redesain-navbar Portlet

Blog

Selamat Hari Guru Nasional! Ini 6 Rekomendasi Film tentang Guru yang Maknanya Ngena Banget!

Terima kasih guru, jasamu akan ku kenang selalu

Sobat Pintar, siapa yang dulu waktu kecil saat ditanya pengen jadi apa, jawabnya pengen jadi guru? Hayo ngaku! Guru memang menjadi profesi impian. Eits…tetapi itu dulu. Sekarang terdapat fakta menarik! Dari hasil angket untuk mengetahui aspek non-kognitif termasuk cita-cita, hanya 11 persen siswa peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA 2018/2019 yang ingin menjadi guru. Sisanya sebanyak 89 persen memilih menjadi pengusaha dan presiden. Adanya fakta ini menunjukkan bahwa sekarang guru menjadi profesi yang langka dan sangat dibutuhkan mengingat guru mengambil peran penting dalam kemajuan suatu bangsa khususnya Indonesia. 

 

Istilah yang Melekat Pada Profesi Guru

Sering kali Sobat mendengar istilah “Pahlawan tanpa tanda jasa” dan istilah ini selalu melekat pada profesi guru. Guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa bukan berarti bahwa guru tidak mempunyai jasa apapun. Melainkan karena jasa yang begitu besar kepada anak didik dan kemajuan bangsa, guru sering kali mendapat perhatian yang kurang dan tidak sepadan dengan pengorbanan yang telah mereka berikan.

Dalam istilah jawa, kata ‘guru’ diartikan sebagai akronim dari “digugu lan ditiru”. Apakah arti dari istilah tersebut? Arti kata “digugu lan ditiru” adalah orang yang dipercaya dan diikuti. Artinya sebagai guru tidak hanya bertanggung jawab atas pendidikan akademik anak didiknya namun lebih daripada itu, guru bertanggung jawab juga atas moral, etika, integritas, dan karakter anak didiknya.

 

Kapan Tanggal Hari Guru Nasional?

Mungkin Sobat Pintar bertanya, kapan sih Hari Guru Nasional diperingati? Tepat sekali. Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Peringatan Hari Guru Nasional ini agak berbeda dengan peringatan Hari Guru Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. 

Tanggal Hari Guru Nasional ditetapkan bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Demi memberikan penghormatan kepada seluruh guru yang telah berjuang tanpa pamrih di seluruh Indonesia, maka dipandang perlu untuk menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Peringatan Hari Guru di Indonesia sering kali disemarakkan dengan mengajak siswa/i untuk memberikan coklat, bunga, hingga surat untuk wali kelas masing-masing. Tak jarang dulu sebelum pandemi, dilaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Guru, diiringi paduan suara yang membawakan lagu tentang guru, hingga ditutup dengan ucapan selamat Hari Guru yang disampaikan oleh beberapa siswa/i. Kegiatan seperti ini menjadi rutinitas ketika memperingati Hari Guru. 

Namun pasti ada perbedaan cara dalam memperingati dan memberi ucapan hari guru di masa pandemi. Ucapan selamat Hari Guru sekarang dilakukan lebih kreatif dengan mengajak siswa/i membuat video untuk guru yang dapat diposting di berbagai sosial media seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan berbagai platform lainnya.Tidak hanya itu Sobat Pintar juga dapat menyemarakkan Hari Guru dengan menonton beberapa rekomendasi film tentang guru yang nantinya membuat Sobat semakin sadar akan besarnya tugas, peran, dan pengorbanan seorang guru. Ada apa saja rekomendasi filmnya? Yuk, bareng-bareng kepoin rekomendasinya!

 

1. Guru-Guru Gokil (2020)

Film Netflix Original kedua dari Indonesia ini resmi dirilis pada tanggal 17 Agustus 2020. Film bergenre komedi yang menjadi debut Dian Sastrowardoyo sebagai produser dan pemain ini bercerita tentang perjalanan seorang guru bernama Taat yang dibintangi oleh Gading Marten. Pada awal film diceritakan bahwa Taat yang merupakan anak seorang guru Bahasa Indonesia ingin menjadi orang sukses dengan harta melimpah. Menurutnya keinginan itu tidak dapat terwujud jika mengikuti jejak ayahnya sebagai guru. Hal itu dikarenakan gaji guru yang masih rendah. Sehingga Taat mencoba peruntungan dengan merantau dan mencari pekerjaan lainnya. Long story short, ada suatu saat hanya pekerjaan guru yang tersedia baginya. Akhirnya Taat pun terjebak dalam keadaan itu. Dari film Guru-Guru Gokil, Sobat Pintar diajak untuk melihat kesuksesan, harta, uang, dan dedikasi guru dari point of view yang berbeda.

 

2. Aisyah Biarkan Kami Bersaudara (2016)

Menceritakan tantangan Aisyah (Laudya Cynthia Bella) sebagai seorang guru beragama Islam yang harus mengajar di Nusa Tenggara Timur yang warganya mayoritas beragama Katolik. Salah satunya tantangan yang diceritakan, ada seorang siswa yang enggan masuk  sekolah karena gurunya beragama muslim. Dalam film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara rasa toleransi sangat ditonjolkan dalam ceritanya. Dijamin setelah menonton film ini Sobat bisa menghargai perbedaan lebih baik lagi. 

 

3. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Buat Sobat Pintar yang tertarik dengan film sejarah, film ini jadi rekomendasi yang paling cocok untuk ditonton dalam memperingati Hari Guru. Film ini menceritakan seorang guru bangsa Oemar Said Tjokroaminoto (Reza Rahadian) yang rela melepas status kebangsawanannya demi mendirikan sekolah rakyat. Hal itu didasari karena keinginan untuk memajukan anak-anak bangsa kala penjajahan. Film ini mengajak Sobat Pintar untuk melihat jiwa ikhlas seorang guru dalam memajukan bangsa meskipun banyak tantangan dan risiko besar di masa penjajahan.

 

4. Negeri 5 Menara (2012)

Sejalan nih Sobat dengan istilah jawa sebelumnya, bahwa guru iku digugu lan ditiru. Film Negeri 5 Menara mengisahkan sosok Ustad Salman (Donny Alamsyah) yang menginspirasi siswanya untuk terus belajar. "Man Jadda Wa Jadda” (siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil), menjadi mantra kuat bagi Alif (Gazza Zubizareta) agar terus belajar sesulit apapun situasinya. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Ahmad Fuadi ini mengajarkan tentang persahabatan, kerja keras, dan tekad untuk mencapai puncak menara impian Sobat Pintar.

 

5. Sokola Rimba (2013)

Sobat Pintar ingin melihat film guru yang diangkat dari kisah nyata? Sobat bisa nonton nih Film Sokola Rimba! Film yang ditayangkan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional ini diadaptasi dari kisah nyata seorang yang bernama Butet Manurung. Dalam film diceritakan bahwa Butet Manurung (Prisia Nasution) harus melawan adat suku sekitar untuk mengubah pemikiran orang tua disana yang tidak mementingkan pendidikan menjadi melek terhadap pendidikan. Perempuan yang bekerja di sebuah lembaga konservasi di daerah pedalaman Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi ini menunjukkan tekad dan semangat untuk jadi seorang pengajar. Dengan sepenuh hati dirinya memberikan ilmu baru bagi anak-anak disana. Dari film ini Sobat dapat melihat perjuangan Butet Manurung yang harus masuk keluar hutan demi bisa mengajar anak-anak rimba. Dengan begitu Sobat bisa semakin sadar perjuangan guru selama ini hingga akhirnya bisa menghargai guru lebih dari sebelumnya.

 

6. Laskar Pelangi (2008)

Last but not least, ini salah satu film yang paling ngetrend banget di tahun 2000-an. Buat Sobat Pintar yang belum pernah nonton, cus deh buruan nonton. Film Laskar Pelangi diangkat dari cerita novel best seller karya Andrea Hirata. Film ini mengadopsi latar belakang kehidupan masyarakat di Belitung, Indonesia. Film Laskar Pelangi menceritakan kisah tentang dua orang guru dan 10 orang murid dengan karakter yang berbeda-beda. Mereka berusaha dengan berbagai cara agar sekolah tidak ditutup dan pembelajaran tetap bisa dilakukan. Film ini mengajarkan Sobat sebagai pelajar untuk tidak menjadikan keterbatasan menjadi halangan untuk mendapat pendidikan.

 

Nah, itu dia 6 rekomendasi film tentang guru yang pas banget ditonton untuk memperingati Hari Guru Nasional. Harapannya dari pesan moral yang ada di film di atas membuat Sobat Pintar semakin giat belajar dan menyadari besarnya semangat guru saat mengajar. Gurunya aja udah semangat, masa siswanya enggak?


Yuk, Sobat ikuti juga Lomba TikTok/Reels #GuruSeruVersiku yang dimulai hingga 25 November 2021! Kesempatan berharga bisa mendapat total hadiah sebesar Rp700.000 dan sertifikat bagi video TikTok/Reels terbaik. Jangan sampai kelewatan ya Sobat, catet tanggalnya dan rebut hadiahnya!

 

Penulis: Chatarina

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet