redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tentang STAN di 2021: Pendaftaran sampai Penghasilan Alumninya

Penting untuk mengetahui informasi terbaru tentang PKN STAN.

STAN, photo by Austin Distel on Unsplash

Apakah Sobat Pintar sedang mencari-cari informasi tentang pendaftaran STAN 2021? Pendaftaran STAN 2021 memang sempat hendak ditiadakan, namun Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah merilis siaran pers tentang kepastian pendaftaran STAN 2021. Nah, kepoin, yuk!

 

Politeknik Keuangan Negara STAN

Photo by Jonas Jacobsson on Unsplash

Kita ketahui dulu yuk, apa itu STAN. Sekolah atau perguruan tinggi kedinasan ini dulunya adalah STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Kemudian pada 2015, STAN resmi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN.

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN adalah, as it's mentioned earlier, sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan PKN STAN berada dalam wilayah kewenangan dan pengelolaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah kedinasan yang lain, PKN STAN terhitung memiliki jumlah mahasiswa terbanyak.

Walaupun tak lagi menawarkan Ikatan Dinas, Politeknik Keungan Negara STAN tetap menjadi sekolah kedinasan impian sebagian orang. Alumni Politeknik Keuangan Negara STAN dapat mengikuti tes CPNS dan berkesempatan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara di berbagai kementerian dan lembaga pemerintahan.

 

Fakultas dan Jurusan STAN

Photo by Sarah Shaffer on Unsplash

Apakah Sobat Pintar juga mengidam-idamkan sekolah kedinasan ini? Tapi apa saja pilihan jurusan di sekolah keuangan negara ini? Berikut ini ragam jurusan STAN.

1. Jurusan STAN: Akuntansi

Jurusan Akuntansi Politeknik Keuangan Negara STAN terdiri dari dua program studi:

1. D4 Akuntansi

2. D3 Akuntansi

2. Jurusan STAN: Pajak

Jurusan Pajak Politeknik Keuangan Negara STAN terdiri dari tiga program studi:

1. D3 Pajak

2. D3 Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai

3. D1 Pajak

3. Jurusan STAN: Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Kepabeanan dan Cukai Politeknik Keuangan Negara STAN terdiri dari dua program studi:

1. D3 Kepabeanan dan Cukai

2. D1 Kepabeanan dan Cukai

4. Jurusan STAN: Manajemen Keuangan

Jurusan Manajemen Keuangan Politeknik Keuangan Negara STAN terdiri dari tiga program studi:

1. D3 Kebendaharaan Negara

2. D3 Manajemen Aset

3. D1 Kebendaharaan Negara

 

Syarat Masuk STAN

Photo by Jamie Taylor on Unsplash

Seleksi masuk Politeknik Keuangan Negara STAN terkenal cukup ketat. Persiapan menghadapi Ujian Saringan Masuk (USM) STAN nggak kalah dengan persiapan menghadapi UTBK, deh! Tak terlalu jauh dari UTBK, USM STAN biasanya dijadwalkan sekitar bulan Maret hingga Juli.

Namun Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) STAN 2021 berbeda, Sobat Pintar. Pendaftaran STAN 2021 tak lagi melalui USM.

 

Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Mahasiswa yang kuliah di sekolah keuangan negara ini tidak dipungut biaya. In fact, gratisnya biaya kuliah ini menjadi salah satu poin penting kenapa pendaftaran STAN tak pernah sepi peminat. Namun tentunya ada biaya-biaya lain yang masih perlu disiapkan, seperti iuran organisasi kemahasiswaan maupun biaya wisuda.

 

Pendaftaran PKN STAN 2021

Photo by Debby Hudson on Unsplash

Setelah mengetahui bahwa biaya kuliah di Politeknik Keuangan Negara STAN itu gratis, apakah Sobat Pintar menantikan pendaftaran STAN di bulan-bulan mendatang?

Berdasarkan siaran pers yang dirilis oleh BPPK Kemenkeu, pendaftaran STAN 2021 akan tetap berlangsung melalui UTBK. Berikut siaran pers yang dimaksud:

Untuk memastikan pendaftaran STAN 2021, ada tiga sumber informasi resmi yang bisa kita jadikan acuan, yaitu:

1. kemenkeu.go.id

2. bppk.kemenkeu.go.id

3. pknstan.ac.id

 

Kisaran Gaji Lulusan STAN

Photo by Pixabay on Pexels

Peluang menjadi Aparatur Sipil Negara setelah lulus dari PKN STAN seringkali menjadi iming-iming yang sulit ditepis bagi sebagian orang. Memangnya seperti apa prospek penghasilan alumni Politeknik Keuangan Negara STAN itu?

Gaji pokok alumni Politeknik Keuangan Negara STAN sebagai ASN sama dengan gaji para ASN di instansi-instansi pemerintah yang lain. Gaji pokok ASN berjenjang, sesuai dengan golongan dan masa kerja. Alumni Politeknik Keuangan Negara STAN dari prodi D3 berstatus ASN golongan IIa memiliki gaji sebesar Rp2.022.200 per bulan (PP Nomor 15 Rahun 2019).

Selain gaji, ASN juga menerima tunjangan, seperti tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan jabatan, dan lain-lain. Jika melanjutkan kuliah lagi setelah lulus dari Politeknik Keuangan Negara STAN dan bekerja selama dua tahun, status pendidikan terakhir nantinya bisa membantu kenaikan golongan dan gaji (serta tunjangan, tentunya).

Nah, apakah Sobat Pintar ingin masuk sekolah keuangan negara ini? Pastikan pendaftaran STAN 2021 dengan mengunjungi tiga laman resmi di atas ya, Sobat!

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp