PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.asbacademy.org

Statistika, Jurusan yang Menjanjikan bagi Penyuka Matematika

Cari Tahu Jurusanmu

Coba perhatikan di televisi saat pemilihan kepala daerah, legislatif, maupun presiden. Dengan mudah kamu akan bisa menemukan tampilan perhitungan cepat atau quick count. Nah, disitulah peran seorang statistician diperlukan. Siapa dia?

 

Ilmu Statistik

Statistician atau Statistisi adalah sebutan bagi lulusan Jurusan Statistika. Tugasnya adalah mencari data, mengolahnya, kemudian menyajikannya menjadi tampilan yang mudah dipahami, seperti quick count yang kamu lihat di televisi.

Tak hanya quick count, Ilmu Statistik juga dibutuhkan dalam penyusunan APBN yang melibatkan perhitungan nilai ekspor, nilai tukar rupiah terhadap dolar, tingkat inflasi, harga minyak, pertumbuhan ekonomi, dan nilai investasi. Bahkan, Statistik juga bisa digunakan untuk meramal. Eh, bukan ramal-meramal macam dukun, ya. Ramalan disini lebih berupa perkiraan terukur berdasar pada data, misalnya memperkirakan tingkat penjualan suatu produk. Kemudian, dari perkiraan tersebut dibuatlah keputusan untuk melanjutkan atau menghentikan produksi.

Penting banget kan, Ilmu Statistik ini? Makanya, tak hanya bidang pemerintahan saja yang membutuhkan Statistik, tapi juga bidang ekonomi, industri, finance, marketing, riset, dan lain sebagainya

 

Profesi Statistician

Bila hampir semua sisi kehidupan kita membutuhkan Ilmu Statistik, Statistician dibutuhkan pula pada berbagai bidang. Laris manis deh, permintaannya!

Setelah menyelesaikan kuliah di Jurusan Statistika, Statistician bisa menjadi Analis Kontrol Kualitas, Analis Riset Pasar, Spesialis Pemasaran, Peneliti Survei, Ahli Biostatistik, Ahli Statistik, Aktuaria, Analis Riset Operasional, Analis Anggaran, hingga menjadi seorang Spesialis atau Ahli Matematika. Profesi-profesi tersebut bisa dijumpai di Kementerian Informasi dan Teknologi, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pusat Statistik, perusahaan swasta maupun BUMN, lembaga survei, maupun perbankan.

Kalau kamu terbuka pada berbagai lapangan kerja, baik karena masih bingung atau karena kamu punya pikiran yang terbuka, belajar Statistik di perguruan tinggi bisa menjadi pilihan. Modal utamanya cuma satu, yaitu Matematika. Yak, kamu wajib suka matapelajaran ini karena Statistik sebenarnya adalah salah satu cabang Matematika terapan.

 

Jurusan Statistika di Perguruan Tinggi

Karena judulnya udah pake kata terapan, kamu boleh berharap Matematika di Jurusan Statistika takkan terlalu rumit. Meskipun ada hitung-hitungannya, Statistik yang dipelajari di perguruan tinggi lebih berupa penerapan metode analisis data dengan menggunakan software khusus. Statistik sendiri merupakan alat yang digunakan untuk merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan kemudian mempresentasikan data – beda sama Matematika dengan rumus-rumus rumit yang susah dipahami orang non-eksak.

Mantap kuliah di Jurusan Statistika? Kamu bisa pilih di Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Mulawarman, Universitas Tadulako, atau Universitas Tanjungpura. Jurusan Statistika juga ditawarkan di perguruan tinggi swasta, seperti Institut Sains dan Teknologi Akprind, Universitas Islam Bandung, Universitas Islam Indonesia, atau Universitas Bina Nusantara.

Bukan nakut-nakutin ya, tapi persaingan masuk Jurusan Statistik cukup ketat, terutama di IPB. Salah satu sebabnya karena alumni jurusan ini memang sangat dibutuhkan pada berbagai bidang, seperti sudah disebutkan di atas. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin.

Lebih masukan Blog

Sekolah Tinggi Sandi Negara - Sanggup, Enggak?

Kamu suka nonton film-film agen rahasia? Atau barangkali kamu suka baca novel-novel Dan Brown...

Menjadi Insinyur Sekaligus Tenaga Medis di Teknik Biomedik

Ingat bagaimana Tony Stark mendapatkan jantung buatannya? Kira-kira nih ya, menurutmu bisakah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru