CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Situs Pengembangan Untuk Guru

Tidak hanya kompetensi, guru juga harus selalu mengembangkan diri

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Menjadi guru artinya Guru Pintar adalah pembelajar sejati yang tidak akan berhenti belajar sampai nanti. Sudah umum diketahui bahwa ada empat kompetensi guru yang harus dikuasai oleh siapapun yang menyandang status sebagai seorang guru. Empat kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Ada berbagai cara yang dapat Guru Pintar lakukan untuk membantu menyempurnakan penguasaan terhadap empat kompetensi tersebut. Tentu saja hal ini membutuhkan komitmen dan ketulusan dari Guru Pintar. Karena usaha-usaha yang dilakukan nantinya akan membutuhkan pengorbanan diantaranya adalah waktu dan mungkin juga pengorbangan finansial berupa uang.

Cara Meningkatkan Kompetensi Guru

1. Belajar dari buku


Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Guru belajar dari mana saja. Salah satu sumber belajar utama seorang guru adalah buku. Meningkatkan kompetensi profesional guru dan juga kompetensi-kompetensi guru lainnya dapat dipelajari dari buku-buku yang dapat Guru Pintar temukan di perpustakaan, toko buku, atau juga di dunia maya berupa buku digital.

2. Melanjutkan studi

Langkah meningkatkan kompetensi profesional guru selanjutnya adalah dengan melanjutkan studi pada bidang yang sama dengan pelajaran yang kita ajar atau bidang lain yang masih berhubungan dengan profesi keguruan. Selain waktu, tips yang satu ini membutuhkan biaya yang lumayan besar. Apalagi jika Lembaga tempat melanjutkan Pendidikan tergolong Lembaga yang bonafid. Sayangnya, tidak semua guru memiliki kesempatan dan kemampuan untuk melanjutkan Sekolah pada jenjang yang lebih tinggi dikarenakan alasan yang satu ini.

3. Mengikuti pelatihan/seminar


Foto oleh ICSA dari Pexels

Bagi Guru Pintar yang ingin selalu belajar tetapi tidak memiliki dana yang besar, dapat mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar. Ada banyak pelatihan atau seminar yang diadakan untuk membantu guru mengembangkan diri dan kompetensinya. Ada pelatihan atau seminar untuk guru yang diadakan secara gratis. Tetapi ada juga yang berbayar. Guru Pintar tinggal memilih ingin mengikuti pelatihan atau seminar mana yang sesuai dengan kebutuhan dan juga isi kantong tentunya.

4. Belajar melalui situs atau website

Pengembangan profesi guru saat ini tidak sepelik zaman dahulu. Berkembangnya teknologi memungkinkan kegiatan pengembangan diri guru dan pengembangan profesionalisme guru dilakukan secara online. Banyak situs pengembangan guru atau referensi website untuk guru mengasah kompetensi dan mengembangkan diri. Berikut ini adalah beberapa contoh website atau situs yang dapat membantu Guru Pintar mengembangkan kompetensi dan juga mengembangkan diri:

a. National Geographic / NGL

National Geographic saat ini bukan hanya tentang penjelajahan, dokumentasi dan juga entertainment. National Geographic juga merambah ke dunia Pendidikan meluncurkan NGL atau National Geographic Learning. Untuk mengakses National Geographic learning, Guru Pintar tinggal klik https://ngl.cengage.com/. Setelah itu tinggal memilih resources yang ingin dipelajari. NGL juga sering mengadakan pelatihan secara online gratis. Jika Sekolah Guru Pintar ingin memakai buku dan resources dari NGL, tinggal menghubungi distributor atau perwakilan resmi yang ada di Indonesia.

b. Cambridge

Di dunia Pendidikan, Cambridge sudah tidak asing lagi. Selain memproduksi buku-buku pelajaran dan juga buku lain yang berkualitas melalui Cambridge University press (CUP), CUP juga sering mengadakan pelatihan. Jika Guru Pintar tertarik dengan berbagai resources yang memang sangat berkualitas dari Cambridge, silahkan kunjungi di https://www.cambridgeenglish.org/. Guru Pintar dapat menemukan berbagai fasilitas yang diberikan oleh Cambridge termasuk diantaranya fitur blog yang berisi berbagai artikel bermanfaat untuk guru.

c. Rumah Belajar Kemendikbud

Portal pembelajaran ini menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir di Indonesia sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru dari berbagai jenjang mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, Guru Pintar dan siswa yang diajar dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Kabar gembiranya, seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

d. Udemy

Udemy merupakan platform pembelajaran online yang didirikan untuk membantu orang dewasa dan para professional termasuk guru untuk bisa belajar dan mengajar secara online. Di dalam Udemy ada berbagai training salah satunya adalah teacher training: how to teach online-remote teaching (Udemy). Guru Pintar dapat belajar tips-tips mengajar online yang efektif dan efisien dengan mengikuti training ini. Jika tertarik dengan training yang lain, Guru Pintar dapat mengakses websitenya dan mencari tahu training apa saja yang diselenggarakan.

e. Canva

Pengembangan keprofesian guru saat ini meliputi kemampuan untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Canva merupan salah satu aplikasi yang dapat menunjang untuk membantu guru membuat media belajar yang menarik. Nah, jika Guru Pintar tertarik belajar desain lebih lanjut dengan Canva, pada platform Canva terdapat fitur “Belajar” dimana Guru Pintar dapat menemukan berbagai artikel untuk memperdalam pengetahuan dasar mengenai desain grafis.

f. Ayo Guru Belajar

Situs yang dapat diakses melalui alamat https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/ ini memang diciptakan oleh Kemdikbud untuk para guru. Di dalamnya terdapat berbagai seri pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk guru. Belajar dari situs ini memiliki banyak kelebihan diantara adalah leboh fleksibel, lebih mudah, lebih menantang, dan lebih kolaboratif. Saat ini terhitung lebih dari 1 juta guru telah bergabung di situs ini. Apakah Guru Pintar salah satunya?

5. Bergabung dengan komunitas guru


Cara meningkatkan kompetensi guru selanjutnya adalah dengan bergabung dengan komunitas guru yang saat ini menjamur jumlahnya. Jika kebetulan didaerah tenpat tinggal Guru Pintar tidak ada komunitas guru, Guru Pintar dapat mengikuti komunitas guru secara online. Dari komunitas-komunitas ini, Guru Pintar dapat saling bertukar informasi, pengalaman, dan juga mengikuti pelatihan-pelatihan.

Salah satu komunitas guru yang sangat peduli dengan kemajuan Pendidikan di Indonesia adalah Komunitas Guru Pintar Indonesia. Komunitas ini merupakan wadah terbuka untuk diskusi & sharing informasi antar para pendidik di Indonesia. Komunitas Guru Pintar Indonesia sudah sering mengadakan berbagai pelatihan dan diskusi panel untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan diri bagi guru. Jika Guru Pintar ingin bergabung dengan komunitas Guru Pintar Indonesia, langsung saja bergabung di link https://www.facebook.com/groups/gurupintar .

Demikianlah cara Guru Pintar mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensi. Tetap semangat Guru Pintar!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog