang berada dikelas IPA dan IPS?

Justru sebaliknya. Dari kelas apapun, sastra adalah jurusan kuliah yang layak dipertimbangkan – apalagi Sastra Inggris. pasalnya, bahasa asing ini sudah kita kenal sejak kecil, minimal sejak SMP. Masih belum yakin? Let's read on – agar lebih jelas lagi tentang seluk beluk jurusan ini.

 

Bukan Jurusan Untukmu yang Baru Belajar Bahasa Inggris

Bagaimanapun juga, pengetahuan dan kemampuan Bahasa Inggris pelajar dari kelas Bahasa biasanya masih lebih baik dibanding pelajar dari kelas IPA dan IPS. Itulah salah satu sebabnya kenapa Sastra Inggris biasanya lebih dilirik oleh mereka yang saat ini duduk dikelas Bahasa.

Namun bukan berarti kebiasaan atau keumuman ini menutup peluang bagi Sobat Pintar yang berada dikelas IPA dan IPS. Asalkan bisa mengejar ketertinggalan dan menyamakan tempo dengan mereka yang sudah siap belajar tentang Sastra Inggris, kenapa tidak?

Pada semester-semester awal perkuliahan, Sobat nanti memang masih belajar tentang skill berbahasa seperti Speaking, Listening, Reading, dan Writing. Tapi lebih jauh pada semester-semester berikutnya, mahasiswa Sastra Inggris berhadapan dengan materi perkuliahan yang lebih kompleks.

Itulah sebabnya, penguasaan Bahasa Inggris yang baik akan sangat membantumu menguasai dan memahami matakuliah Literary Criticism, Media Discourse, Poetry, Prose, Comparative Linguistics, English Morphology, Diction in Discourse, English in Social Discourse, dan lain-lain. Now, you start to get the idea, don't you?

 

Dunia Sastra Mengajarimu tentang Berbagai Ilmu Lain

Apa yang muncul dalam benak saat mengetahui beberapa matakuliah diatas, Sobat? Ya, ternyata bukan hanya kesusastraan saja yang dipelajari oleh mahasiswa Sastra Inggris. Justru, Sobat perlu mengenal ilmu psikologi, sosiologi, bahkan berbagai macam ideologi yang ada di dunia.

Nantinya, pengetahuan tentang berbagai keilmuan tersebut dapat mendukung kemampuanmu dalam menganalisis berbagai karya sastra. Misalnya, Sobat Pintar sangat suka novel dan film Harry Potter atau Hunger Games. Setiap pengetahuan yang dimiliki akan turut mempengaruhi kedalaman analisismu tentang tokoh dan alur ceritanya keduanya.

Bersiaplah mengubah caramu menyikapi novel-novel dan film-film baru yang muncul setelah menjadi mahasiswa sastra. Pasalnya, dengan latarbelakang pengetahuanmu, Sobat akan terbiasa untuk secara otomatis menganalisis apapun hiburan yang dapat dinikmati oleh orang lain murni sebagai hiburan semata.

Bagi orang lain, Pirates of  Caribbean hanyalah sekedar film yang seru dan menghibur. Bagi mahasiswa Sastra Inggris, film yang sama bisa menjadi sumber tulisan essay puluhan lembar yang penuh dengan ulasan akademis. Pada skala yang lebih kompleks, boleh jadi yang dihasilkan adalah penelitian ilmiah atau bahkan skripsi.

 

Sastra Menyiapkanmu untuk Beragam Profesi

Tapi skripsi mahasiswa Sastra Inggris tak selalu tentang sastra, Sobat. Kok, bisa? Iya, karena sastra itu sendiri merupakan salah satu konsentrasi pada jurusan ini. Pada semester dua atau tiga, mahasiswa Sastra Inggris sudah dapat memilih konsentrasi kuliahnya pada sastra atau linguistik.

Sastra, seperti sudah disinggung diatas, lebih berkaitan dengan puisi, novel, cerita pendek, film, komik, bahkan musik. Sementara itu, bila memilih konsentrasi linguistik, nantinya Sobat Pintar akan lebih banyak belajar tentang bentuk bahasa, makna bahasa, konteks bahasa, dan berbagai aspek lain tentang bahasa.

Perlu dicatat, Sastra Inggris berbeda dari Pendidikan Bahasa Inggris. Selain perbedaan gelar, yaitu S.S (Sarjana Sastra) dan S.Pd (Sarjana Pendidikan), fokus keilmuan yang dipelajari juga berbeda. Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Sobat Pintar belajar tentang teknik mengajar, psikologi siswa, manajemen pengajaran, dan lain-lain.

Bila Sarjana Pendidikan disiapkan untuk menjadi tenaga pendidik, Sarjana Sastra biasanya berprofesi sebagai tour guide, diplomat, penerjemah, editor, content writer, jurnalis, content creator, novelis, dan lain-lain. Jadi pertanyaannya, profesi apa yang menjadi impianmu, Sobat?

Jika memang jurusan ini adalah caramu untuk mencapai profesi impian tersebut, lanjutkan saja pendidikanmu pada Jurusan Sastra Inggris. Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Airlangga adalah beberapa PTN besar yang memiliki jurusan ini.

Lebih masukan Blog

Raih Suksesmu, Hilangkan 5 Kebiasaan Ini

Definisi sukses memang tak sama bagi setiap orang. Dan memang tak ada keharusan untuk...

Berapa Gaji Fresh Graduates?

Beranikah kita jujur, bila salah satu alasan kita memilih untuk kuliah dijurusan tertentu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru